Berita Nasional Terpercaya

Hilangkan Kebingungan Tentang Perbedaan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer di UNMAHA

0

Bernas.id – Masih banyak masyarakat umum yang masih belum mengetahui pasti tentang perbedaan antara jurusan jurusan dalam dunia Teknologi Informasi/IT. Padahal terdapat banyak perbedaan mendasar yang dapat dengan jelas terlihat apabila kita memang berada dalam dunia IT. Perbedaan perbedaan itu dapat terlihat dari mata kuliah yang harus diambil dalam perkuliahan, prospek kerja lulusan dan tujuan mempelajari mata kuliah dalam jurusan tersebut untuk diaplikasikan dalam dunia kerja.

Jurusan jurusan IT di Indonesia juga terlihat masih belum begitu terlihat apakah masuk ke dalam rumpun Ilmu Teknik atau masuk ke dalam rumpun Ilmu MIPA. Hal ini terlihat dari adanya universitas maupun institut teknologi di Indonesia yang memasukan jurusan jurusan ini ke dalam Fakultas Teknik dan beberapa universitas ada juga yang memasukannya ke dalam Fakultas MIPA. Penyebutan nama jurusan jurusan ini juga berbeda, ada yang menyebutnya Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer atau Teknologi Informasi. Banyaknya nama jurusan ini berasal dari keputusan DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) yang tidak secara tegas mengatur penamaan jurusan komputer (keputusan DIKTI No. 1030/D/T/2010). Setiap universitas boleh menggunakan nama jurusan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saat ini di perguruan tinggi tidak lagi hanya ada satu jurusan komputer, tetapi bisa dua atau tiga. Tapi sebenarnya apa sih perbedaan dari jurusan jurusan ini? Berikut ulasan singkat mengenai jurusan-jurusan ini,

Tiga jurusan pertama sebenarnya sangat mirip (selain Teknik Komputer). Dalam jurusan ini tetap menemukan algoritma, pemrograman, dan mempelajari cara membuat aplikasi komputer, dengan penekanan yang sedikit berbeda, yaitu:

Teknik Informatika (Programming)

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan mempelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. mata kuliah yang kamu temui akan lebih banyak tentang pada pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Di beberapa universitas, jurusan Teknik Informatika disebut dengan Ilmu Komputer

Selain itu Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi daripada teori. Di sini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga tetap dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya mahasiswa TI wajib membuat aplikasi. Prospek lulusannya dapat menjadi Programmer, System Analyst, Software Engineer, Software Developer, Network Administrator.

Jurusan ini akan banyak mempelajari  Matematika (Aljabar, Kalkulus, Statistik, Diskrit dsb), Algoritma dan tentu saja Koding. Jadi, sebelum masuk ke jurusan ini, kamu harus tanya kepada dirimu sendiri, apakah tujuan kamu benar-benar ingin menjadi praktisi IT sekaligus Software Engineer, Network Engineer, Database Engineer, Games Engineer? Apalagi, kalau kamu milih Teknik Informatika (Computer Science) jika alasannya ikut-ikutan teman atau gengsi, sebaiknya sih hindari memilih jurusan ini.

Teknik Komputer (Hardware)

Walaupun memakai nama ‘komputer’, jurusan ini sering berada di bawah Fakultas Teknik . Jika Teknik Informatika lebih fokus pada programming, maka pada jurusan teknik computer kamu akan lebih sering bersentuhan dengan perangkat keras (hardware) di jurusan Teknik Komputer. Kamu tidak akan tiba-tiba diminta untuk merakit komputer. Hardware yang dimaksud cenderung berhubungan dengan microcontroller, ‘chip’ dan prosesor komputer. Jurusan ini sebenarnya mirip dengan Fakultas Teknik Elektro, namun juga akan dibahas tentang programming yang menggunakan ‘bahasa mesin’. Bukan bagaimana cara merakit komputer. Prospek lulusan jurusan ini dapat menjadi teknisi komputer, Konsultan IT, Wiraswasta, dan akademisi.

Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer lebih contoh ke arah ‘sains’-nya komputer, di mana akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dan lain-lain. Namun di ilmu komputer juga membahas praktik dengan berbagai bahasa pemrograman. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya. Prospek lulusannya dapat menjadi Full Stack Developer, Android developer, Software Engineer, Data scientist.

 

Namun ada juga di beberapa universitas, jurusan Teknik Informatika disebut dengan Ilmu Komputer.

 

Sistem Informasi (Komputer & Manajemen)

Jurusan ini yang menggabungkan konsep komputer dengan bisnis dan managemen. Sebenarnya, ilmu yang dipelajari tidak jauh berbeda dengan Teknik Informatika. Tetapi, Sistem Informasi juga berfungsi untuk menjadi “jembatan” antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang harus dirancang. Contohnya seperti bagaimana berhubungan dengan client bisnis, bagaimana merancang aplikasi berdasarkan skala bisnis perusahaan Jadi, kamu tidak hanya belajar tentang ilmu merancang aplikasi, kamu juga dituntut untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan klien bisnis setelah lulus nanti. Prospek lulusannya dapat menjadi Data analyst, Database Administrator, UI / UX developer, Graphic Designer.

 

Karena berbeda satu sama lain, lulusan dari ketiga jurusan tersebut tentu memiliki gelar yang berbeda. Lulusan dari Teknik Informatika akan mendapat gelar S.Kom, berbeda dari Ilmu Komputer yang memiliki gelar S. Inf. Sedangkan, mahasiswa Sistem Informasi nantinya akan mendapatkan gelar S. SI. Dan jurusan Teknik Komputer akan mendapatkan gelar S.T.

UNMAHA membuka jurusan teknik informatika dan system informasi. Setelah membaca keterangan di atas, tentu kalian sudah dapat memutuskan jurusan mana yang akan kalian pilih di UNMAHA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.