Berita Nasional Terpercaya

Kondisi New Normal, Pentingnya Menjaga Kecukupan Asupan Nutrisi

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah telah menerapkan tatanan new normal yang memungkinkan masyarakat dapat menjalankan aktifitas sehari-hari namun tetap mengacu kepada perubahan budaya yang diperlukan dalam menghadapi kondisi pandemi. Menimbang hal tersebut, serta membantu megedukasi khalayak dalam beradaptasi dengan kondisi new normal ini.

Herbalife Nutrition Indonesia menyelenggarakan Virtual Nutrition Talk merupakan salah satu bagian dari kampanye perusahaan: Sharing the Power of Good Nutrition (SPGN) sebagai bentuk kontribusi perusahaan untuk mendukung masyarakat Indonesia, konsumen dan komunitas dalam mendapat wawasan seputar asupan nutrisi yang baik, dan mengajak masyarakat hidup aktif dan sehat.

Nutrition Talk ini menghadirkan pakar nutrisi yang juga merupakan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Rimbawan dan Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari.

Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan semua pihak harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

“Hal ini telah menjadi perhatian kami tidak hanya bagi internal perusahaan namun juga edukasi ke pihak eksternal sebagai upaya perusahaan untuk berkontribusi dalam upaya pemerintah menahan laju penyebaran pandemi COVID-19,” kata Andam Dewi saat Zoom Meeting: Nutrition Talk SPGN (Sharing the Power of Good Nutrition), Rabu (24/6/2020).

?Saat berbicara mengenai sistem imun, sering kali hanya dihubungkan dengan kemampuan tubuh dalam menangani flu dan infeksi. Namun, perlu juga dipertegas kembali bahwa, sistem kekebalan tubuh atau sistem imun juga sangat berkorelasi erat dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh. Jika menginginkan tubuh yang sehat, berarti harus menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang sehat akan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit,? tambahnya.

Sementara itu Ketua Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Dr. Rimbawan mengungkapkan beberapa rekomendasi asupan nutrisi selama era new normal.

?Dalam kondisi sehat dan aktivitas normal tidak perlu ada perubahan angka kecukupan zat gizi, namun dengan mencukupi semua kebutuhan zat gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar sistem imun tetap terjaga dengan baik. Selama masa pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita pentingnya menerapkan pedoman gizi seimbang dan 10 pesan gizi seimbang. Selain itu, perlu diperhatikan prinsip gizi seimbang yang tetap harus dijalankan antara lain memperhatikan keaneka-ragaman makanan, tetap beraktivitas fisik, selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga berat badan ideal,” ungkapnya.

Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari mengatakan bahwa ada hubungan nyata antara sistem kekebalan tubuh.dan nutrisi.

?Apa yang kita makan, dimana kita hidup, seberapa banyak kita tidur, bagaimana kita berolahraga, dan bahkan dengan siapa kita hidup, semua menyebabkan reaksi kimia yang dapat mengubah status kesehatan kita. Yang perlu ditambahkan adalah adalah microbiome ditubuh kita, yang merupakan mikro organisme yang dapat andalkan untuk melindungi dari kuman, memecah makanan untuk energi, menghasilkan vitamin penting.dan mendukung sistem kekebalan tubuh kita,” tuturnya.

Mengacu pada data dari Herbalife Nutrition, bagian terbesar dari sistem kekebalan tubuh sekitar 70% terletak di dekat usus, yang memonitor asupan makanan dan bagaimana  tubuh menggunakannya. Ini yang menjadi penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan seimbang dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang tepat sambil mempertahankan gaya hidup sehat. Dengan kata lain menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah salah satu kunci untuk menjaga sistem imun kita tetap optimal. (Van)
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.