Berita Nasional Terpercaya

Jubir Pemerintah: Penularan OTG Tinggi Apalagi Tidak Isolasi Mandiri

0

BERNAS.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto mengungkapkan penularan virus corona di beberapa daerah terbilang tinggi. Apalagi penularan terjadi dari orang-orang yang positif terinfeksi virus corona tetapi tidak menunjukkan gejala apapun atau disebut orang tanpa gejala (OTG). Itulah pentingnya memakai masker saat bepergian. 

“(Mereka) tidak melakukan isolasi secara baik. Tidak melakukan upaya untuk kemudian menjaga orang lain agar tidak tertular dengan menggunakan masker dengan benar,” kata Achmad Yurianto saat siaran pers daring, Sabtu (27/6/2020). 

Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya menjaga dirinya sendiri dengan menggunakan masker dan mencuci tangan. Sehingga upaya memutus rantai penularan Covid-19 belum maksimal. Pasien positif Covid-19 yang diisolasi di rumah sakit memang cenderung lebih aman bagi lingkungannya dibandingkan OTG yang berkeliaran di tengah masyarakat. 

“Kita telah melakukan kontak secara masif untuk setiap kasus yang dirawat di rumah sakit, kemudian kita lakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang kita duga memiliki kontak erat,” sambung Yuri.

Akhir pekan ini dilaporkan ada tambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 1.385 di Indonesia. Dengan demikian, totalnya menjadi 52.812 pasien positif Covid-19 per Sabtu (27/6/2020). Ia pun meminta supaya Dinas Kesehatan (Dinkes) daerah untuk meningkatkan intervensi penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.