Berita Nasional Terpercaya

Bagi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh, Masa Berlaku Surat Bebas Covid-19 Diperpanjang

0

BERNAS.ID – Berbagai daerah memutuskan tidak memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan akan melakukan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan transportasi kereta api tetap harus membawa surat bebas Covid-19. 

PT KAI menyesuaikan syarat naik Kereta Api Jarak Jauh dengan SE Gugus Tugas Covid-19 No 9 Tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi new normal atau kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19. Penumpang tetap harus menunjukkan surat bebas Covid-19 yang berlaku saat boarding. 

Sebelumnya, surat bebas Covid-19 hanya berlaku 4 hingga 7 hari saja. Sesuai SE No 9 Tahun 2020, masa berlaku hasil PCR dan Rapid Test kini diperpanjang menjadi 14 hari. 

“Dengan diperpanjangnya masa berlaku hasil tes tersebut, penumpang yang akan melakukan perjalanan pulang pergi dalam rentang waktu yang singkat tidak perlu melakukan tes ulang selama masih memiliki hasil tes COVID-19 yang masih berlaku,” terang VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dikutip Bernas.Id, Minggu (28/6/2020).

Penumpang wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan saat akan melakukan perjalanan dengan kereta api. Adapun protokol kesehatan yang umumnya dipatuhi adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menginstall aplikasi Peduli Lindungi. Calon penumpang kereta api dalam kondisi sehat, dengan suhu tubuh maksimal 37,3 derajat Celcius. Para penumpang juga disarankan memakai pakaian lengan panjang atau jaket. 

Catatan berikutnya, khusus penumpang yang akan bepergian dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta. Kereta api menjadi salah satu transportasi pilihan masyarakat yang hendak bepergian ke provinsi lain. 

“KAI berkomitmen untuk mematuhi seluruh protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah agar kereta api menjadi moda transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan seluruh penumpang sehat sampai tujuan,” terang Joni. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.