Berita Nasional Terpercaya

Tumbuhkan Budaya Baca Lewat Lomba Bercerita

0

YOGYA, BERNAS.ID – Budaya membaca adalah aset penting bagi siswa sekolah, khususnya di Kota Jogja sebagai Kota pendidikan. Guna mendukung hal ini, Perpustakaan Kota Jogja bakal menggelar final Lomba Bercerita 2020 pada Rabu (1/7) besok.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko menuturkan,
Final Lomba Bercerita 2020 diikuti oleh 10 peserta putra dan 10 peserta putri. Para finalis sebelumnya telah mengikuti tahap penyisihan. Adapun tema yang diangkat dalam final lomba kali ini adalah Menumbuhkembangkan Budaya Membaca fan Bercerita Bagi Siswa SD di Kota Yogyakarta Istimewa.

“Materi cerita yang digunakan yakni mengambil dari cerita rakyat atau legenda nusantara yang berasal dari Jogja. Dapat bersumber dari buku di perpustakaan sekolah atau Perpustakaan Kota Jogja,” ujarnya, Selasa (30/6).

Dalam cerita rakyat, menurut Wahyu terdapat pesan moral yang bermanfaat bagi pengembangan karakter serta menumbuhkan kecintaan pada budaya lokal dan nasionalisme yang sangat penting bagi siswa di pendidikan dasar.

Lomba ini memadukan seni sastra, drama, akting dan komunikasi. Adapun aspek penilaian meliputi penampilan termasuk ekspresi wajah, teknik bercerita dan penguasaan materi.

“Lomba ini merupakan gelaran rutin setiap tahun dan diadakan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, peserta yang memenangkan final di tingkat Kota Jogja ini nantinya akan maju bertanding di tingkat Provinsi DIY. Dengan pengembangan budaya baca ia berharap siswa sekolah bisa menjadi warga negara yang cerdas dan berwawasan luas.

Pada pelaksanaan final, karena waktu yang masih dalam kondisi pandemi COVID-19, maka akan tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti wajib jaga jarak antar peserta dan tidak ada penonton. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.