Berita Nasional Terpercaya

4 Hal Ini Penting Kamu Kuasai Tapi Tidak Diajarkan di Ruang Kuliah, Apa Saja?

0

Bernas.id ? Banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan semasa kuliah di kampus. Hasil dari pencapaian hasil belajarmu selama satu semester diukur dengan Indeks Prestasi (IP) setiap semester. Lebih jauh lagi, pencapaian akhirmu adalah ijazah dan gelar sebagai tanda kamu sudah lulus menempuh studi S1.

Namun, selama menuntut ilmu dan menyandang status mahasiswa selama 4 tahun ada banyak hal yang tidak kamu pelajari di kelas. Jika mau diakui justru hal-hal yang tidak kamu pelajari di kelas menjadi bekal penting juga untuk kehidupanmu.

Berikut ini  adalah 4 hal yang tidak kamu pelajari di ruang kuliah.

1.Mengatur Keuangan

Yang dimaksud di sini tentu adalah keuangan pribadi. Mengatur keuangan pribadi adalah hal mendasar yang harus kamu kuasai. Selama jadi mahasiswa mungkin tanpa kamu sadari kamu telah melakukan tindakan mengatur keuangan yaitu berupa belanja kebutuhan pribadimu. Jika kamu gagal mengaturnya kamu bisa kesulitan menjelang akhir bulan karena uang sudah ludes.

Hal seperti ini tentu tidak diajarkan langsung oleh dosen atau profesor yang mengajarmu. Kamu mempelajarinya sendiri berdasarkan pengalaman hidupmu.

2. Membuat Rencana Cadangan

Hidup tidak selalu berjalan mulus-mulus saja. Ada banyak kejadian tak terduga yang membuatmu harus berpikir cepat agar semuanya teratasi dengan baik. Itulah pentingnya selalu siap dengan rencana cadangan. Membuat rencana cadangan tidak ada mata kuliahnya, tidak diajarkan langsung di kelas tapi aktivitasmu saat kuliah menuntutmu untuk selalu punya rencana cadangan.

Sebagai contoh, jika nantinya kamu belum menemui pekerjaan yang pas untukmu, tidak ada salahnya kamu coba membuka usaha sendiri atau malah melanjutkan dulu kuliahmu ke jenjang S2.

3. Mampu Bernegosiasi

Negosiasi adalah cara agar kamu punya posisi tawar yang sama degan lawan bicaramu. Kemampuan ini biasanya terlatih jika kamu mengikuti organisasi kampus atau unit kegiatan mahasiswa lainnya. Selain itu, mulai punya bisnis saat kuliah atau kuliah sambil bekerja juga melatih kemampuanmu untuk bernegosiasi. Hal itu karena negosiasi bagian dari kemampuan berkomunikasi.

4. Manajemen Waktu

Tidak ada istilahnya kehabisan waktu atau tidak punya waktu. Dalam satu hari semua orang punya waktu yang sama yaitu 24 jam. Waktu tersebut bisa digunakan untuk banyak hal jika kamu mampu membuat manajemen waktu dengan baik.

Kemampuan manajemen waktu ini pasti sudah terasah sejak mahasiswa. Kamu harus membagi waktu untuk mengerjakan satu tugas dengan tugas yang lain. Jika kamu menjalani kuliah sambil bisnis atau kuliah sambil kerja tentu manajemen waktumu harus jauh lebih baik.

Mungkin pada awalnya kamu akan absen untuk banyak hal, belum bisa membagi waktu dengan sempurna. Namun, seiring berjalannya waktu tentu kamu akan terbiasa.

Itulah keempat hal yang tidak diajarkan di kelas-kelas kuliah namun kamu langsung mempraktikkannya. Selalu manfaatkan waktu untuk belajar hal-hal baik untuk meningkatkan keterampilan kamu, ya. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.