Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Meski Beraktivitas Berat di New Normal

0

Bernas.id ? Beraktivitas di luar rumah karena sudah memasukai era new normal bukan berarari pandemi sudah berakhir. Segala aktivitas bisnis dibuka dengan alasan menjaga roda perekenomian tetap berputar bukan karena corona sudah benar-benar hilang. Oleh karena itu, kamu tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan untuk beraktivitas di luar rumah.

Selain patuh protokol kesehatan, menjaga daya tahan tubuh juga tak kalah penting. Beraktivitas di tengah kemungkinan terpapar virus tentu membuat kamu serba was-was padahal rasa khawatir bisa menurunkan imunitas tubuh, lho.

Agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga meskipun beraktivitas berat di era new normal, ikutilah 5 tips yang dilansir dari beberapa sumber ini.

1.Sarapan sebelum Beraktivitas

Jangan menganggap remeh sarapan pagi. Merasa bisa tahan lapar dengan tidak sarapan bukanlah kebiasaan yang baik karena sarapan penting untuk memenuhi kalori sebelum beraktivitas. Biasakan sarapan pagi sebelum pukul 9 pagi meskipun hanya sedikit. Sarapan membantumu punya asupan serat, kalsium, dan berbagai vitamin yang menyehatkan tubuh agar siap beraktivitas di tengah pandemi yang masih berlangsung.

2.Bawa Bekal untuk Makan Siang

Kembali masuk kerja membuatmu harus makan siang di luar rumah. Jika sebelum pandemi kamu terbiasa makan siang di kantin atau di restoran bersama dengan teman-teman kerja maka kebiasaan itu harus sedikit diubah. Untuk mencegah kamu terpapar virus corona sebaiknya tetap makan siang di kantor dengan membawa bekal makanan dari rumah.

Dengan membawa bekal makan siang maka kebersihan makanan, kandungan gizi, dan nutrisi yang kamu perlukan terjamin dan terpenuhi. Di masa pandemi ini tidak ada salahnya untuk selalu ekstra hati-hati.

3. Banyak Minum Air Putih

Di segala kondisi konsumsi air putih sangat baik untuk tubuh. Seperti kamu tahu bahwa tubuh kita sebagian besar terdiri atas air sehingga jangan sampai tubuh dehidrasi karena akan menganggung mekanisme kerja organ tubuh kita.

Kuran minum air putih akan membuat aliran darah ke otak tidak lancar sehingga dapat menggangu konsentrasi. Cukup minum air putih juga dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Air mebawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik.

4. Tidur dan Istirahat Cukup

Menjaga pola tidur adalah salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat. Jangan biasakan begadang meskipun esoknya adalah hari libur. Tidak lebih awal akan membuatmu bangun awal juga. Kamu bisa memanfaatkan waktu di pagi hari untuk olahraga atau mempersiapkan segala sesuatu lebih awal. Misalnya, kamu bisa masak untuk sarapan dan bekal makan siang.

Orang dewasa idealnya tidur selama 8 jam. Jika kamu terpaksa tidak bisa maka usahakan tidur minumal 6 jam dalam sehari. Cukup tidur menjaga hormon bekerja dengan baik dan jauh dari rasa stress atau depresi.

5. Minum Vitamin

Jika perlu, tidak ada salahnya kamu minum vitamin paling tidak sehari sekali untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Pilihlah vitamin yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar tahu vitamin yang tepat.

Vitamin secara alami bisa kamu dapatkan dari buah dan sayur. Jika butuh tambahan kamu bisa minum vitamin. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.