Berita Nasional Terpercaya

7 Hal Kecil Ini Jika Dilakukan Rutin Bisa Bikin Kamu Hemat Besar

0

Bernas.id ? Belajar mengatur keuangan memang tidak bisa instan. Namun, asal kamu ada kemauan kamu pasti bisa mengatur agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Lebih baik kamu berhemat agar bisa menabung untuk simpanan masa depan.

Hemat itu bisa dimulai dari hal-hal kecil. 7 hal kecil ini bisa bikin kamu hemat besar, lho. Yuk, simak.

1. Memasak di Rumah

Makan adalah kebutuhan pokok. Jika untuk kebutuhan pokok kamu selalu beli makanan di luar atau makan di restoran maka bisa dipastikan keuanganmu akan boros. Mulai biasakan diri untuk memasak makananmu sendiri si rumah. Selain lebih hemat juga lebih higienis, kan.

2. Belanja di Pasar Tradisional

Belanja di supermaret memang enak ya, bisa sekalian cuci mata. Beberapa barang di supermarket lebih mahal karena memang dikemas menarik dan memiliki pelayanan dan fasilitas yang lengkap.

Untuk bahan-bahan segar, seperti sayur dan buah lebih murah kalau belanja di pasar tradisional. Selain itu, kamu bisa membeli sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika suka menawar kamu bisa tawar menawar dengan penjual.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat berbelanja ya, pandemi Covid-19 belum berlalu.

3. Membawa Bekal dari Rumah

Buat kamu yang sudah mulai masuk kantor atau mulai ke kampus karena ada urusan, kamu bisa bawa bekal dari rumah. Hematnya dua kali lho, saat pagi kamu masak untuk sarapan sekaligus untuk bekal siang harinya. Bukan hanya bekal makanan, biasakan untuk membawa botol minuman atau tumbler agar kamu tidak perlu beli air mineral botolan.

Coba saja bawa bekal dari rumah, kamu akan jauh lebih hemat dan juag sehat.

4. Kumpulkan Uang Logam

Uang logam sering dianggap remeh. Mendapat kembaliang uang logam kadangkala cuma kita letakkan di sembarang tempat. Uang logam itu bisa sangat berharga, lho. Sepuluh buah uang 200 rupiah saja sudah 2.000, bayangkan jika logam 500 atau 1.000an.

Simpan uang logam yang sering kamu dapat. Saat kondisi darurat uang logam itu bisa jadi penyelamat, lho.

5. Menabung di Celengan

Cara kuno ini masih ampuh dilakukan jika kamu ingin menabung unuk disiplin. Mulai sekarang, kamu harus punya celengan. Pilihlah bentuk celengan yang rapat dan lubangnya tidak mudah diambil sehingga kamu tidak tergoda untuk mengambilnya. Kamu bisa mengambil uang di celengan jika sudah penuh.

6. Belanja Barang Promo

Salah satu keuntungan belanja di supermarket atau minimarket adalah sering ada produk promo. Biasanya ada program-program diskon yang ditawarkan supermarket, kamu harus pintar cari info. Membeli produk promo bisa menghemat pengeluaranmu.

7. Kurangi Nongkrong

Kebiasaan nongkrong dan jalan-jalan juga harus dikurangi. Nongkrong terlalu sering akan membuatmu makin boros. Setiap nongkrong, kamu bisa mengeluarkan banyak uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Kalau saja kamu berhasil mengurangi kebiasaan nongkrong maka kondisi keuanganmu juga akan aman! Uangmu tak akan habis dengan cepat, kamu bisa hemat.

Ternyata, banyak hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk membuat penghematan besar dalam hidupmu, kan. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.