Berita Nasional Terpercaya

5 Cara Yang Bisa Ditempuh Agar Tak Nganggur Setelah Lulus Kuliah

0

Bernas.id ? Masa kuliah memang masa yang penuh warna. Banyak hal yang bisa menguji dan mengasah kedewasaan serta kemandirianmu. Namun kamu harus tahu, dunia nyata siap menanti seusai kamu kuliah. Ketika identita mahasiswa tak lagi melekat kamu akan sadar bahwa perjuangan baru akan dimulai.

Agar tidak kelamaan menganggur setelah lulus kuliah kelak maka isilah masa-masa kuliahmu dengan berbagai hal positif. Hal itulah yang kelak menjadi bekalmu untuk terjun ke persaingan dunia kerja.

Ikuti 5 cara ini agar tidak menganggur lama setelah lulus kuliah.

1. Tanyakan Manfaat Ilmu dari Perkuliahan yang Ditempuh

Kuliah tidak sekadar hadir di kelas, tanda tangan presensi, kemudian mendengarkan dosen. Jadilah mahasiswa yang aktif dengan bertanya manfaat mata kuliah yang sedang di tempuh itu apa. Kaitkan dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan mengetahui manfaat ilmu tersebut kamu akan semakin semangat mempelajarinya karena tahu bahwa kelak ilmu tersebut bermanfaat di dunia kerja.

2. Membangun Networking

Tahukah kamu bahwa status mahasiswa itu adalah status yang istimewa? Kamu dinilai terpelajar sekaligus anak muda yang penuh semangat. Manfaatkan status mahsiswamu untuk membangun dan memperkuat networking. Perluas pergaulanmu, bukan hanya seputar kampus tapi juga di luar kampus. Semakin banyak kamu mengenal orang maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan informasi bahkan rekomendasi untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Terbiasa Berorganisasi

Jangan anti terhadap organisasi kampus. Tidak semua kegiatan organisasi akan menganggu kuliahmu. Justru dengan berorganisasi kamu akan belajar tentang kerja sama, kepemimpinan, dan berelasi dengan orang lain. Percayalah, hal itu sangat terpakai saat kamu bekerja nanti.

4. Punya Karya

Jadilah mahasiswa luar biasa yang menghasilkan karya. Tidak selalu harus menjadi mahasiswa berprestasi dengan IPK tertinggi. Cukup latihlah dirimu untuk mengikuti setiap kompetisi yang kamu sukai. Ikutilah berbagai kegiatan bermanfaat misalnya bergabung dengan berbagai kepanitiaan. Dengan demikian, portofoliomu agar kamu mendapatkan poin plus saat mencari kerja nanti.

5. Serius Menjalani Hobi

Akan menyenangkan sekali bukan jika kamu memiliki hobi yang menghasilkan uang? Jika tertarik tehadap suatu hal maka perdalamlah, jangan setengah-setengah. Misalnya, kamu punya hobi menulis maka asahlah terus kemampuan itu. Ikutilah berbagai lomba penulisan, kirimkan karyamu ke penerbit atau surat kabar. Berusahalah supaya karyamu didengar. Siapa tahu, bahkan sebelum lulus kamu sudah bisa mendapatkan pekerjaan berkat hobimu.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.