Dialog Cucu dan Kakek tentang Potensi Genius Teman-teman di Desa

Penulis : Cahyadi Joko Sukmono
Editor : Redaktur Bernas
09 Juli 2020

Kolom SINTESA, Sintesis Desa


Oleh:  Prof. Sudjarwadi

Cucu Aleita sedang mendengarkan Nenek Yatica yang menceritakan bacaan resep-resep masakan yang menurut Nenek merupakan pilihan lauk lezat, sekaligus membuat sehat. Kakek duduk di sebelahnya, hanya ikut mendengarkan sembari membaca sebuah buku. Setelah Cucu selesai mendengarkan Nenek, ia pulang, sementara Kakek dan Nenek melakukan kegiatan sesuai hobi masing-masing.

Kakek menuju ke ruang kerja, berdialog imajiner tentang membangun desa. Pendekatan membangun desa diantaranya melalui pendidikan yang melahirkan pengusaha-pengusaha di  desa. Kakek Situtena teringat beberapa pembicaraan dengan tiga orang sahabatnya yang dipanggil dengan nama Om Susece, Mas Pijaen dan Mas Autaba.

Om Susece pernah menceritakan bahwa banyak kenalannya yang telah membangun desa dengan karya nyata yang sukses. Jumlah yang sukses mungkin ada ratusan. Bila setiap tahun dapat bertambah 1.000 orang pengusaha sukses di desa, dalam empat puluh tahun ada 40.000 pengusaha sukses di desa-desa di Indonesia. Beberapa kawan memberi kabar bahwa membangun desa sukses memiliki banyak rintangan dan kendala, diantaranya adalah mental proyek. Menurut beberapa teman, mental proyek tersebut tidak akan melahirkan desa yang cerdas secara realitas, tetapi hanya melahirkan desa yang cerdas dalam laporan proyek. Kabar tersebut menjadi latar belakang renungan kakek Situtena.

Susece berpendapat bahwa pengusaha desa perlu mempunyai wawasan dan pengetahuan tentang pengembangan desa, agar dengan modal pengetahuan tersebut, pengusaha dapat menempatkan diri pada posisi terbaik di desanya. Setiap desa memiliki keterbatasan sesuai situasi dan kondisi masing-masing.

Kata-kata kunci Susece diantaranya adalah tekanan perkembangan kota terhadap desa dalam banyak aspek yang menimbulkan banyak hambatan pembangunan desa. Pokok pikiran untuk solusi yang dituju adalah peningkatan kemampuan mengubah ancaman-ancaman menjadi peluang. Dalam urusan tersebut, diperlukan kemampuan entrepreneur di desa. Entrepreneur desa perlu memiliki “tokoh”. Tokoh tersebut harus memahami strategi berwirausaha sesuai kondisi setempat berdasarkan keadaan yang ada. Sebenarnya, telah ada tokoh-tokoh setempat yang memiliki adat bernilai positif dan bagus, tetapi beberapa mulai luntur. Telah terjadi transformasi kegiatan eonomi di desa dengan ciri masing-masing, tergantung “nasib” suatu desa.

Kakek Situtena teringat sahabat mudanya yang bernama Mas Pijaen yang suka berpikir bahwa desa dapat berfungsi sebagai laboratorium penelitian. Penelitian di laboratorium tersebut dapat menemukan potensi desa terkait sistem ekonomi dan berbagai karakteristik simpul-simpul dalam suatu sistem jejaring kehidupan desa. Simpul-simpul bagaikan elemen-elemen dalam sebuah sistem unik setempat dan memiliki identitas desa. Keterhubungan semua simpul dengan simpul-simpul kegiatan ekonomi dapat menjadi satu latar belakang tujuan spesifik. Pijaen selalu berpikir bahwa solusi utama membangun desa adalah membuat sekolah ekonomi desa.

Sahabat Situtena berikutnya bernama Autaba. Ia berpikir untuk memahami potensi desa, memahami masalah dan dapat mengidentifikasi kebutuhan. Berdasarkan hal-hal tersebut, kemudian dilakukan penyiapan para pengusaha desa dengan proses edukasi konsep, strategi tindakan, dan pelatihan-pelatihan khusus. Autaba memilih bekal utama edukasi dari pemikiran Kiyosaki, penulis buku Amerika dari Jepang.

Kakek Situtena berdialog imajiner dengan Warren Buffet, seorang pebisnis yang sangat berkesan di hatinya.

 “Ada tiga hal ditambah dua hal lainnya, jadi secara utuh ada lima,” jawab Warren Buffet.

 “Kamu bercerita bahwa sering berdialog dengan generasi Z, cucumu, Aleita. Saya sampaikan tiga hal dulu ya, untuk dibicarakan dengan Cucu. Tiga hal tersebut, yaitu: a) integritas pengusaha desa, b) kebangkitan kegeniusan pengusaha desa, dan c) energi pengusaha desa,” jawab Warren.

###

Beberapa hari kemudian, Cucu Aleita datang ke ruang kerja kakeknya pagi-pagi sekali. Aleita datang sambil langsung mengajukan pertanyaan.

“Ada berita menarik apa Kek hari ini?” tanya si Cucu.

“Kakek akan pergi ke halaman dua jam, kamu baca sendiri dulu catatan saya, kakek akan menyiram beberapa tanaman dan merawatnya. Nanti, saya kembali ke ruang kerja.” Jawab kakeknya.

Ketika kakek menyiram tanaman, Lei membaca catatan kakek sambil melihat-lihat buku yang ada di meja kakek. Setelah sekitar dua jam, kakeknya masuk ruang kerja dan menyapa.

“Gimana Lei, adakah yang menarik untuk ditanyakan?” sapa kakeknya.

“Ada. Tentang kata-kata dalam catatan kakek, yaitu integritas, kegeniusan, dan energi yang menurut kakek merupakan pendapat Warren Buffet,” tanya cucunya.

“Oh iya, tadi saya baca-baca tulisan di beberapa naskah seminar yang kakek pernah ikuti dan saya juga sudah mengecek di Google tentang kata genius. Tulisannya mirip-mirip, di ataranya ada dua dalam bahasa Inggris, yaitu: 1) “Everyone is born a genius, but the process of life de-geniuses them.” --R. Buckminster Fuller dan 2) “EVERYBODY is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, It will live its whole life believing that it is stupid.” --Albert Einstein. Sangat menarik, Kek. Saya ingin penjelasan Kakek tentang kegeniusan orang,” tambah cucunya.

Kakeknya menjelaskan bahwa sebenarnya memang tidak ada definisi pasti tentang kata genius yang diterima oleh semua orang.  Pemahaman dan persepsi tentang kata genius berbeda-beda walaupun ada persepsi yang tidak mendalam dan umum sebagai gambaran imajinasi banyak orang. Secara umum, orang menangkap sebuah gambaran penampilan orang genius, yaitu orang kreatif dan memiliki capaian-capaian unik dan spesifik yang tidak dicapai oleh orang-orang pada umumnya.

Menurut pendapat R. Buckminster Fuller, setiap orang itu terlahir genius. Namun kegeniusan tidak tumbuh subur karena proses hidupnya merupakan medium yang tidak menumbuhsuburkan kegeniusan tersebut. Pendapat Pak Albert Einstein pun sejenis. Ia mengatakan bahwa seseorang itu genius pada bakatnya masing-masing dan perlu ditugasi mengembangkannya. Misalnya seekor ikan tentu sangat pandai berenang, tetapi ikan akan bodoh selamanya dalam memanjat pohon.

“Berarti Lei, kegeniusan akan tumbuh bila mengembangkan diri dengan proses hidup yang cocok dan memilih kegiatan-kegiatan belajar sepanjang hayat sesuai bakatmu,” kata Kakek kepada Cucu.

“Waah, wah, wah. Berarti, kepala desa, orang desa, semuanya dapat dilatih mengeluarkan kegeniusannya memajukan desa ya, Kek,” jawab Cucu.

“Betul, dan itu kita bicarakan pada pertemuan berikutnya ya,” hari sudah siang, sampai bertemu lain kali.

Demikianlah pagi hari itu. Lei pulang ke rumahnya dengan gembira  karena mendapat inspirasi bahwa teman-teman di desa dan dirinya sebenarnya bisa belajar baik dan menempuh proses hidup yang baik agar kegeniusan tumbuh dan berkembang bagus.

 


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kesehatan

Indonesia melalui BKKBN Terpilih Sebagai Executive Committee Organisasi Partners in Population and Development

JAKARTA, BERNAS.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghadiri pertemuan the 25th Partners in Population and Development Annual Board Meeting yang merupakan Pertemuan Tahunan Dewan Partners in Population and Deve ...

Sintesa

Satu Potret Super Mikro Peristiwa di Daerah Perbatasan antara Kota dan Desa

Oleh:  Profesor Sudjarwadi    Pada suatu hari Minggu pertengahan bulan September 2020,  Situtena menghadiri pertemuan anak-anak muda di sebuah rumah di daerah perbatasan antara kota dan desa. Pertemuan dihadiri o ...

Budaya

WJNC #5: Babat Alas Mertani

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perayaan puncak hari ulang tahun ke 264 Kota Yogyakarta dimeriahkan dengan acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #5 dengan tema Babat Alas Mertani, Rabu (21/10/2020) di halaman Air Mancur Balaikota Yogyakarta. ...

DIY

Berkarya di Tengah Pandemi: Ormawa FBS UNY Siap Laksanakan Pentas Kolaborasi Internasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Organisasi Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, UNY siap melaksanakan pentas kolaborasi. Pada beberapa tahun sebelumnya, pentas ini ditiadakan namun diganti dengan Festival Bahasa dan Seni yang dilaksanakan selama ...

Kesehatan

Stunting di Tengah Covid-19, Wapres: Pemerintah Daerah Harus Inovatif

JAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepala daerah Kabupaten/Kota tidak melonggarkan upaya percepatan pencegahan stunting ditengah pandemi virus corona ( Covid-19). Berbagai program dan kegiatan yang diperlukan untu ...

DIY

Pemda DIY Tak Fasilitasi Pengganti Lahan yang Terdampak Tol Jogja-Solo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Karena hanya diberi uang ganti rugi tanpa disediakan lahan, sejumlah warga terdampak tol Jogja-Solo mengeluhkan kebingungan mencari lahan pengganti. Merespons hal ini, Pemda DIY menegaskan tidak bisa memfasilitasi pe ...

Pilkada

Akademisi Nilai Program Mbangun Dusun Nganti Wangun Dinilai Realistis

SLEMAN, BERNAS.ID - Akademisi, Edy Chrisjanto menilai program Mbangun Dusun Nganti Wangun dari Pasangan calon bupati/wakil bupati Sleman, Sri Muslimatun-Amin Purnama (MuliA) cukup realistis. Rencananya, program ini akan didukung dengan angg ...

Ekonomi

Sultan Bakal Ubah Hotel Mutiara Jadi Sentra UMKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan kunjungan lapangan ke Hotel Mutiara yang terletak di Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu (21/10/2020). Kunjungan dilakukan terkait rencana Pemda DIY untuk pembelian da ...

Ekonomi

Ekosistem Digital Menyangga Ekonomi Yogyakarta di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ekonomi Digital seperti GoFood tak dipungkiri menjadi penyangga ekonomi di Kota Yogyakarta bagi mereka yang penghasilannya terdampak pandemi terutama pekerja swasta dan profesional. Riset terbaru Lembaga Demografi Fa ...

Politik

UU Cipta Kerja Berpotensi Melemahkan Perlindungan bagi Konsumen Produk Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Baleg Fraksi PKS, Bukhori Yusuf meminta pemerintah tidak abai terhadap aspek perlindungan konsumen produk halal. Peringatan ini ia sampaikan mengingat UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan berpotensi merugikan ...

Kesehatan

Perkantoran Diminta Rutin Evaluasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta mengingatkan perkantoran untuk rutin melakukan evaluasi atas penerapan protokol kesehatan. Ini guna mengantisipasi potensi munculnya penularan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Yogya ...

DIY

Mahasiswa Kembali Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Bunderan UGM

SLEMAN, BERNAS.ID - Ratusan elemen mahasiswa dari sejumlah universitas di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) mulai berkumpul di Bunderan UGM, mulai jam 1 siang, Selasa (20/10/2020). Massa aksi ini berencana melaku ...

Budaya

Wayang Jogja Night Carnival 2020 Siap Disajikan Secara Virtual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski masih berada dalam masa pandemi Covid-19, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2020 ini tetap diadakan. Namun yang membedakan dari WJNC tahun-tahun sebelumnya, WJNC #5 kali ini digelar secara virtual. ...

Olahraga

Pandemi, Gowes Tour de Sleman Digelar secara Virtual

SLEMAN, BERNAS.ID - Ajang gowes tahunan Tour de Sleman #2 tahun 2020 digelar secara virtual Minggu pagi (18/10/2020). Sebelumnya, Tour de Sleman #2 ini rencananya digelar bulan Mei lalu.  Ketua Panitia Reno Candra Sangaji mengatakan ...

Inspirasi

Pemerintah UEA Resmikan Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

ABU DHABI BERNAS.ID - Pada Senin sore tanggal 19 Oktober 2020 telah diselenggarakan acara peresmian nama jalan "Presiden Joko Widodo" (dalam bahasa Inggris: President Joko Widodo Street) di Abu Dhabi oleh Sheikh Khalid bin Mohamme ...

Editorial

PANDEMI SUDAH TIDAK MENAKUTKAN LAGI?

Apakah pandemi covid-19 sudah hilang di Indonesia ?  Pertanyaan ini terlintas dalam benak saya demi melihat beberapa waktu terakhir banyak kejadian di masyarakat yang menunjukkan seolah sudah tidak ada lagi ancaman penyebaran v ...

Budaya

Disbud Yogyakarta Tantang Mahasiswa Terjemahkan Lukisan Affandi

SLEMAN, BERNAS.ID - Memperingati Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Duta Museum DIY dan Museum Affandi menggelar lomba esai dengan tema “Pasar N ...

DIY

Rp 400 Juta Digelontorkan Pemkot Jogja untuk Poles Lantai Zona 1 Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta berusaha mempercantik kawasan pedestarian Malioboro dengan melakukan pemolesan khusus untuk lantai teraso/terazzo di sepanjang Zona 1. Sesuai rencana, proyek tersebut akan bisa terselesaikan pada pe ...

Hukum dan Kriminal

Terungkap, Penyebab Kematian Seorang Pria di Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penyebab kematian pria paruh baya yang meninggal dunia di kawasan Malioboro pada Minggu (18/10/2020) lalu akhirnya terungkap. Berdasarkan hasil otopsi pada Senin (19/10/2020), terkuak korban memiliki riwayat pen ...

DIY

Untuk Jamin Kualitas Konstruksi, Selokan Mataram Mengalir Senin Depan

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Yogyakarta menargetkan Senin depan (26/10/2020), Selokan Mataram sudah kembali mengalir. Pemkab Sleman dan BBWSSO sepakat untuk menyelesaikan kebocoran Selokan Mataram di r ...

Nasional

Pemberdayaan Masyarakat Bali Melalui Urban Farming

JAKARTA, BERNAS.ID - PP Kagama menggelar webinar Pemberdayaan Masyarakat #2 lewat aplikasi Zoom meeting berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Bali dengan Urban Farming & Kebun Berdaya di Tengah Wabah Covid-19” pada hari Sabtu (1 ...

Wiradesa

Tentang Doa yang Kami Langitkan di Punden Desa

Cerpen oleh : Heru Sang Amurwabumi   Dalam kecamuk badai kerinduan kepada kampung halaman, aku terdampar pada sebuah kenangan tentang kasak-kasak kekuatan sebuah doa. Ya, jika berada di Desa Kedung Pingit dua atau tiga dasawarsa ...

DIY

Atasi Genangan di Musim Penghujan, SPAH Jogja Dibersihkan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan upaya mengatasi potensi munculnya genangan di musim hujan dengan membersihkan sumur peresapan air hujan (SPAH). Ini adalah upaya yang baru pertama kali dilakukan, selain pelumpura ...

DIY

Seorang Lelaki Meninggal Dunia di Pedestrian Malioboro 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Seorang lelaki ditemukan tak bernyawa tergeletak di kawasan Malioboro. Hingga kini  belum ada keterangan resmi terkait penyebab meninggalnya korban.  Wakil Ketua Koperasi Tri Dharma PKL Malioboro, Paul Z ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Sleman Perpanjang Rekrutmen Pengawas TPS

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman memperpanjang pendaftaran calon pengawas tempat pemungutan suara atau Pengawas TPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman. Sampai hari terakhir pendaftaran pada Ka ...

Olahraga

Tim Bulu Tangkis Indonesia Dapat Suntikan Semangat dari Bupati Sragen

Jawa Tengah, Bernas.id - Tim bulu tangkis terbaik Indonesia saat ini sedang menjalani latihan di Gelanggang Olahraga Bulu Tangkis milik Billy Haryanto di perbatasan Karanganyar-Sragen Jawa tengah. Tim bulu tangkis nasional yang berlatih ...

DIY

Informasi Pemeliharaan Jaringan PLN Wilayah DIY 18-22 Oktober

BERNAS.ID - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mengamankan pasokan listrik kepada pelanggan, PT PLN UP3 Yogyakarta akan melakukan serangkaian aktivitas pemeliharaan jaringan. Sebagaimana disampaikan oleh Humas PLN melalui surat kepada ...

Internet

Media Sosial dan Fenomena Kehidupan Berbahasa

BERNAS.ID - Perkembangan zaman pada industri 4.0 seperti yang kita ketahui telah merubah tatanan kehidupan manusia menjadi lebih baik. Perubahan tersebut jelas terlihat pada bidang transportasi, komunikasi dan informasi, kesehatan, dan bida ...

Internet

Tips dan Trik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual

BERNAS.ID - Pembelajaran daring menjadi model pembelajaran baru dengam adanya pandemi yang mewabah di Indonesia bahkan dunia. Pembelajaran daring mewajibkan siswa dan guru untuk menjalankan sebuah sistem operasi baru guna menunjang prose ...

Ekonomi

Puluhan Pedagang Pasar Prawirotaman Diminta Beralih Jenis Dagangan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Proses penempatan kembali pedagang Pasar Prawirotaman Yogyakarta ke bangunan pasar yang baru siap dilakukan. Ini akan disertai dengan sosialisasi mekanisme penempatan dan perubahan jenis dagangan yang harus dilakukan ...

Analisa Pilkada

Kampanye Digital Tidak Optimal untuk Raih Suara

SLEMAN, BERNAS.ID - Kampanye digital bagi para calon kepala daerah yang bertarung dalam pilkada memang bisa mencegah terjadinya klaster penularan Covid-19. Namun, tidak efektif untuk mendulang suara pemilih. Pakar Komunikasi, Nyarwi Ahma ...

DIY

Begini Kesiapan Brimob DIY Hadapi Covid-19 dan Maraknya Demo

BANTUL, BERNAS.ID - Komisi A DPRD DIY melakukan monitoring ke Mako Satuan Brimob Detasemen A Pelopor Gondowulung, DIY, Sabtu (17/10/2020). Kunjungan dilakukan untuk melihat kesiapan Brimob dalam menghadapi berbagai tantangan terkini, sepert ...

Hukum dan Kriminal

Dirumahkan, Pekerja Trans Jogja Sepakat ke Pengadilan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Puluhan pekerja PT Jogja Tugu Trans (JTT) memilih menyelesaikan persoalan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) karena merasa dirumahkan secara sepihak oleh perusahaan pada akhir Juli lalu. Pilihan ke jalur hukum k ...

Pilkada

Bapaslon Ini Memilih Deklarasi di Tengah Laut Selatan

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID- Ada yang berbeda dari bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Gunungkidul, Mayor Sunaryanto-Hery Susanto untuk deklarasi maju Pilkada 2020. Selain berlari sejauh 7 kilometer dari rumahnya untuk melaku ...

Internet

Kominfo Mengaku Tumbangkan Ribuan Konten Hoaks

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengaku pihaknya sudah menjumpai ribuan konten hoaks yang beredar belakangan ini di internet. Hoaks yang dominan terkait Covid-19, pilkada, dan Omnibus Law Cipta Kerja. ...

DIY

Pilkades Sleman Dipastikan Tanggal 20 Desember 2020

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Sleman memastikan tanggal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Sleman, yaitu 20 Desember 2020. Kepastian ini berdasarkan hasil rapat koordinasi virtual (zoom meeting) antara Pemerin ...

DIY

Menteri Kominfo Ikut Rancang 'Roadmap' Pengembangan MMTC Yogyakarta

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengunjungi Sekolah Tinggi Multi Media Kominfo di Yogyakarta, atau yang dikenal dengan MMTC, Jumat (16/10/2020). Kunjungan yang dilakukan bersama Gubernur DIY Sri Sultan ...

Pendidikan

Digital Learning, Model Pembelajaran, dan Kebiasaan Baru pada Sistem Pendidikan

Jakarta, Bernas.id - Pandemi Covid-19 membuat hampir segala aktivitas menjadi terhambat, terlebih dengan adanya physical distancing yang kurang memungkinkan bagi masyarakat untuk berkumpul. Pada bidang pendidikan juga merupakan salah satu a ...

Olahraga

Rossi Positif Covid-19, Lewatkan Balapan di Aragon

BERNAS.ID - Valentino Rossi melalui instagramnya mengabarkan bahwa dirinya positif terjangkit covid-19 dan akan melewatkan balapan di Aragon akhir pekan ini. “Sayangnya pagi ini aku bangun dan merasa tidak baik. Tulangku sakit dan ...

Ekonomi

Saat Pandemi, Pentingnya Dukungan Untuk Peternak Sapi Perah Indonesia Tingkatkan Ketahanan dan Keamanan Pangan

JAKARTA, BERNAS.ID – Dalam rangka Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober, Frisian Flag Indonesia (FFI) menggelar webinar bersama Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) dan para pakar peternakan. Dalam sambutan pemb ...

Analisa Pilkada

Rapid Tes Sebabkan Pendaftar PTPS dan KPPS di Gunungkidul Minim

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID - Jumlah pendaftar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pilkada Gunungkidul 2020 belum memenuhi kuota minimal. Pilihan perpanjangan waktu pun diambil agar ku ...

Pilkada

KPU Sleman Tetapkan DPT Sebanyak 792.925

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten (Pilkada) Sleman 2020. Jumlah yang ditetapkan sebanyak 792.925 DPT.  Ketua KPU Sleman Trapsi ...

Pilkada

Kuota Pendaftar PTPS dan KPPS di Gunungkidul Jauh dari Target

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID - Pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul berakhir hari ini, Kamis (15 ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Periksa 6 Saksi Kerusuhan Demo di Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Jajaran Satreskrim Polresta Yogyakarta telah memeriksa enam saksi terkait dengan kasus pengrusakan kendaraan Polresta Yogyakarta maupun pengrusakan terhadap Gedung DPRD DIY dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan o ...

Pilkada

KPU DIY Diminta Segera Lakukan Simulasi Pencoblosan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menjelang pilkada di DIY tanggal 9 Desember mendatang, persiapan harus sudah mulai dilakukan. Sebab pilkada akan berlangsung di masa pandemi Covid-19, sehingga butuh persiapan ekstra sejak dini, terutama dari segi ke ...

Nasional

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Forum Internasional GPDRR 2022

JAKARTA, BERNAS.ID - Indonesia akan menjadi tuan rumah acara forum internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022. Presiden Joko Widodo berharap melalui forum yang dibentuk oleh PBB ini bisa digunakan sebagai momentu ...

DIY

Dosen UPN Jogja yang Terpapar Corona Tutup Usia

SLEMAN, BERNAS.ID - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) kehilangan putra terbaiknya. Almarhum yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menghembuskan napas terakhirnya di RSA UGM dalam ...

Desa

UU Cipta Kerja : BUM Desa adalah Badan Hukum

Yogyakarta, Bernas.id - Dibalik ramainya penolakan sebagian elemen masyarakat terhadap Undang-undang Cipta Kerja, kabar baik sesungguhnya untuk desa dan BUM Desa.  Sambil menunggu peraturan pelaksana UU, dapat kita baca pada naskah ...

Lingkungan

KLHK Luruskan Berbagai Isu Lingkungan Terkait UU Cipta Kerja

JAKARTA, BERNAS.ID - Disahkan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) pada 5 Oktober 2020 memunculkan beragam tafsir di masyarakat terkait pengaturan terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana ...

Sintesa

Akses Informasi di Kehidupan Desa dan Kota, Apakah Solusi Terbaiknya?

Oleh: Profesor Sudjarwadi Sore itu, Situtena duduk di ruang tamu ditemani Yatica istrinya. Mereka berbincang sekitar perkembangan cucunya yang telah menjadi mahasiswi. Ada waktu panjang antara kelulusan sekolah menengah sampai saat cucun ...