Berita Nasional Terpercaya

Ingin Jadi Akuntan Sukses di Masa Depan? Pahami 4 Peran Penting Ini

0

Bernas.id – Berkarir di abad ke 21 membutuhkan bukan hanya penguasaan keahlian. Dalam webinar bertemakan How to Build Your Career Path Through Accounting Education yang diselenggarakan oleh Universitas Mahakarya Asia, narasumber PN Haryono, S.E., Ak., CPA. memberikan pencerahan kepada peserta yang sebagian besar mahasiswa akuntansi tentang peran seorang akuntan di masa depan. 

Seorang akuntan bukan hanya paham teori keuangan saja dan menyalin data, namun harus memahami adanya pergeseran peran akuntan di abad ini, yang terdiri dari 4 peran penting bersumber kepada Peran Akuntan Profesional Dalam Revolusi Industri 4.0, dari Ikatan Akuntan Indonesia. Diharapkan dengan memahami keempat peran ini, seorang akuntan akan dapat berevolusi dan memberikan layanan akuntansi dengan lebih baik.

 

Pemberi pencerahan atas data

Dengan derasnya informasi di era internet, maka bisnis kebanjiran data dalam ukurang sangat besar yang akhirnya membuat keputusan bisnis menjadi tidak fokus dan terarah. Semakin banyak data, semakin kompleks analisis yang harus dilakukan dan disinilah peran seorang akuntan karena ia mampu mengidentifikasikan pertanyaan atas data,  melakukan analisis statistik, mengecek kualitas data, serta menginterpretasi hasil olah data.

Advisor strategi perencanaan

Mengingat akuntan memiliki kemampuan dalam menganalisis data, maka secara tidak langsung akan mampu berperan sebagai penasihat bisnis umum atau penasihat spesialis. Bahkan, tidak jarang yang bisa mengambil peran sebagai partner bisnis dalam sebuah pendirian usaha, yang bisa memberikan arah strategi dalam perencanaan pengembangan sebuah usaha. 

Bermitra dengan teknologi

Salah satu hal yang harus diwaspadai oleh seorang akuntan di era teknologi ini adalah jika pekerjaan yang dilakukan rutin karena akan tergantikan oleh proses otomasi. Seorang akuntan harus bisa membiasakan diri bekerja dengan robot atau mesin sejenis, tetapi bukan hanya menggunakan, melainkan bisa memanipulasi data dan mengembangkan model kecerdasan buatan (artificial intelligence). 

Berkembang ke area-area baru

Keberlanjutan profesi akuntan saat bergantung pada kemungkinan peluang dan keterkaitan dengan bidang-bidang profesi yang tidak terpikirkan sebelumnya. Seperti mengaitkan pekerjaan akuntansi dengan laporan non finansial atau bahkan yang berkaitan dengan pengamanan dunia siber.

 

Sebagai salah satu universitas yang mengikuti perkembangan zaman, Universitas Mahakarya Asia sebagai penyelenggara webinar memahami pentingnya mahasiswa memiliki paradigma terbaru. Sehingga diharapkan dengan webinar ini, mahasiswa jurusan akuntan akan memahami perannya, yang bukan hanya sebagai pengontrol buku akuntansi, tetapi sebagai penganalisis bisnis yang  meraih sukses di masa depan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.