Berita Nasional Terpercaya

Ternyata Keahlian Ini yang Harus Dimiliki Akuntan Abad 21 Agar Tidak Tergerus Zaman

0

Bernas.id – Berubahnya zaman dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat peran seorang akuntan juga berubah. Yang berarti, ada serangkaian kapabilitas yang harus dikuasai hingga dapat menjalankan peran barunya lebih baik. PN Haryono, S.E., Ak., CPA. memberikan pemahaman baru dalam webinar bertemakan How to Build Your Career Path Through Accounting Education yang diselenggarakan oleh Universitas Mahakarya Asia. Bahwa ada satu keahlian penting yang harus dikuasai oleh seorang akuntan jika ingin bertahan di abad 21 ini. 

Ilmu tersebut adalah ilmu data atau data science, yang merupakan penggabungan dari keahlian dalam menganalisis data, memahami perangkat lunak tradisional, serta pembelajaran dengan mesin. Yang mana kesemuanya tersebut merupakan irisan dari tiga pokok ilmu, yaitu ilmu komputer, keahlian bisnis atau domain, dan matematika statistik. 

Hal ini dikarenakan di abad 21 ini, seorang akuntan akan bekerja dengan data yang terolah dan tersimpan dalam penyimpanan awan (cloud storage) tanpa kertas. Penyimpanan awan ini mampu menampung berbagai data akuntansi yang rumit dan memproses dalam waktu cepat. Sehingga, dalam waktu singkat akan terbentuk data besar atau big data, yang harus dianalisis untuk mendapatkan strategi bisnis yang bisa mencapai target. 

Tidak hanya itu, dalam bekerja dengan teknologi, seorang akuntan diharapkan memiliki keahlian untuk dapat mengintegrasikan informasi keuangan non tradisional. Saat ini, banyak transaksi terjadi bukan karena berpindahnya barang dan jasa, namun karena banyak pengikut di media sosial atau video yang viral diputar berjuta kali. Ukuran kesuksesan bukan hanya sekedar meningkatnya nominal barang atau kompleksitas jasa yang dijual, melainkan lebih kepada kredibilitas sebuah aplikasi atau akun media sosial yang bisa melakukan transaksi dalam jaringan. 

Seorang akuntan di masa depan harus bisa fleksibel, lebih efisien dan mampu bekerja di mana saja dan kapan saja. Terutama karena teknologi gawai dan perangkat komputer saat ini telah memfasilitasi bekerja secara berpindah-pindah, tidak harus berkantor di tempat yang sama. Kemampuan fleksibilitas seorang akuntan ini yang bisa membawanya untuk bisa menjalin rekanan usaha dengan berbagai pihak. 

Peran seorang akuntan berubah dari pengendali buku besar usaha menjadi penganalisis data bisnis yang bisa memberikan arahan bagi perkembangan bisnis. Tidak heran jika akuntan yang memiliki kapabilitas analisis yang kuat dan ditunjang kemampuan menggunakan teknologi untuk membantu proses analisisnya, maka ia dapat memberikan bukan hanya perhitungan saja. Melainkan bisa sekaligus memberikan visualisasi data yang berbentuk gambar maupun infografis, sehingga data yang telah diolah akan bisa memberikan perubahan besar dalam perusahaan dan kegiatan bisnisnya menjadi lebih baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.