Ingin Lekas Piknik? Ini Tips Aman Liburan Saat New Normal

BERNAS.ID - Sudahkah berniat ingin berwisata di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB)? Larangan bepergian karena mencegah penyebaran Covid-19 sejak Maret 2020 lalu membuat masyarakat harus bertahan di rumah. Apalagi ketika daerah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat pun harus bekerja, belajar, bahkan beribadah di rumah. 

Masyarakat diminta untuk mengurungkan keinginannya bepergian demi mencegah penularan virus corona. Perlahan pemerintah pusat maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 perlahan memberikan kesempatan daerah untuk membuka sektor pariwisata. Dibukanya sektor pariwisata sebagai upaya pemerintah untuk menggerakkan kembali perekonomian masyarakat.

Tentu saja syarat utamanya tetap mengutamakan protokol kesehatan dan berada di zona hijau. Bagi siapa saja yang sudah tak sabar ingin piknik di masa new normal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips aman liburan saat new normal yang dihimpun Bernas.Id dari berbagai sumber, Minggu (12/7/2020): 

Ketahui zona daerah

Sebelum ada pandemi Covid-19, orang bebas bepergian kemana saja bahkan, bisa memesan tiket transportasi maupun tiket hotel kapan saja. Setelah ada pandemi Covid-19, sekarang harus lebih selektif memilih daerah yang akan dikunjungi. Apalagi setiap daerah memiliki kasus penyebaran Covid-19 yang beragam dan memengaruhi kategori zonanya. Kini, para traveller harus tahu daerah mana yang aman untuk didatangi. Pemerintah mengizinkan pembukaan wisata di wilayah zona hijau. 

Serba online

Pandemi Covid-19 mengajarkan kita semakin melek teknologi. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pembelian tiket transportasi umum maupun pemesanan hotel. Jika kamu menggunakan transportasi umum, belilah tiket dan check in secara online. Dengan cara ini Anda dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain. namun, perlu dipertimbangkan juga jika hendak bepergian lintas provinsi, Anda diminta melakukan rapid test dan surat keterangan sehat bebas Covid-19 sebagai syarat perjalanan naik pesawat ataupun kereta api. 

Wajib pakai masker

Sama halnya pakaian, saat ini masker juga wajib dipakai di mana pun berada terutama saat berada di tempat umum. Meskipun dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19, tetap waspadalah terhadap orang-orang di sekitar Anda karena tidak tahu kondisi kesehatannya. Bahkan, orang positif Covid-19 tanpa gejala bisa ada di mana saja. Oleh karenanya, masker digunakan untuk mengurangi risiko tertular Covid-19. 

Hygiene kit

Kini isi tas piknik juga wajib diisi engan berbagai hygiene kit berupa hand sanitizer, tisu basah, sabun cair, tisu kering, masker cadangan, disinfektan semprot dan sabun cuci tangan. Anda tidak perlu was-was lagi saat bepergian dan tidak perlu bergantian dengan orang lain. 

Bawa bekal sendiri

Selain bawa masker cadangan, Anda juga perlu membawa bekal makanan dan minuman sendiri saat piknik. Bekal yang dibawa sendiri lebih terjamin kebersihannya. Bawalah perlengkapan makanan sendiri agar aman dan sehat. 

Hindari kerumunan orang

Apabila di lokasi wisata ada begitu banyak orang, hindari kerumunan orang dan carilah lokasi lain yang lebih leluasa bergerak. Jaga jarak aman dengan orang lain untuk menghindari penularan Covid-19. (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up