Sekolah di Kota Jogja ini Hanya Punya Sedikit Siswa Baru, Sebagian Berkebutuhan Khusus.


10 Juli 2020

Pintu masuk bagian depan SMP Gotong-Royong Kota Yogyakarta (foto: Deny Hermawan/Bernas.id)


YOGYA, BERNAS.ID - SMP dan SMA Gotong-Royong, sekolah swasta yang berada di kawasan Tegalrejo Kota Yogyakarta ini kembali tidak memperoleh jumlah siswa yang banyak, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Hingga Jumat (10/7/2020) tercatat, hanya sepuluh calon siswa SMP dan 11 calon siswa SMA yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran.

Kepala Sekolah SMP dan SMA Gotong-Royong, Ame Lita Tarigan, tidak mempersoalkan kondisi itu. Menurutnya, sekolah yang sudah berdiri sejak 1982 ini sudah terbiasa mengajar dalam kelas yang kecil.

”Memang sekolah kami kapasitasnya kecil, dengan jumlah siswa seperti itu kami juga sudah bisa melaksanakan belajar-mengajar,” katanya.

Ia memaparkan, calon siswa SMP yang berjenis kelamin perempuan ada dua orang. Sisanya laki-laki. Sementara untuk SMA, yang perempuan hanya tiga orang, sisanya laki-laki.

"Untuk SMP ada 4 yang berkebutuhan khusus, atau slow learner, atau IQ di bawah 80. Bahasa lainnya tuna grahita," papar Lita.

Selain itu, menurutnya ada satu calon siswa yang mengalami lemah syaraf, kesulitan untuk bisa jalan. Sementara untuk calon siswa SMA, menurutnya ada satu orang yang menderita penyakit tertentu sehingga harus menjani transfusi darah seumur hidup.

"Waktu pendaftaran sudah minta ijin, nanti kalau sudah proses belajar tatap muka bakal sering ijin pengobatan ke RS Sardjito," ungkapnya.

Lita menjelaskan, pihaknya memang sudah terbiasa menghadapi siswa berkebutuhan khusus. Siswa diperbolehkan membawa peralatan apapun yang dibutuhkan ke sekolah. Kalau ada yang memiliki penyakit tertentu dan sedang kambuh, menurutnya lebih baik tidak berangkat sekolah.

"Kami para guru tidak ada pendidikan khusus untuk ABK [anak berkebutuhan khusus]. Ya cuma baca-baca sendiri cara untuk menangani ABK. Kalau butuh bantuan kami minta bantuan orang tua siswa," paparnya.

Standar indikator penilaian bagi siswa pun menurutnya berbeda antara yang berkebutuhan khusus dan yang tidak, terutama bagi mereka yang slow learner. Misalnya, dalam pemberian tugas, bila siswa biasa ditugaskan untuk membuat lirik lagu, para tuna grahita cukup ditugasi untuk membuat judul lagu saja.

"Sayangnya ada beberapa orang tua yang tidak memahami anaknya. Menganggap slow learner itu hanya lelet belajarnya. Padahal mereka membutuhkan pendampingan khusus selama belajar," katanya.

Fasilitas belajar di sekolah ini memang terlihat sangat tidak layak. Lima dari enam ruang kelas terlihat sudah rusak.

Hampir semua siswa di sekolah ini berasal dari keluarga miskin. Pemerintah menanggung biaya sekolah mereka, termasuk siswa berkebutuhan khusus, yang lamban dalam belajar. Namun syaratnya harus memiliki KMS (Kartu Menuju Sejahtera), kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau KIP (Kartu Indonesia Pintar).

"Dulu pernah ada siswa warga miskin yang tidak punya syarat itu, karena orang tuanya berpisah. Ya yang penting sekolah dulu, belajar dulu. Baru nanti pas ujian dibebankan biaya ujian saja," katanya.

Lita mengakui, pihak sekolah tidak pernah membatasi siswa dari latar belakang apapun untuk belajar di sekolah tersebut. Justru sekolah itu mempersilahkan siswa dari keluarga miskin untuk mendaftar. 

Bagi siswa miskin yang tidak mempunyai semua kartu itu pun bisa ikut mendaftar. Tidak ada biaya administrasi selain biaya ujian yang bisa dicicil hingga lulus. 

Untuk mencukupi semua kebutuhan sekolah, selain hanya mengandalkan donatur, sekolah tersebut juga mendapatkan dana BOS atau BOSDA sesuai jumlah siswa yang bersekolah. Termasuk untuk menggaji 12 guru honorer mereka.

Karena kondisi ini, sistem zonasi ataupun usia yang banyak menjadi pro kontra tidak berlaku di SMP-SMA Gotong Royong. Lita meyakini sekolah itu punya pangsa pasar peserta didik sendiri.  Siswa yang punya kemampuan finansial pun menurutnya tidak akan memilih bersekolah di tempatnya mengabdi.

"Sekolah kami hanya punya satu guru PNS, 12 orang lainnya merupakan guru honorer yang mendapatkan insentif dari pemerintah Rp 500 ribu potong pajak per bulannya. Kekurangannya ya kami usahakan sendiri seperti dari donatur dan lainnya," ungkapnya.

Kini, Pandemi Covid-19 memunculkan tantangan tersendiri bagi pihaknya. Pembelajaran secara daring bukan sesuatu yang mudah juga. Sering muncul kendala seperti siswa tidak tepat waktu, susah bangun pagi, hingga ada yang disuruh ke pasar oleh orang tuanya tiap pagi.

"Kalau tidak ya kendala kuotanya off, atau sinyal jelek. Yang jelas kalau pakai link [aplikasi meeting online] kami tidak memakai limit waktu supaya semua bisa menyelesaikan tugasnya sampai jam berapapun dalam hari itu," katanya.

Sistem belajar daring bagi siswa baru menurutnya akan dimulai dengan MOS, atau yang sekarang disebut sebagai Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLK) pada 13-15 Juli. Materi yang diberikan antara lain tentang Covid-19, wawasan kebangsaan, dan etika lalu lintas. PLK akan dilakukan lewat grup WhatsApp, menggunakan materi foto dan powerpoint yang bisa dibaca sendiri, sehingga hemat kuota. Mereka yang kesulitan bisa mendapatkan materi yang tercetak di sekolah.

"Selama masih masa tanggap darurat, kami juga masih pembelajaran daring," kata Lita.

Pihaknya berharap, apa yang dilakukan ini didukung dengan peraturan daerah setempat yang bisa membuatnya mudah menjalani. Kebijakan dari Dinas Pendidikan Kota Jogja diharapkannya bisa mengakomodir semua sekolah, tidak menyulitkan sekolah dengan membuat peraturan yang ribet dan membebani sekolah maupun siswa.

"Karena tidak semua murid siap belajar online dengan membuka laptop," tandasnya. (den)


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Inilah Bakal Calon Wakil Bupati yang Dampingi Danang Wicaksana dalam Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Akhirnya terjawab sudah siapa bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi Danang Wicaksana Sulistyawan (DWS) dalam Pilkada Sleman, DIY. Sebagaimana disampaikan 'sumber yang dapat dipercaya' kepada bernas.i ...

Pendidikan

Tak Hanya Riset dan Inovasi Iptek, Mendikbud Tuntut Kampus Hasilkan Dua Hal Ini

JAKARTA, BERNAS.ID - Bicara tentang teknologi, di dalamnya tidak hanya terkandung aktivitas riset dan inovasi, tetapi juga menjadi tempat manusia-manusia berkreasi dalam mengeksplorasi batas pengetahuan untuk menghasilkan temuan-temuan baru ...

Nasional

KBRI Fasilitasi Kepulangan 147 WNI Melalui Penerbangan Khusus

BANDAR SERI BEGAWAN, BERNAS.ID - Pada hari Minggu, 9 Agustus 2020, KBRI Bandar Seri Begawan kembali memfasilitasi kepulangan WNI/PMI (Pekerja Migran Indonesia) melalui penerbangan khusus ke-7. Kali ini, sebanyak 147 WNI/PMI yang kembali dar ...

DIY

Inilah Peran BAZNAS DIY untuk Memulihkan Perekonomian di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2020 setelah adanya pandemi Covid-19 angka kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kenaikan dari awalnya 11,7% pada tahun 2019 menjadi 12,28%. Karena ...

DIY

Selain Lokasi TPS Jauh, Bawaslu Sleman Juga Dapatkan 165 Data Pemilih Bermasalah

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 7 Agustus 2020,  Bawaslu Kabupaten Sleman melakukan pengawasan proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap kualitas form A-KWK (daftar pemilih) untuk Pemilihan Bupati dan W ...

DIY

Akhirnya DIY Laporkan Kasus Konfirmasi di Bawah 10 dan Pasien Sembuh 18 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami penurunan. Dilaporkan ada tambahan kasus konfirmasi di bawah 10 kasus tepatnya 8 kasus baru, Minggu (9/8/2020). Berdasarkan hasil pemerik ...

Ekonomi

Pengamat : Pemerintah Jangan Meniru Cara AS dan China Atasi Resesi Ekonomi, Indonesia Bisa Kolaps

JAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 saat ini telah menyebabkan krisis global berlarut di dunia, termasuk di Indonesia sehingga menimbulkan jurang resesi ekonomi. Berbagai negara menggunakan berbagai cara untuk mempertahankan ketahanan eko ...

Wiradesa Seri 2

Balada Manusia yang Meneteskan Air Mata untuk Bangsanya

Bernas.id - Hormat setinggi-tingginya untuk Darpo, Karta, dan Bapa Biyung Mbah Soma.   Setiap kali bulan Agustus datang, ketika para pamong Desa Kedung Pingit memerintahkan semua warga memasang bendera Merah Putih di depan rumah, ...

DIY

KSPSI Menilai Program Bantuan Pekerja Rp 600 Ribu Diskriminatif

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komite Penanganan Covid-19 nasional merencanakan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai total Rp 600.000 bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta dengan sejumlah persyaratan, yang bertujuan untuk pemuliha ...

Pendidikan

Pemerintah Umumkan Penyesuaian Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - Mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran, berbagai masukan dari para ahli dan organisasi serta mempertimbangkan evaluasi implementasi SKB Empat Menteri, Pemerintah melakukan penyesuaian keputusan bersama Empat Menteri te ...

DIY

Peralatan Penunjang Parkir Progresif di Jogja Dikaji

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta terus melakukan kajian mengenai peralatan pendukung yang dinilai paling tepat digunakan guna menunjang pemberlakuan tarif parkir progresif di sejumlah ruas jalan dan di tempat khusus ...

Lifestyle

Idola Baru Anak Muda Indonesia, UN1TY

Pernah menjadi trending musik, banyaknya boy group di Indonesia perlahan mulai menghilang. Setelah lama tak terdengar, istilah boy group di Indonesia kembali  dimunculkan dengan hadirnya sebuah grup dengan nama UN1TY. Grup yang memi ...

Ekonomi

Peringatan Hari UMKM 2020 ABDSI Selenggarakan Indonesia SME Festival secara Virtual Selama 12 Jam

BERNAS.ID - Tidak hanya Koperasi yang memiliki hari khusus. Saat ini ada juga Hari UMKM atau yang lebih dikenal dengan Hari Nasional UMKM.  Situasi dan kondisi saat ini memang membutuhkan UMKM yang Kuat dan Tangguh, untuk beradaptas ...

DIY

Danang Wicaksana Resmi Maju dalam Pilkada Sleman Diusung Oleh 4 Parpol

BERNAS.ID - Dinamika kontestasi politik dalam Pemilihan kepala daerah di Sleman, DIY semakin menarik dengan munculnya Danang Wicaksana Sulistya (DWS) menjadi bakal calon bupati Sleman selain dua nama yang sudah santer disebut sebelumny ...

Ekonomi

Kemenparekraf Dukung HBDI 2020 Sebagai Momentum Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020 sebagai momentum pemulihan ekonomi nasional, peningkatan tingkat konsum ...

Pendidikan

Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi ...

Ekonomi

Sleman Bagikan Masker di Pasar untuk Menjaga Sektor Ekonomi

SLEMAN, BERNAS.ID - Kabupaten Sleman melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membagi-bagikan 1000 masker kepada warga yang sedang berbelanja di Pasar Tanjung dan Pasar Kliwon, Kecamatan Berbah, Sleman, Jumat (8/8/2020). Kegiatan ters ...

DIY

Warga Jogja Diimbau Tak Gelar Malam Tirakatan di Hari Kemerdekaan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta meminta warga setempat untuk tahun ini tidak menggelar acara malam tirakatan sebagai wujud syukur pada peringatanHari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ini untuk mencegah penularan Covid-19. ...

DIY

Sultan Ingatkan Wisatawan Berhati-hati di Pantai Selatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Peristiwa tujuh wisatawan yang terseret arus di Pantai Goa Cemara Kamis (6/8/2020) membuat Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengingatkan wisatawan baik dari dalam maupun luar Jogja agar berhati-hati. Terutama saat ...

DIY

DIY: Pasien Sembuh Capai 497 Orang, Kasus Konfirmasi 819

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah 18 orang. Sehingga total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 819 kasus per Kamis (6/8/2020).  "Hasil pemeriksaa ...

DIY

Sejumlah Persoalan Mengemuka dalam Kunjungan DPD RI di Cangkringan Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) melakukan sosialisasi lembaga dan penyerapan aspirasi sebagai masukan pada pemerintah pusat di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan pada Kamis (6/8/2020). Rombongan anggota DPD RI dipim ...

DIY

Mobil Dinas Bekas Walikota Jogja HZ Tak Laku Dilelang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mobil dinas bekas jabatan yang pernah digunakan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto (HZ) kembali tidak laku saat lelang kendaraan dinas pada tahun anggaran 2020 meski nilai limit untuk kendaraan tersebut sudah diturun ...

DIY

Menteri Teten: Keju Sleman Tidak Kalah dengan Keju Impor

SLEMAN, BERNAS. ID - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melakukan kunjungan ke Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (6/8/2020). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara kunjungan Menteri Koperasi dan UKM ...

Ekonomi

Pelaku Usaha Mikro Bakal Dapat Bantuan Modal Rp 2,4 Juta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID-Pemerintah Pusat tengah menyiapkan program pemulihan ekonomi berupa bantuan sosial produktif senilai Rp2,4 juta untuk 12 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia, termasuk DIY. Ini khususnya bagi pelaku usah ...

DIY

PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Serahkan Bantuan Kursi Taman ke Pantai Timang

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) menyerahkan bantuan kursi taman untuk objek wisata Pantai Timang di Dusun Danggolo, Kel ...

Nasional

PMI Kirim 1.000 Kantong Darah ke Lebanon, Masyarakat Bisa Berkontribusi

BERNAS.ID - Pemerintah Lebanon meminta bantuan kepada seluruh Palang Merah Internasional, yakni menyediakan darah bagi para korban leadakan di Kota Beirut Lebanon. Palang Merah Indonesia (PMI) pun turut mengambil bagian untuk membantu ...

Sintesa

Dua Teman Lama Bicara tentang Produksi Unggul di Desa

Oleh:  Tri Budi Utama ST MT dan Prof. Sudjarwadi Situtena  teringat judul  pidato “ASAS KESEDERHANAAN TEKNIK PENGAIRAN KONTEKSTUAL”. Ingatan tersebut ada dalam pikirannya, sampai beberapa hari, suatu saat&nbs ...

Hukum dan Kriminal

Oknum Kepala Mandor Otaki Pencurian Besi di Proyek Pembangunan

SLEMAN, BERNAS.ID - Bukannya memberikan contoh yang baik kepada bawahannya, AF, warga Pogung Kidul Sinduadi Mlati Sleman justru mengajak keenam rekannya EP, THY, NE, AS, AR dan RK untuk mencuri besi ulir beton di proyek pembangunan di Jalan ...

Hukum dan Kriminal

Komplotan Ini Belajar Bobol ATM dari Tayangan YouTube

SLEMAN, BERNAS.ID -  Pembobol mesin ATM di toko modern wilayah Gamping Sleman dapat digagalkan warga karena aksi yang dilakukan komplotan sekitar pukul setengah empat pagi, Minggu (5/7/2020) begitu berisik. Ada orang yang melihat, lima ...

Ekonomi

Profesor Sudjarwadi: Pentingnya Koordinasi dan Sinergi Lintas Generasi untuk Bangkit di Masa Pandemi

Bernas.id - Agar perekonomian bangsa Indonesia dapat bangkit di masa pandemi ini, maka penting sekali mewujudkan koordinasi dan sinergi lintas generasi. Hal ini ditegaskan oleh Prof. Dr. Ir. Sudjarwadi, M.Eng, Guru Besar UGM sekaligus penga ...

Lingkungan

Ledakan Dahsyat Meluluhlantakkan Kota Beirut

Sebuah ledakan yang sangat dahsyat terjadi di Beirut pada hari Selasa (04/08/2020) petang waktu setempat. Ledakan terjadi dua kali, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters. Ledakan pertama menyebabkan asap pekat membumbung tinggi disertai letup ...

DIY

DIY: 12 Kasus Konfirmasi dan 14 Pasien Sembuh dari Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi yang terinfeksi virus corona, Selasa (4/8/2020). Total keseluruhan pasien positif Covid-19 di DIY mencapai 784 orang.  " ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Bongkar Prostitusi Online di Hotel Kawasan Ringroad Utara

SLEMAN, BERNAS.ID - Iming-iming fasilitas tempat tinggal dan handphone, SF (23), pemudi asal Kulonprogo berhasil menggaet sejumlah pemudi asal Yogyakarta untuk direkrut sebagai pelacur. Sekali booking untuk esek-esek, SF mematok harga ...

Nasional

5 Tips Jadi Influencer Terkenal dan Bertanggung Jawab, Prosesnya Tidak Instan

Bernas.id – Belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan beberapa influencer yang menarik perhatian tapi dengan cara kontroversi. Sebut saja Anji yang mengundang seseorang yang disebut-sebut sebagai penemu obat corona. Tentu saja dalam ...

Hukum dan Kriminal

Begini Respons UNU Terkait Pencatutan Nama Universitas oleh Pelaku Pelecehan Seksual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah mencermati perkembangan informasi dari berbagai pihak baik dari daring maupun langsung, terkait dengan pengakuan seseorang (BA) yang sering mengatasnamakan diri sebagai dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) ...

Hukum dan Kriminal

Buka Jasa Penggandaan Uang Palsu, Tiga Orang Diringkus Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID - Ingin mendapat uang secara instan, Jimmi alias Pak Tua (44) warga Riau bersama kedua rekannya Arif (26) warga Klaten dan Agung (42) warga Gunungkidul berencana melakukan penipuan dengan modus penggandaan uang palsu ...

Pendidikan

Pembelajaran Daring di Kota Jogja Hanya Targetkan Capaian 60 Persen Kurikulum

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring di Kota Jogja yang digelar selama pandemi COVID-19 diikuti dengan perubahan target pencapaian kurikulum pada tahun ajaran 2020/2021. Dinas Pendidikan K ...

Lifestyle

Agus Supriyo: Transformasi AELI dengan Program Blended di Masa Pandemi

Bernas.id - Dampak pandemi Covid-19 yang merugikan dunia pariwisata, tidak membuat para penggiat outbound atau experiential learning berhenti dan berpangku tangan. Diawali terselenggaranya Musyawarah Daerah 2020 oleh DPD Asosiasi Exper ...

Nasional

Pandemi Covid-19 Jadi Pemicu Perluasan Akses Internet, Jokowi Perintahkan Sampai ke Desa

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo kembali menyentil para menteri agar bergerak cepat lagi di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang dibutuhkan saat ini akses internet untuk mendukung anak-anak yang harus sekolah. Tak sedikit anak seko ...

DIY

DIY Laporkan Penambahan Pasien Sembuh Lebih Tinggi Dibandingkan Kasus Konfirmasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi positif Covid-19. Sehingga total kasus konfirmasi di DIY menjadi 772 pada Senin (3/8/2020).  "Hasil pemeriksaan la ...

Pendidikan

Sultan Ingin Pembukaan Pendidikan Tatap Muka Dimulai dari Perguruan Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap pembukaan kegiatan pendidikan tatap muka akan dilakukan secara bertahap dimulai dari perguruan tinggi kemudian diikuti jenjang di bawahnya. ...

Kesehatan

Ramai Wawancara Anji dengan Profesor yang Temukan Antibodi Covid-19, Jubir Satgas Angkat Bicara

BERNAS.ID - Nama Anji kembali menjadi trending topic Twitter pada Minggu (2/8/2020). Hal ini karena video perbincangan musisi Anji dan Hadi Pranoto yang diunggah melalui kanal Youtube milik Anji. Saat diwawancarai Anji, Hadi memperkena ...

DIY

Menurun! Kasus Konfirmasi di DIY Hari Ini 19 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 19 kasus konfirmasi pada Minggu (2/8/2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-1 ...

Lifestyle

5 Tips Jitu Bangkitkan Semangat Setelah Santai Libur Akhir Pekan

Bernas.id – Jeda akhir pekan selalu dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu untuk diri sendiri, teman-teman, dan keluarga. Berbagai aktivitas dilakukan dari mulai liburan ringan atau sekadar istirahat sambil melakukan hobi di rumah. Ter ...

DIY

Capai 92 Persen, Dinkes Bantul: Kasus Konfirmasi Mayoritas OTG

BANTUL, BERNAS.ID - Penularan virus corona dari orang tanpa gejala (OTG) terus terjadi di tengah masyarakat. Dinas Kesehatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat 92 persen dari total kasus konfirmasi positif Covid-19 di da ...

DIY

Meroket Tembus 741 Kasus! DIY Laporkan Ada 67 Kasus Konfirmasi Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami peningkatan. Pada Sabtu (1/8/2020) dilaporkan ada penambahan 67 kasus konfirmasi Covid-19 di DIY. Dengan demikian, total keselu ...

Nasional

Dari Musik Klasik Hingga Rock, Favorit K.H. Hasyim Wahid Semasa Hidup

Bernas.id - Mengawali bulan Agustus ini, sebuah berita duka datang dari sosok pemuka tanah air K.H. Hasyim Wahid atau yang akrab disapa Gus Im. Tokoh yang merupakan adik dari K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini, wafat saat dirawat di RS ...

DIY

Dianggap Berhasil Berdayakan Masyarakat, Kepala BKKBN Terima Gelar Doktor dari UNY

SLEMAN, BERNAS.ID - Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo, SpOG(K) menerima anugerah gelar Doktor Kehormatan "Honoris Causa" bidang Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasional dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Hasto dianggap ...

DIY

Jumlah Positif Naik Drastis, Elemen Masyarakat Pasang Banner Imbauan di Tugu Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan provinsi yang hingga kini dinilai lebih berhasil meredam dampak pandemi COVID-19, bahkan memperoleh penghargaan dari Pemerintah Pusat. Dengan partisipasi publik dan kepatuha ...

Nasional

Kabar Duka! Adik Bungsu Gus Dur Meninggal Dunia

BERNAS.ID - Adik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yakni KH. Hasyim Wahid meninggal dunia. Kabar duka ini disampaikan oleh mantan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin melalui akun twitter resminya.  "MOHO ...