Berita Nasional Terpercaya

Viral Kumur dengan PVP-I untuk Membunuh Virus Corona, Ini Kata Pakar

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Belakangan ini, baru ramai dibahas di masyarakat tentang potensi dari antiseptik yang mengandung Povidone Iodine (PVP-I) bisa membunuh virus corona baru, SARS-CoV-2. Tak dipungkiri PVP-I memang mampu membunuh virus SARS-CoV-2, SARS-CoV-1 maupun MERS-CoV. 

Menurut dokter spesialis paru Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr Siswanto, SpP menyebut dari beberapa riset in vitro di laboratorium ataupun in vivo menunjukkan bahwa PVP-I memang mampu membunuh virus SARS-CoV-2, SARS-CoV-1 maupun MERS-CoV. 

Ia menjelaskan dengan rajin berkumur memakai cairan yang mengandung PVP-I.akan mengurangi virus di area orofaring (mulut dan tenggorokan) karena pelepasan virus (viral sheeding) di daerah tersebut cukup tinggi. Dengan berkumur atau dengan nasal irigasi, bisa mengurangi penyebaran virus SARS-CoV-2. ?Dalam PVP-I selain dapat dipergunakan untuk antiseptik kulit juga aman untuk berkumur ataupun gargle. Kandungan untuk antiseptik kulit sekitar 10 persen sedangkan untuk kumur 0,5-1 persen,?katanya, Sabtu (11/7).

Menurutnya, pasien di RSA UGM yang terkonfirmasi positif corona juga sudah diterapi rutin dengan kumur-kumur/gargling dengan Povidone Iodine.

Senada dengan itu, Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof Dr Zullies Ikawati, Apt mengatakan PVP-I bisa digunakan misalnya untuk obat kumur (khusus untuk yang merupakan sediaan obat kumur). Menurutnya, baik pula bagi tenaga kesehatan yang berisiko tertular dari pasien Covid-19 sering berkumur dengan antiseptik yang mengandung PVP-I ini.

?Di samping pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, kalau mau nambah berkumur juga baik-baik saja, tapi tidak harus. Berkumur itu kan temasuk bagian menjaga kebersihan juga. Jadi, sebagai penambah dari protokol kesehatan yang sudah ada,?tutup Prof Zullies. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.