Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Berbisnis Minuman Kekinian Siap Saji Agar Tidak Kalah Saing

0

Bernas.id – Minuman kekinian yang biasanya dijual secara cepat saji kian menjamur terutama di kota-kota besar. Berbagai merk dan rasa seolah serupa satu dengan yang lainnya. Kebanyakan, minuman kekinian tersebut memiliki lebih dari 3 varian rasa dengan aneka toping pilihan.

Meskipun persaingan merk minuman kekinian cukup banyak namun peluang bisnisnya tidak kalah besar. Tak heran, di sepanjang ruas jalan sering ditemui kedai-kedai minuman kekinian, dari mulai bentuk stan di pinggir jalan hingga kafe.

Jika kamu juga ingin terjun di bisnis yang sedang tren ini, produk kamu tentu harus kompetitif baik dari segia harga maupun rasa. Untuk lebih mantap lagi, kamu bisa menyimak tips dari Kenny Soetomo, bartender profesional yang juga menjuarai lomba meracik cocktail Suntory Cocktail Connoisseur 2014, seperti dikutip dari idn.times.

1. Pastikan Konsistensi Rasa

Kenny menjelaskan bahwa hal yang paling penting dari berbisnis minuman kekinian siap saji adalah konsistensi rasa. Rasa minuman harus selalu enak tidak hanya di kesan pertama. Rasa minuman yang baik tidak akan hilang begitu saja saat minuman kedua atau ketiga disajikan, rasanya akan tetap sama.

“Bisnis RtD (Ready to Drink) yang penting adalah bagaimana minuman di minggu pertama rasaya sama dengan minuman di minggu ke sepuluh,” kata Kenny.

Oleh karena itu, Kenny menyarankan untuk menghindari menjual minuman dengan komposisi bahan yang banyak. Semakin banyak bahan yang terkandung dalam minuman maka semakin besar potensi rasanya berbeda.

“Paling gampang cuma tiga bahan baku, kalau sudah itu beres. Semakin dikit ingredient, over price-nya juga semakin kecil,” tutupnya.

2. Pakai Bahan Baku Terbaik

Kenny kembali berpesan bahan baku yang digunakan sebagai komposisi minuman haruslah yang terbaik. Menurutnya, minuman dengan rasa buah-buahan lebih baik menggunakan buah asli daripada beli buah-buahan bubuk.

“Beli buah yang fresh. Jika beli buah berbentuk puree maka pastikan komposisi buahnya 98 persen. Daripada beli bahan powder, lebih baik beli ke pasar. Beli dari local farmer lebih bagus karena gak diproses ulang dan dipastikan gak ada kimia. Jadi nanti istilahnya from farm to bar,” sambung dia.

3. Jangan Campur Minuman dengan Bahan Kimia

Minuman atau makanan yang enak tentu harus berasal bahan alami. Oleh karena itu, jangan campurkan bahan kimia ke dalam minuman kekinian yang akan kamu jual. Konsumen yang terbiasa minum bahan alami pasti bisa membedakan, mana bahan alami dan mana bahan kimia.

Bahan kimia juga tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi untuk jangka panjang. Selain menjual untuk mendapatkan profit tentu kamu juga harus bertanggung jawan kepada konsumen bahwa produk yang kamu jual sehat. Produk yang sehat dan baik akan lebih lama bertahan di dalam bisnis.

4. Tentukan Nilai Lebih dari Minuman yang Kamu Sajikan

Konsumen sekarang sudah semakin jeli. Tidak hanya kenikmatan sesat yang dicari tetapi juga manfaat untuk tubuh. Daam kondisi pandemi seperti ini segala sesuatu yang bisa meningkatkan imunitas tubuh tentu sangat disukai. Kamu bisa memberikan nilai lebih pada minuman yang kamu jual karena manfaatnya untuk menambah daya imun. Bahan-bahan yang mungkin bisa dipakai adalah susu, yoghrut, buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan sejenisnya.

5. Perhatikan Tampilan Minuman dan Kebersihan Dapur

Menjual minuman tentu harus menjaga kebersihan dan higienitas, baik bahan, wadah, maupun peramu yang menyajikan. Pastikan seluruh alat yang digunakan higienis. Pada masa pandemik ini tentu harus ditambahkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, sarung tangan, face shield, dan apron.

Selain itu, yang juga penting tampilan minuman harus menarik, baik dari segi kemasan, warna, maupun tekstur.

 Nah, sudah siap terjun ke bisnis minuman kekinian? Jangan lupa gunakan kekuatan media sosial untuk memasarkan bisnismu. Jika kamu ingin belajar tentang strategi memasarkan bisnis secara digital marketing kamu bisa belajar di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing . Di situ kamu akan dilatih untuk meningkatkan income hingga belasan juta rupiah. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.