Dengan BIM, PT Adhi Karya Menunjukkan Profesionalitas Dalam Dunia Konstruksi Demi Membangun Konektivitas Di Pulau Sumatera

Bernas.id - Jika sebelumnya rute perjalanan dari Kota Banda Aceh ke Sigli ditempuh dalam jarak 111 kilometer dan dalam waktu 3 jam, maka dengan adanya jalan tol Banda Aceh - Sigli yang sedang dalam proses pembangunan, perjalanan tersebut dapat ditempuh dalam waktu hanya 1.5 jam dan jarak tempuh 72 kilometer saja. Salah satu perusahaan yang terlibat dalam konstruksi Jalan Tol Banda Aceh - Sigli ini adalah PT Adhi Karya yang bekerjasama dengan pemilik proyek PT Hutama Karya.

Dibangun dalam 6 tahap dengan estimasi biaya total 12.35 triliun rupiah, Tim Departemen Infrastruktur 1 PT Adhi Karya menerapkan sistem BIM (Building Information Modelling) dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek jalan tol Banda Aceh - Sigli ini. Sebagai salah satu sistem yang sering diterapkan dalam proyek-proyek AEC (Architecture, Engineering, and Construction), PT Adhi Karya menerapkan BIM untuk mensimulasikan seluruh informasi proyek ke dalam proyek pembangunan 3 dimensi. 

BIM merupakan sebuah sistem informasi yang bekerja berdasarkan input yang akan memberikan bukan hanya sekedar pemodelan 3 dimensi dari konstruksi yang akan dibangun, namun sekaligus memberikan informasi tentang efisiensi biaya. Tidak hanya itu, dengan menerapkan BIM, PT Adhi Karya mampu mengeksplorasi metode rekayasa pembangunan konstruksi yang berbeda yang didasari analisis energi serta spesifikasi produk konstruksi secara otomatis. 

Dengan adanya BIM, tentu seluruh informasi menjadi tersimpan dalam satu tempat penyimpanan terpadu yang memudahkan kolaborasi dan alur informasi ke setiap bagian dari proyek dengan mudah. Hal ini tentu akan memudahkan seluruh pihak yang terlibat dalam proyek untuk mendeteksi jika ada persoalan di lapangan dan dengan cepat memberikan solusi yang tepat. Sehingga, tidak hanya tentang efisiensi biaya saja, tetapi Tim Departemen 1 PT Adhi Karya dapat memberikan solusi secara komprehensif yang menunjukkan kapabilitas dan kompetensi perusahaan dalam manajemen proyek. 

Saat ini, perkembangan pembangunan proyek Jalan Tol Banda Aceh - Sigli yang melewati 10 kecamatan telah mencapai hampir 30%. Diharapkan dengan adanya jalan tol ini, peran dan kontribusi PT Adhi Karya semakin nyata dalam membentuk muka bumi Indonesia sekaligus menjalin konektivitas antar daerah di pulau Sumatera. Diharapkan dengan selesainya proyek jalan tol ini, akan lebih menunjang peningkatan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up