Underpass Lintasan Gajah Menjadi Keunikan Jalan Tol Banda Aceh - Sigli

Bernas.id - Proyek Jalan Tol Banda Aceh - Sigli yang sedang dalam proses konstruksi memiliki keunikan tersendiri karena dibangun dengan mempertimbangkan kondisi ekosistem lingkungan. Underpass perlintasan gajah ini dibangun khusus di sektor 1 yang menghubungkan Lembah Seulawah dan Padang Tiji. 

PT Adhi Karya yang ikut terlibat dalam pembangunan underpass perlintasan gajah ini mendesain lintasan tersebut dengan dimensi yang mudah bagi mamalia bertubuh besar tersebut untuk dapat melintasinya. Jalan tol didesain dengan mempertimbangkan konstruksi yang tidak akan mengganggu gajah-gajah tersebut dapat berkeliaran dengan bebas di habitatnya. Underpass ini diestimasi dapat dilalui oleh sekawanan dengan jumlah sampai 100 ekor gajah. 

Tentunya, dalam mendesain underpass ini ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah informasi tentang lokasi-lokasi habitat dari kawanan gajah dan rute-rute yang biasa ditempuh saat berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap teknis pekerjaan serta metode rekayasa yang diperlukan dalam pembangunan underpass

Belum lagi kondisi tanah bebatuan keras yang mendominasi hampir seluruh wilayah yang dilewati jalan tol Banda Aceh - Sigli ini, sehingga tidak bisa memakai cara penanaman tiang pancang seperti yang biasa dilakukan di pembangunan jalan tol lain. PT Adhi Karya merekayasa pengecoran tiang bulat ke dalam tanah hingga kedalaman 20 meter. 

Metode rekayasa ini dirancang oleh Tim Departemen Infrastruktur 1 PT Adhi Karya menggunakan BIM (Building Information Management) dengan menginput berbagai data sehingga PT Adhi Karya dapat memberikan solusi konstruksi yang menyesuaikan dengan kondisi lapangan. Termasuk pertimbangan membuat underpass perlintasan gajah karena mempertimbangkan lingkungan habitat gajah yang dilewati oleh proyek jalan tol. 

Dengan nilai proyek mencapai 12.35 triliun rupiah, proyek jalan tol Banda Aceh - Sigli ini diperkirakan akan selesai pada bulan Maret 2021. Tentu akan menjadi pemandangan yang unik jika kita melintasi jalan tol dan di saat yang sama ada sekawanan gajah yang melintas di bawah jalan tol. 

Tidak hanya itu, diharapkan dengan pembangunan jalan tol ini akan meningkatkan perekonomian daerah dari 4% menjadi 5% lebih. Mengingat dengan selesainya jalan tol ini akan meningkatkan alur distribusi perdagangan dari kedua wilayah dengan lebih cepat. 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up