Engineer Explained PT. Adhi Karya: Kubah Masjid Agung Batam II Terbesar Di Indonesia

Bernas.id - PT. Adhi Karya menorehkan karya konstruksi megah dan prestisius dengan terbangunnya Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau yang lebih dikenal dengan Masjid Agung Batam II yang berlokasi di Batuaji, Batam. Masjid tersebut memiliki luas bangunan 57.114 meter persegi di atas lahan seluas kurang lebih 4 hektare. Diperkirakan, masjid ini akan mampu menampung 25.000 jamaah.

Keunikan masjid ini adalah memiliki kubah utama yang berukuran 63 meter persegi, yang saat ini merupakan kubah terbesar yang pernah dibangun di Indonesia. Begitu juga dengan menara setinggi 99 meter yang menjadi ciri khusus bangunan Masjid Agung Batam II ini. Tidak hanya itu, arsitektur dan bentuk konstruksi bangunan memiliki kekhasan desain perpaduan Arab dan Melayu, yang diestimasikan akan menjadi ikon wisata religi di wilayah Batam. 

Terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah yang memiliki payung membran, maka PT. Adhi Karya merekayasa pembangunan delapan payung membran dengan bentangan 25 meter. Payung membran ini lebih besar dari yang ada di Masjid Nabawi, dan dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan. Karya payung membran ini mampu menampung sebesar 8.000 jamaah yang akan melakukan kegiatan di plaza masjid tanpa harus merasakan panas terik matahari. 

Pada saat peresmian masjid di bulan September 2019, tidak hanya wisatawan domestik saja yang hadir, tetapi juga pengunjung dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Sayangnya, akibat adanya pandemi corona, saat ini Masjid Agung Batam II belum bisa dipakai untuk sholat Idul Fitri. Namun, tidak mengurangi antusias masyarakat yang ingin mengunjungi walau hanya bisa berfoto di depan nama masjid. 

PT Adhi Karya yang membangun masjid dengan konsultan pengawas PT Yodya Karya ini memastikan arsitektur bangunan yang mempertimbangkan kenyamanan para jamaah dalam beribadah. Terutama tempat berwudhu dan kamar mandi yang modern. Begitu juga dengan pengaturan ruang-ruang keagamaan, ruang imam, dan ruang kantor yang  menyesuaikan dengan alur datang dan keluarnya jamaah. 

Tidak kalah pentingnya adalah komposisi desain yang membuat setiap sudut bangunan memiliki pemandangan yang menarik untuk diabadikan. Konstruksi megah Masjid Agung Batam II ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika ingin eksplorasi ke setiap sudutnya. 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up