Berita Nasional Terpercaya

Jubir Pemerintah: Penularan Covid-19 Tetap Terjadi Melalui Droplet

0

BERNAS.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, merujuk dari rilis yang diterbitkan WHO, penularan Covid-19 masih dominan melalui droplet. Kendati begitu, penularan Covid-19 melalui udara (airborne) memang harus diwaspadai. 

?Dari beberapa informasi yang disampaikan WHO, diyakini bahwa penularan virus ini tetap terjadi melalui droplet,? ungkap Achmad Yurianto saat siaran pers di Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (12/7/2020) kemarin. 

Pria yang akrab disapa Yuri itu menyampaikan bahwa microdroplet ini yang berukuran lebih kecil dari droplet biasanya serta dapat melayang-layang di udara dalam waktu yang relatif lama. Apalagi di dalam ruangan dengan ventilasi ataupun sirkulasi udara yang tidak maksimal, microdoplet akan bertahan lama di udara. Perlindungan diri yang harus dilakukan adalah memakai masker. 

“Oleh karena itu penggunaan masker mutlak harus dilakukan. Harus dikerjakan, bukan face shield karena kita tahu pada microdroplet dia akan mengambang di udara,” tegasnya. 

Meski sudah memakai pelindung wajah (face shield), Yuri mengimbau supaya tetap mengenakan masker. Hal ini guna mencegah microdroplet yang ada dalam ruangan tertutup tersebut. Masker harus dipakai dengan benar, yakni menutupi hidung dan mulut. Ia mengingatkan agar tidak menyentuh area wajah, memegang bagian depan masker, ataupun malah menurunkan masker sampai ke dagu. 

Sebelumnya, Yuri telah memberikan tanggapan tentang penularan virus corona sudah mencapai level udara. Pihaknya telah memastikan hal ini dengan WHO. 

“Kekhawatiran masyarakat terkait sebaran penyakit ini yang diterjemahkan bisa disebarkan melalui udara, dari beberapa kali kami mencoba berkomunikasi dengan WHO, sebenarnya kasus ini (menyebar lewat udara) ini lebih cenderung disebarkan oleh microdroplet, droplet yang sangat kecil,” terangnya pada siaran pers, Jumat (10/7/2020) lalu. 

Percikan microdroplet dari orang yang terinfeksi virus corona dapat bertahan di dalam ruangan dengan sirkulasi udara buruk. Sehingga orang-orang yang berada di ruangan tersebut dan tidak terlindungi masker bisa berpotensi tertular Covid-19. Jika di dalam ruangan ada banyak orang, penting memakai masker dengan cara yang benar. Penggunaan masker juga tetap berlaku saat beraktivitas di luar ruangan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.