Transformasi Digital Menyambut Tahun Ajaran Baru Di Indonesian Edu Leaders Forum

Bernas.id - Pada akhir bulan Juni 2020, REFO Indonesia bekerjasama dengan Google for Education, mengadakan program pendampingan transformasi digital yang ditujukan untuk para pemimpin institusi pendidikan. Sebanyak 60 dari 311 pemimpin dari sekolah/institusi berbagai jenjang, terpilih untuk melakukan transformasi digital di bawah pengawasan Google for Education. 

Dimulai dari Visi

Transformasi digital bukan hanya sekedar memberikan gawai canggih kepada seseorang yang bisa di kemudian hari pintar menguasainya. Namun, transformasi digital harus dimulai dari visi sekolah/institusi yang dipimpin. Mau ke arah mana sekolah berjalan, apakah hanya sekedar memakai teknologi, atau mau bisa berproduktif dengan teknologi yang disediakan. 

Budaya Keterbukaan

Salah satu konsekuensi dari implementasi transformasi digital adalah adanya arus informasi yang lebih terbuka. Jika dulu setiap departemen dalam sebuah institusi saling tidak percaya dan lebih sering bekerja sendiri-sendiri, sekarang harus bisa saling percaya, yang akan membuka akses ke informasi penting. Hubungan orangtua dan guru bergantung pada keterbukaan informasi yang dimiliki. Tujuannya adalah agar sekolah/institusi bisa lebih cepat merespon perubahan yang membawa dampak besar di masyarakat. 

Budaya Berinovasi

Para pemimpin yang tergabung dalam program Indonesia Edu Leaders ini diminta untuk dapat mengidentifikasi serta melakukan budaya inovasi di lingkungan sekolahnya. Seringkali sekolah/institusi mengatakan bahwa sebagai lembaga formal, akan sangat sulit melakukan budaya inovasi. Misal pada pembelajaran, yang seringkali guru-guru masih terpaku pada pola lama saat belajar di sekolah, dan memakai cara yang sama saat mengajar jarak jauh. Akibatnya, murid menjadi bosan dan guru dituntut untuk mengembangkan budaya berinovasi.

Membangun Keberlanjutan 

Kondisi pandemi memaksa kita untuk beradaptasi dan mengadopsi kebiasaan baru. Kebiasaan belajar yang mengutamakan komunikasi dan kolaborasi di platform digital. Serta kebiasaan-kebiasaan baru yang akan berkelanjutan di program-program berikutnya. 

Menurut Steven Sutantro, perwakilan dari REFO Indonesia, Indonesia Edu Leaders Forum yang diadakan saat ini adalah angkatan yang pertama. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, pemimpin-pemimpin terpilih akan mampu menerapkan transformasi digital di sekolah/institusinya dengan lebih terarah dan terukur.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up