Berita Nasional Terpercaya

Waspada Microdroplet, Menko PMK Minta Khotbah Salat Jumat Dipersingkat

0

BERNAS.ID – Potensi penularan Covid-19 kini juga melalui udara (airborne). Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta agar khotbah salat Jumat dipersingkat. Hal ini bertujuan untuk menghindari microdroplet yang melayang-layang dan bertahan lama di ruang tertutup. Karenanya, tiap pertemuan pun perlu dibatasi.

“Termasuk juga khotbah Jumat atau khotbah di ruang tempat ibadat lain sebaiknya dipersingkat. Termasuk juga bacaan, yang biasanya panjang, kalau bisa diperpendek untuk hindari microdroplet itu,” ungkap Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/7/2020) kemarin. 

Muhadjir menambahkan dalam ruang tertutup ditambah lagi ada pendingin ruangan, microdroplet bisa bertahan sampai 20 menit. Microdroplet yang mengandung virus corona sangat berbahaya seperti yang disampaikan WHO. Masyarakat, katanya, perlu menghindari di ruang tertutup sebagai langkah antisipasi penularan virus corona. 

“Jadi kalau misal penceramah dia positif, dia ngomong satu jam di dalam ruang tertutup, kita bisa bayangkan berapa juta atau miliar Covid berterbangan. Kemudian orang kalau enggak pakai masker bisa mengisap itu, dan itu menjadi sumber microdroplet,” sambung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

Baca Juga Jubir Pemerintah: Penularan Covid-19 Tetap Terjadi Melalui Droplet

Sampai saat ini antisipasi yang bisa dilakukan adalah memakai masker dengan benar, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan. Apalagi penularan Covid-19 didominasi dari orang tanpa gejala. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.