Berita Nasional Terpercaya

3 Cara Siasati Kebutuhan Darurat di Masa Pandemi Tanpa Rusak Skala Prioritas

0

Bernas.id ? Di saat kamu sudah belajar untuk mengatur skala prioritas pengeluaran dan kebutuhanmu tapi mendadak ada kebutuhan darurat, apa yang harus kamu lakukan? Tentu awalnya kamu merasa bingung karena kebutuhan yang sudah kamu susun sedemikian rupa harus diganggu untuk kebutuhan tak terduga. Di sisi lain, kebutuhan darurat itu tentu tidak bsia diabaikan. Namanya darurat tentu untuk sesuatu yang penting dan tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Jangan panik. Ikuti 3 langkah berikut agar keuangan kamu tetap aman di masa pandemik.

1. Lakukan Subsidi Silang

Cara pertama, kamu bisa melakukan subdisi silang dari pos pengeluaran kamu yang lain. Misalnya, mengambil dari pos entertaiment atau dana hiburan kamu. Kamu tidak perlu mengambil semuanya tapi sebagian saja. Untuk urusan darurat tentu tidak mengapa kan menahan dulu kebutuhan untuk senang-senang. Selain itu, kamu bisa menambahakn dari pos pengeluaran lain yang masih bisa dikurangi atau bahkan dicut sama sekali untuk kebutuhan darurat.

2. Memakai Dana Darurat untuk Kebutuhan Mendesak

Memang, dana darurat tujuannya dipakai untuk kebutuhan mendesak atau tak terduga. Menurut saran pakar, idealnya kamu harus punya dana darurat untuk 6-12 bulan ke depan sebesar tiga kali pengeluaran wajib bulanan. Perhitungan itu untuk orang yang berstatus single atau belum menikah.

Anggap saja kebutuhan bulanan kamu 3 juta maka kamu harus punya dana darurat sebesar 9 juta rupiah. Nah, jika ada kebutuhan mendesak kamu bisa menggunakan dana daruratmu itu. Jika ternyata kebutuhan mendesak terjadi berturut-turut maka terpaksa dana darurat harus digunakan dengan porsi bersar pula.

3. Melakukan Evaluasi Rencana Keuanganmu

Tidak perlu putus asa jika kamu meraka bahwa rencana keuanganmu tidak berjalan mulus. Tetap lakukan perencanaan keuangan karena itu dapat menyelamatkan kebutuhanmu di masa depan. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan evaluasi rencana keuangan. Justru, rencana keuangan memang harus dievaluasi setiap bulan. Hal itu diperlukan untuk melihat kembali apakah pos-pos yang kamu buat sudah tepat apa belum.

Itulah 3 tips keuangan yang bisa kamu terapkan dalam membuat perencanaan keuangan di masa pandemi covid-19 ini. Tetap jaga kesehatan dan bijak menggunakan uang. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.