Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Lancar Kuliah Online di Era Adaptasi Kebiasaan baru

0

Bernas.id – Era adaptasi kebiasaan baru atau sebelumnya disebut new normal tidak lantas membuat masyarakat bebas beraktivitas. Perekononiam pelan-pelan dijalankan, demikian juga dengan pendidikan namun tetap dengan berbagai batasan karena virus belum hilang.

Begitu juga dengan kuliah dan kehidupan kampus. Mahasiwa belum diperbolehkan untuk kuliah tatap muka di kelas. Kampus diminta untuk menyelenggarakan kuliah secara daring. Hal itu sangat bisa dimaklumi karena di masa lockdown atau PSBB kemarin kebanyakan mahasiswa kembali ke daerahnya masing-masing.

Tentu, sangat berisiko jika mahasiswa yang sudah tersebar di berbagai daerah tadi harus kembali ke kota tempat mereka kuliah. Selain tidak aman, protokol yang harus diikuti juga sangat ketat, harus rapid tes, karantina mandiri, dan lain sebagainya.

Mungkin kamu sudah mulai bosan dan jenuh dengan kuliah daring. Jangan sedih, agar kamu lancar mengikuti kuliah daring, simak dulu 5 tips berikut ini.

1. Buat Reminder Jadwal Kuliah Online

Pengalaman kuliah daring semester lalu pastilah beragam. Diantara kamu mungkin ada yang ketiduran, lupa kuliah karena keasyikan main game, kuliah dengan atasan rapi tapi bawahan celana pendek, dan cerita seru lainnya. Yang perlu kamu ingat adalah meskipun kuliah dilakukan di rumah kamu tetap harus menjalani dengan serius. Agar tidak lupa, catatlah jadwal kuliahmu di tempat yang mudah terlihat. Jika di kamar tidak cukup kamu bisa menempelnya di pintu kulkas agar keluargamu juga bisa mengingatkan kalau kamu lupa.

Selain itu, buatlah reminder atau alarm di HP kamu agar kamu ingat bahwa ada kelas hari itu. Ingat, perkuliahan online juga ada presensinya agar dosen bisa mengecek kehadiranmu dalam perkuliahan online tersebut. So, jangan sampai kamu bolos, ya.

2. Mengumpulkan Tugas Ontime

Bukan hanya kuliah yang harus ontime tapi juga pengumpulan tugas. Catat dengan baik waktu pengumpulan tugas setiap mata kuliah agar tidak ada yang terlewat. Kuliah daring ini memang mau tidak mau membuatmu harus mengerjakan banyak tugas. Hal itu bukan karena dosennya malas mengajar tapi waktu perkuliahan tidak mungkin benar-benar durasinya dilaksanakan secara daring. Waktu lainnya itu dikonversi dalam bentuk tugas. Selain itu, tugas juga akan membuat mahassiwa belajar secara mandiri.

3. Simak Materi Kuliah Daring dengan Serius

Kuliah di rumah bukan berarti kamu bisa seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Sekadar hadir dan absen secara daring kemudian sudah. Semangatmu dalam menyimak materi dosen harus sama dengan saat kuliah tatap muka di kelas. Ingat, kuliah daring ini juga memberikan kamu kemudahan, lho. kamu bisa melakukan sambil selonjoran, sambil minum atau makan, tak perlu mandi, dan hal-hal santai lainnya. Sudah santai tidak perlu duduk sopan maka kamu harus mengikuti materi dengan serius dong, ya.

4. Membuat Catatan Penting tentang Materi Perkuliahan

Meskipun file materi dalam kuliah daring terdokumentasi dengan baik, tetap saja kamu harus membuat catatan versi kamu sendiri. Jangan hanya hanya menyimak materi saja, kamu juga wajib untuk mencatat hal penting dalam materi perkuliahan. Catatan itu bermanfaat untuk mendapatkan poin-poin penting saat penyampaian materi online tersebut.

5. Cari Ruangan yang Nyaman untuk Kuliah di Rumah

Atmosfer rumah memang untuk istirahat, bersantai, mengobrol dengan keluarga. Ketika rumah harus menjadi tempat kuliah mungkin ada sedikit kendala karena kamu harus mencari ruangan yang nyaman. Selain nyaman, kamu juga perlu fokus dan konsentrasi untuk kuliah. Oleh karena itu, carilah salah satu sudut rumah yang bisa membuatmu nyaman sekaligus fokus untuk kuliah di rumah. Dengan demikian, konsentrasimu tidak gampang teralih saat kuliah sedang berlangsung.

Perguruan tinggi yang juga menyelenggarakan kuliah daring adalah Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA Mahakarya Asia. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA Mahakarya dan ambil bagian dari kesuksesan yang luar biasa ini. Let’s join us! UNMAHA Mahakarya Asia, Kampus Pencetak Pengusaha pertama dan satu-satunya di Indonesia. Cek info lengkapnya di https://bernas.info/BeasiswaKampusPencetakPengusaha. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.