Berita Nasional Terpercaya

Tak Ingin Jadi Karyawan? 5 Jurusan Kuliah Berikut Bisa Mengantarkanmu Menjadi Entrepreneur!

0

Bernas.id ? Bicara soal pekerjaan, memang tidak ada batasnya. Berjuta jenis pekerjaan yang bisa menjadi mata pencaharian seseorang. Beberapa orang memilih menjadi karyawan karena tidak memikirkan risiko untung rugi. Karyawan bisa mengandalkan gaji bulanan yang relatif stabil. Biasanya seorang karyawan harus menunggu beberapa tahun agar gajinya naik, itu pun jika perusahaan mengalami kemajuan. Jika tidak berkembang, bukan gaji yang naik justru karyawan bisa terancam di-PHK. Sudah konsekuesi seorang karyawan, sih persoalan PHK ini. Meskipun di-PHK seorang karyawan tidak mengalami kerugian materiil, hanya saja harus kehilangan pekerjaan. Setelah itu bisa mencari pekerjaan lagi di perusahaan lain.

Saat ini mencari pekerjaan sangatlah sulit, terlebih bagi yang belum memiliki pengalaman. Pasti akan tergeser oleh mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Jika seseorang hanya mengandalkan lowongan pekerjaan yang jumlahnya tidak sebanding dengan pelamar pekerjaan, dipastikan peluang diterima semakin kecil. Akhirnya angka pengangguran semakin meningkat.

Melihat kondisi tersebut yang bisa dilakukan oleh anak muda yaitu mempersiapkan untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. Menjadi pengusaha tidak terikat oleh perusahaan artinya kegigihan kita menentukan kesuksesan. Selain itu, bisnis juga bisa dikembangkan sehingga memperbesar income kita. Bisa dikatakan gaji pengusaha lebih besar daripada karyawan. Namun, menjadi pengusaha juga memiliki risiko yang tidak dialami oleh seorang karyawan.

Pengusaha dan bisnis memang rentan terhadap kebangkrutan, jika tidak memiliki pengalaman dan keahlian yang memadai. Jika ingin menjadi pengusaha, Anda harus mempersiapkannya sejak awal dengan mengambil program studi yang berkaitan dengan bisnis dan pengusaha. Berikut 5 jurusan yang bisa Anda ambil untuk mengantarkan menjadi seorang pengusaha:

1. Pendidikan

Jangan salah! Memang sebagian besar mahasiswa lulusan program pendidikan menjadi pengajar. Namun, sebenarnya tidak. Anda bisa membuka lembaga bimbingan belajar. Apalagi saat ini lembaga bimbingan belajar sudah merambah ke dunia online. Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk membuka usaha ini. Lembaga bimbingan belajar yang berkualitas tentunya membutuhkan pengajar yang berkualitas pula, bukan?

2. Tata Boga

Siapa bilang jurusan tata boga hanya berakhir menjadi chef? Eh, tunggu dulu seorang chef pun gajinya besar, loh. Apalagi sekalian mendirikan rumah makan. Pasti double keuntungannya. Semua orang tahu bisnis kuliner sangat menjanjikan apalagi jika selalu terdapat inovasi. Urusan masak memasak tidak hanya bagi seorang wanita, loh. Banyak juga chef terkenal justru dari kaum laki-laki. So, jangan khawatir mengambil jurusan tata boga, ya!

3. Farmasi

Hanya seorang apoteker yang bisa membukaapotek. Keahlian meracik obat dan familiar dengan petunjuk obat sehingga Anda mampu melayani pelangganmu secara maksimal. Bisnis di bidang kesehatan, membuka apotek salah satunya merupakan bisnis yang menggiurkan. Anda bisa meraup keuntungan lebih jika menyertakan praktik atau semacam konsultasi di apotek Anda. Hal ini bisa menjadi nilai plus di mata konsumen.

4. Agribisnis

Kuliah di jurusan pertanian memungkinkan Anda berbisnis, loh. Apalagi bisnis di bidang pertanian merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan pangan. Dengan keahlian yang Anda miliki, Anda bisa berinovasi di dunia pertanian yang pastinya pendapatannya juga besar.

5. Pariwisata

Indonesia merupakan negara yang kaya akan destinasi alamnya. Ini berpeluang besar di sektor pariwisata tentunya. Hal yang berkaitan dengan wisata salah satunya adalah perhotelan. Oleh sebab itu, Anda berkesempatan besar mendirikan bisnis yang berhubungan dengan pariwisata dan perhotelan dengan kuliah di jurusan perhotelan. Jangan tanya pengahasilannya. Jelas besar, dong!

Universitas Mahakarya Asia merupakan salah satu universitas di Indonesia yang memiliki jurusan D3 Perhotelan. Raih kesempatan emas dengan kuliah di jurusan ini. Daftar sekarang di Universitas Mahakarya Asia Yogyakarta, Jakarta, dan Baturaja!

Leave A Reply

Your email address will not be published.