Berita Nasional Terpercaya

Belajar dari Laksana dengan Bus Jaga Jarak: Inovasi Tanpa Henti Menjadi Kunci Bertahan dari Pandemi

0

Bernas.id – Datangnya pandemi Covid-19 yang tidak diduga sebelumnya membuat dunia bisnis tidak siap dengan konsekuensinya. Perubahan yang ditimbulkan oleh pandemi ini sangat drastis, bukan hanya karena terbatasnya kegiatan masyarakat. Namun, karena adanya norma baru yang sekarang harus dilakukan berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Belum lagi dengan turunnya daya beli masyarakat dan jumlah pesanan sangat rendah, banyak perusahaan tidak mampu meneruskan kegiatan operasional. 

Begitu juga yang terjadi pada Laksana sebagai penyedia produk karoseri dan bus yang di awal tahun sempat mengekspor bus ke berbagai negara dan melayani banyak permintaan bus-bus pariwisata. Saat pandemi datang, Laksana pun mengalami kesulitan dengan terhentinya permintaan produksi bus dan tetap harus memikirkan karyawan agar tidak terjadi PHK.

Perusahaan karoseri yang sudah memiliki reputasi internasional ini pun tak tinggal diam selama masa pandemi ini. Sesuai kalimat slogan Laksana, Leading Through Innovation, yang berarti menjadi yang terdepan melalui inovasi, maka perusahaan pun mengerahkan upaya untuk tetap bisa memberikan desain-desain bus yang menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat. 

Salah satunya adalah dengan mengeluarkan desain bus yang memfasilitasi ketentuan jaga jarak, yaitu bus seri Legacy SR2 dengan susunan kursi 1-1-1 berjajar ke belakang. Kursi tersebut terpisah sejauh badan orang dewasa dan tentu saja desain bus ini tidak memberikan ruang bagi penumpang untuk berdiri di sela-sela kursi. Tidak ada pegangan yang biasanya tergantung dari bagian atas bus untuk penumpang yang berdiri. 

Untuk penutup kursi dibuat dari bahan yang mudah disterilkan serta tidak menggunakan bahan yang memudahkan virus menempel ke badan kursi. Di dalam bus juga terpasang sistem pemurnian udara yang diletakkan di sela-sela kursi dengan warna hitam, yang dapat membersihkan udara secara berkala. Tidak hanya itu, bus ini juga dilengkapi dengan lampu ultraviolet yang membantu proses desinfeksi interior bus. 

Perusahaan karoseri Laksana yang baru saja merayakan 43 tahun eksistensinya di industri transportasi massal menunjukkan bahwa inovasi dan kemampuan perusahaan untuk bisa beradaptasi dengan cepat di masa pandemi ini yang akan bisa membuat perusahaan bertahan. Inovasi yang mengarah kepada pengguna, berempati terhadap kebutuhan pengguna hingga memberikan pengalaman perjalanan yang mengesankan pengguna, akan menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.