close

Sambut Kebiasan Normal Baru, Inilah 5 Perlengkapan Wajib Saat Piknik

Sambut Kebiasan Normal Baru, Inilah 5 Perlengkapan Wajib Saat Piknik

Bernas.id – Sejak pertengahan Maret lalu Indonesia diserang pandemi virus corona penyebab penyakut covid-19. Indonesia tidak sendiri, seluruh negara di dunia pun mengalami. Setelah kurang lebih 2 bulan diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kini Indonesia akan memasuki masa kebiasaan normal baru atau sering disebut new normal.

Masyarakat sudah mulai boleh beraktivitsa di luar rumah. Roda perekonomian pun perlahan dibuka, mulai dari mall, pertokoan, pasar, kantor, dan lain sebagainya. Pembatasan dan protokol kesehatan juga dilaksanakan demi mencegah penyebaran virus corona.

Salah satu yang dirindukan oleh masyarakat adalah pikinik atau berwisata. Agar tetap aman saat piknik inilah 5 perlengkapan wajib yang harus dibawa saat piknik di tengah pandemi.

1. Masker Kesehatan

Benda wajib yang harus dimiliki saat ini adalah masker. Kamu bisa memakai masker medis atau masker kain. Namun, agar peruntukkan masker medis untuk dokter dan tenaga kesehatan lainnya, kamu cukup memakai masker kain.

Virus corona ditularkan melalui percikan ludah atau droplet sehingga menggunakan masker bisa untuk melindungi diri sendiri sekaligus orang lain. Pakailah masker dengan cara yang benar. Ganti masker secara rutin setiap 43-4 jam sekali.

Cucci tangan sebelum menggunakan masker. Lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen.

2. Hand Sanitizer

Cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun adalah pencegahan yang sangat baik. Jika tidak bisa menemukan air kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk membuat tanganmu higienis. Pakailah hand sanitizer setelah kamu memegang benda-benda yang biasanya dipegang orang banyak. Simpan selalu hands sanitizer di dalam tas dan jangan sampai tertinggal.

3. Sarung Tangan

Untuk mencegah tangan kita bersentuhan dengan benda-benda yang mungkin terpapar virus adalah dengan menggunakan sarung tangan. Kenakan sarung tangan jika dirasa perlu karena jika tidak malah jadi media penyebaran virus.

Sarung tangan lateks jika dipakai sembarangan malah berpotensi terinfeksi virus Corona. Virus akan menempel pada sarung tangan dan bisa berpindah. Virus di sarung tangan tanpa sadar bisa berpindah ke benda-benda lain, seperti wajah, masker, ponsel, dompet hingga pakaian. Benda-benda yang dipegang dengan sarung tangan pun bisa terkontaminasi virus dan berbahaya bagi orang lain yang kemudian menyentuhnya.

Jika memang perlu, pastikan sudah mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer sebelum pakai sarung tangan. Pastikan juga sarung tangan dalam keadaan baik, tidak robek, kotor, dan berubah warna terutama pada sarung tangan lateks. Tarik sarung tangan sampai ke pergelangan.

Jika ingin membukanya, lepas sarung tangan dari dalam ke luar untuk menghindari kontaminasi virus di permukaan luarnya dengan hati-hati. Setelah itu, sarung tangan harus langsung dibuang jangan disimpan lagi.

4. Topi Face Shield

Setelah masker yang semua orang punya, benda selanjutnya adalag face shield. Penutup wajah ini tadinya hanya dipakai oleh petugas kesehatan. Namun, lama-kelamaan, banyak orang memproduksi face shield yang bisa dipakai oleh orang umum. Berbagai ukuran face shield tersedia, dari mulai dewasa, anak-anak, bahkan bayi. Face shiled juga dinilai efektif untuk melindungi wajah dari percikan droplet.  

Face shield harus memenui strandar protokol kesehatan ayitu harus dibuat sampai bawah dagu. Selain itu, face shield juga harus menutupi telinga dan tidak ada celah yang terbuka antara dahi dan pelindung wajah.

5. Helm

Di tengah pandemi covid-19 ini membawa helm pribadi adalah hal wajib jika kamu pengguna ojek online. Membawa helm sendiri jauh lebih aman. Sejumlah ojek online pun kemudian ada sejumlah aturan yang diberlakukan, salah satunya dengan membawa helm sendiri.

Menyambut era kebiasaan baru atau new normal memang membawa rasa optimis tersendiri. Kita tidak mungkin terus-terusan bersembunyi dan menghindar dari pandemi. Namun disiplin diri harus ditaati. Lakukan protokol kesehatan dengan tepat. Ingat, sikap bertanggung jawab kita akan turut membantu dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang berjuang di garda depan. (snt)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru