Berita Nasional Terpercaya

Swab Test untuk Petugas Lapangan Kota Jogja Segera Dilanjutkan

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta akan melanjutkan swab test atau tes usap untuk petugas lapangan yang juga dinilai memiliki risiko terpapar virus corona. Ini merupakan lanjutan tes usap untuk ratusan petugas medis dan nonmedis yang bekerja di seluruh puskesmas di Kota Jogja.

?Untuk pelaksanaannya masih menunggu penjadwalan karena kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah DIY,? kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, Rabu (22/7/2020).

Menurut Heroe, Pemerintah Kota Yogyakarta memperoleh kuota untuk 1.700 tes usap dan sudah dimanfaatkan untuk sekitar 900 petugas sehingga masih ada sisa yang bisa digunakan bagi petugas lapangan.

Petugas lapangan tersebut di antaranya adalah personel Satuan Polisi Pamong Praja, personel keamanan di Malioboro atau Jogoboro, petugas Dinas Perhubungan, dan petugas Public Safety Center (PSC) 119 yang berhubungan langsung dengan penanganan kegawatdaruratan medis.

?Petugas lapangan juga menjadi prioritas supaya kami pun dapat memastikan kondisi kesehatan mereka karena selalu berhubungan dengan banyak masyarakat secara langsung,? ungkapnya.

Sebelumnya, hasil tes usap untuk sekitar 900 petugas medis dan nonmedis yang bertugas di puskesmas di Kota Yogyakarta seluruhnya menunjukkan hasil negatif.

Selain tes usap, sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta baik kepala dinas hingga pegawai di kelurahan dan kecamatan juga menjalani rapid test atau tes cepat. Hasilnya, sebanyak 14 pegawai dinyatakan reaktif.

?Mereka langsung menjalani tes usap dan kami masih menunggu hasilnya. Secara umum, kondisi kesehatan mereka baik dan seluruhnya menjalani isolasi mandiri,? kata Heroe.

Ia menambahkan, kegiatan tracing menjadi kunci dalam pengendalian penularan virus corona di Kota Yogyakarta sehingga kasus tidak semakin melebar. ?Rerata positivity rate di Kota Yogyakarta adalah sekitar tiga persen,? katanya.

Berdasarkan data hingga Selasa (21/7) sore tidak ada tambahan pasien positif sehingga jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Yogyakarta yang masih menjalani perawatan sebanyak tiga orang, 38 pasien sembuh, dan dua meninggal dunia. Selain itu ada tambahan enam orang kontak erat dan dua suspek. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.