Berita Nasional Terpercaya

BPBD DIY Siap Penuhi Permintaan Warga untuk Distribusi Air Bersih

0

YOGYA, BERNAS.ID– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini menunggu permintaan masyarakat yang membutuhkan pasokan air bersih untuk mengantisipasi potensi bencana kekeringan di sejumlah wilayah di DIY.

“Sampai saat ini distribusi air bersih belum ada. Kami menunggu permintaan dari warga kemudian akan kami analisis mana yang stok airnya menipis,” kata Koordinator Bidang Operasi Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Endro Sambodo, Jumat (24/7/2020).

Ia mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengenai pelambatan atau pengurangan curah hujan secara spesifik di DIY.

Menurut Endro, hingga saat ini kemarau yang terjadi di DIY masih bersifat basah yang diperkirakan memiliki dampak berbeda dengan kemarau 2019.

“Misalnya hujan mulai menipis mestinya BPBD mendapatkan 'warning' dari BMKG,” katanya.

Walau demikian, untuk kesiapsiagaan BPBD DIY, pemetaan wilayah untuk keperluan droping air nantinya cukup menggunakan data wilayah terdampak kekeringan pada 2019.

Selain itu, aspek sarana prasarana untuk penanganan kekeringan seperti armada tangki milik BPBD DIY yang berjumlah tiga unit menurut Endro siap dioperasikan apabila sewaktu-waktu diperlukan.

“Akan tetapi, sampai saat ini fokus kami masih pada penanganan bencana COVID-19,” katanya.

Sebelumnya, BMKG Yogyakarta menyebutkan sejumlah wilayah di DIY berstatus siaga terhadap potensi bencana kekeringan meteorologis. Ini disebabkan berkurangnya curah hujan dari keadaan normalnya dalam jangka waktu yang panjang bisa bulanan, dua bulanan, atau lebih. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.