Berita Nasional Terpercaya

Pengamat Politik Anjurkan Cakada Bebas Soal Hukum

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Penjaringan orang nomor satu di Kalimantan Tengah terus bergulir, PDIP menjadi satu satunya partai yang dapat mengusung calonnya sendiri. Namun hingga saat ini Partai berlambang Banteng tersebut belum mengumumkan siapa yang akan menempati kursi calon Gubernur Kalteng.

Terkait peta politik pilkada Kalteng, Pengamat politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam menilai diantara sejumlah nama yang mencuat, nama petahana Sugianto Sabran dan mantan Walikota Palangkaraya Riban Satia menarik untuk dicermati.

Menurutnya, Kedua calon tersebut tentu memiliki plus minus, dan sama-sama memiliki peluang. Namun salah satu untuk melihat siapa yang layak dipilih tentu kita bisa melihat rekam jejak kandidat. 

?Nah inilah yang perlu dicermati. Salah satu pertimbangan partai dalam memberikan rekomendasi dukungan sebagai bagian menerapkan “screening” kaderisasi, dan bagi masyarakat kepemimpinan yang bebas dari masalah hukum akan memudahkan selama memimpin?, ujar Arif dalam keteranganya, Jumat (24/7/2020).

Soal sosok kepemimpinan, menurut Arif, Kalteng membutuhkan pemimpin yang dapat menjawab persoalan masyarakat, memberikan solusi untuk meningkatkan kesejahteraan warga, dan yang utama menempatkan warga Kalteng sebagai subjek pembangunan, bukan sekadar objek pembangunan.

“Karena itu, Kalteng mesti memiliki pemimpin yang peka terhadap persoalan masyarakat, memahami karakter dan persoalan kalteng, aspiratif terhadap suara publik, mengedepankan pembangunan yang ramah lingkungan, dan mampu mengakselerasi kemajuan di semua bidang, khususnya sektor-sektor strategis seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, perdagangan,” paparnya 

Isu isu krusial seperti tanah adat, pengelolaan amdal dan ekpansi korporasi ke hutan-hutan yang mengganggu ekosistem pun harus menjadi agenda bagi paslon calon Gubernur Kalteng.(fir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.