Berita Nasional Terpercaya

7 Bidang Usaha di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Berkesempatan Dapatkan Bantuan Insentif Pemerintah Hingga 200 Juta Rupiah

0

Bernas.id – Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah memberikan dukungan serta finansial berupa bantuan kepada beberapa instansi yang dinilai mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga akan memberikan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP 2020) kepada 7 bidang usaha di sektor parekraf. Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) bisa didapatkan melalui beberapa tahap dan seleksi oleh tim Kemenparekraf. 7 bidang usaha tersebut diantaranya adalah:

  • Usaha di bidang kriya
  • Usaha di bidang kuliner
  • Usaha di bidang Fashion
  • Usaha di bidang aplikasi
  • Usaha di bidang game developer
  • Usaha di bidang film/video dan animasi
  • Usaha sektor pariwisata khususnya usaha homestay dan usaha wisata di desa wisata

Bukan hanya usaha yang memiliki badan hukum saja yang berkesempatan mendapatkan BIP ini. Usaha yang belum memiliki badan hukum pun juga berkesempatan mendapatan BIP dan masuk dalam Kategori Afirmatif dengan jumlah bantuan maksimal Rp100 juta. Sementara usaha yang telah memiliki badan hukum masuk Kategori Reguler dengan jumlah bantuan maksimal Rp200 juta. Proses penerimaan BIP cukup lama, karena ditentukan secara selektif. Jika Anda memiliki salah satu bidang usaha di atas dan ingin mendapatkan BIP, sebaiknya lengkapi semua isian persyaratan dan unggah dokumen kelengkapan jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran untuk mengurangi risiko gagal unggah.

Berikut beberapa tahapan pengajuan Bantuan Insentif Pemerintahan 2020:

1. Daftar Online

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka website resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di https://bip.kemenparekraf.go.id/

Formulir pendaftaran bisa didownload dengan klik di link pendaftaran. Pendaftaran sudah dimulai sejak tanggal 9 Juli 2020 dan berakhir pada tanggal 7 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

2. Seleksi Administrasi dan Kurasi Proposal

Setelah berhasil menggunggah, data administrasi dan substansi proposal usaha Anda akan diseleksi oleh tim Kemenparekraf.

3. Seleksi Wawancara

Jika Anda lolos pada tahap seleksi administrasi dan kurasi proposal, Anda akan diundang untuk presentasi konsep dan rencana penggunaan dana selama satu tahun ke depan.

4. Cek Lokasi

Bagi yang lolos di tahap seleksi wawancara, tim Kemenparekraf akan mendatangi langsung usaha-usaha untuk mengecek kondisi dan lokasi usaha sesuai yang dilaporkan.

5. Pengumuman Calon Penerima BIP 2020

Ketika semua sudah sesuai dan memenuhi kriteria, calon penerima BIP akan mendapatkan pemberitahuan secara resmi melalui website, email, dan kontak resmi tim.

6. Penandatanganan Perjanjian

Calon penerima BIP melakukan pengikatan komitmen dalam PKS dengan Kemenparekraf.

7. Pencairan Dana

Dana dicairkan ke penerima BIP untuk kemudian digunakan sesuai kebutuhan.

8. Pelaporan Pertanggungjawaban

Penerima BIP membuat lapora capaian kinerja, perkembangan usaha dan lain sebagainya sesuai petunjuk teknis.

9. Monitoring Evaluasi

Tim Kemenparekraf akan melakukan evaluasi dana bantuan setelah pencairan berdasarkan kesesuaian antara perencanaan dan implementasi penyerapan anggaran dan penyerapan target pengeluaran. Makanya perencanaan Anda harus matang dan sesuai dengan kebutuhan.

Di tahun 2019 jumlah pelaku usaha yang mendapatkan BIP adalah sebagai berikut

  • Bidang kriya sebanyak 304 usaha
  • Bidang Fashion sebanyak 320 usaha
  • Bidang Kuliner sebanyak 789 usaha
  • Bidang Aplikasi sebanyak 234 usaha
  • Bidang Game Developer sebanyak 24 usaha
  • Bidang Film sebanyak 90 usaha

Di tahun 2020 Kemenparekraf memberikan program khusus di bidang usaha homestay dan usaha pariwisata di desa wisata. Desa adalah tonggok perekonomian nasional yang dimulai dari bawah yang diprediksi mampu menggerakkan ekonomi nasional, mengingat di desa masih memiliki SDA yang melimpah. Untuk mengoptimalkan SDA yang ada di desa, dibutuhkan SDM yang memadai serta keahlian khusus di bidang pariwisata. Universitas Mahakarya Asia memiliki program studi D3 Perhotelan akan membantu anak muda mewujudkan desa yang lebih maju dengan mengangkat sektor pariwisatanya. Karena Indonesia masih memiliki alam yang natural sehingga sangat berpotensi menjadi sektor pariwisata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.