KAI Siapkan Layanan Rapid Test Covid-19 Di Stasiun, Bayar Rp 85 Ribu

BERNAS.ID - Calon penumpang kereta api jarak jauh dapat melakukan rapid test Covid-19 di stasiun keberangkatan mulai hari ini, Senin (27/72020). Pada tahap awal, pelaksanaan rapid test Covid-19 dimulai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Nantinya, secara bertahap akan dilakukan di 12 stasiun lainnya.

Tersedianya layanan rapid test dengan harga terjangkau sebagai upaya meningkatkan pelayanan kereta api termasuk penerapan protokol kesehatan Covid-19. Adapun penyelenggaraan rapid test Covid-19 di stasiun merupakan kerja sama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). Hal ini untuk mengantisipasi calon penumpang kereta api yang belum melakukan rapid test, maka dapat melakukannya di stasiun. Rapid test Covid-19 di stasiun dikenakan biaya Rp 85.000.

Pelayanan rapid test di stasiun tidak berlangsung 24 jam. Rapid test hanya berlangsung pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Jika ingin melakukan pemeriksaan di stasiun, calon penumpang kereta api perlu mengatur waktu sampai di stasiun. Maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Sementara, jika akan melakukan perjalanan pagi, bisa melakukan rapid test sehari sebelum keberangkatan. 

“Kalau mau datang di hari keberangkatan bisa, tapi kami imbau paling lambat 30 menit sebelumnya karena kan harus menunggu pelayanan,” ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip Bernas.Id, Senin (27/7/2020). 

Stasiun Tugu dan Solo Balapan

Penyediaan layanan rapid test memang akan diawali dari Stasiun Pasar Senen lalu menyusul Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Madiun, Surabaya Gubeng, Pasarturi, Malang. Sementara itu, PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta akan menyiapkan layanan rapid test di Stasiun Tugu dan Solo Balapan untuk penumpang kereta api jarak jauh.

“Tentunya layanan ini untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang yang akan memanfaatkan moda transportasi kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru,” terang Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Minggu (26/7/2020) kemarin. 

Syarat rapid test di stasiun, calon penumpang kereta api jarak jauh cukup menunjukkan kepemilikan kode booking tiket kereta api. Pihaknya berharap layanan rapid test di stasiun dapat memudahkna mobilitas masyarakat dengan tetap menjaga kesehatan, kesehatan, dan keselamatan seluruh pengguna transportasi kereta api. 

Ia pun berharap, layanan tersebut akan memudahkan mobilitas masyarakat dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, kenyamanan, kesehatan dan keselamatan seluruh pengguna moda transportasi kereta. (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up