Berita Nasional Terpercaya

Klaster Penyumbang Kenaikan Kasus Konfirmasi Covid-19, Ini Penjelasan Jubir Satgas

0

BERNAS.ID – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai100.303 orang per Senin (27/7/2020). Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan sejumlah tempat yang menjadi klaster penyebaran Covid-19. Dikatakan Wiku, klaster itu menimbulkan kerumunan orang sehingga rawan akan penularan virus corona. 

“Klaster penyumbang kenaikan kasus di Indonesia prinsipnya terkait kerumuman,” ujar Wiku. 

Klaster menjadi penyumbang penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di berbagai daerah. Tempat yang dimaksud menjadi klaster penyebaran Covid-19 antara lain pasar, perkantoran, pelelangan ikan, pesantren, fasilitas kesehatan, mal. Adapula acara seminar maupun tempat ibadah yang juga menjadi klaster penyebaran Covid-19. Oleh karenanya, ia meminta kerja sama satgas daerah, masyarakat, dan lembaga atau penyedia fasilitas terkait untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Ini agar betul-betul monitoring dan evaluasi. Kalau ada peningkatan kasus, berarti ada yang tidak sempurna pelaksanaannya,” ungkap Wiku dalam video conference dari Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/7/2020).

“Mohon petugas dikerahkan disiplin warga atau orang yang bekerja di situ karena untuk inilah kita kerja sama menekan kasus corona sehingga klaster-klaster ini tidak menonjol lagi,” lanjutnya sebagaimana dikutip Bernas.Id. 

Masyarakat diminta agar tetap jaga jarak, menghindari kerumunan, dan melindungi diri dengan cara memakai masker. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.