Hindari Klaster Perkantoran, Begini Saran Ketua Satgas Covid-19

BERNAS.ID - Klaster perkantoran dikhawatirkan terus bertambah mengingat masyarakat mulai diizinkan bekerja kembali di kantor. Apalagi belakangan, klaster perkantoran menjadi salah satu penyumbang kenaikan kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia. 

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo pun meminta seluruh perusahaan menaati sistem sif kerja untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Perkantoran sudah kita ingatkan agar seluruh perkantoran menaati pembagian kerja dua sif," terang Doni Monardo dalam video conference usai rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (27/7/2020) kemarin. 

Adapun ketentuan jam kerja di tengah pendemi Covid-19 tertuang dalam Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengaturan Jam Kerja Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Nantinya, jam kerja karyawan dapat dibagi menjadi 2 atau 3 sif dan jumlah pekerja yang masuk hanya setengah dari jumlah yang ada. 

Kepala BNPB itu meminta agar perusahaan swasta hingga kementerian/lembaga tidak mewajibkan karyawannya yang rentan terpapar Covid-19 bekerja di kantor. Apalagi bagi karyawan yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti jantung, paru-paru, hipertensi, hepatitis, ginjal maupun penyakit pernapasan lainnya.

"Diharapkan seluruh pimpinan kementerian/lembaga dan swasta agar mereka yang rentan tidak dulu diberi kewajiban ke kantor. Termasuk lansia dan komorbid," imbuh Doni. 

Ia berharap dapat saling melindungi anggota keluarga dari penularan virus corona. Pasalnya, kasus kematian pasien Covid-19 juga dikarenakan faktor komorbid. 

"Kalau bisa dilakukan bisa melindungi sebagian besar keluarga kita karena 85 persen kematian karena komorbid." (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up