Berita Nasional Terpercaya

Sedang Digemari, Ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

0

Bernas.id – Sepertinya makin banyak saja cara orang untuk menunjukkan dan mengembangkan potensinya. Tidak hanya secara visual melalui platform youtube kini ada podcast yang menonjolkan audio. Podcast ini mirip dengan siaran di radio. Orang yang berbicara di podcast bisa berbicara secara satu arah saja.

Sebenarnya, podcast ini sudah ada sejak cukup lama yaitu tahun 2005. Namun, podcast yang berasal dari kata iPod+Broadcasting ini  menemukan momentum perkembangannya pada tahun 2011. Konsep ini memang diciptakan oleh Apple saat mulai merilis iPod dan iPhone,

Cara Membuat Podcast

Cara membuat podcast ini bisa dimulai dengan cara sederhana. Dengan bermodal laptop, smartphone, dan internet kamu sudah bisa membuat podcast. Saat membuat rekaman suara utamakan rekaman tersebut memiliki kualitas yang baik, jelas, jernih, artikulasi suara jelas, tata bahasa komunikatif, dan memiliki ejaan kalimat serta tanda baca yang pas.

Cara Agar Podcast Menghasilkan Uang

Setelah bisa dan sering berlatih membuat podcast tentu tidak serta-merta langsung bisa menghasilkan uang. Yang utama tentu kamu harus punya pendengar. Jadi, selain kamu memilih konten yang kamu kuasai, pilih juga konten yang disukai banyak orang. Oleh karena itu, buatlah konten podcast yang berkualitas dan jaring pendengar sebanyak-banyaknya.

Setelah itu, barulah kamu bisa memikirkan cara untuk menghasilkan uang dari Podcast (Monetize Podcast). Podcast memang bisa di-monetize alias dijadikan sumber penghasilan dengan 5 cara sebagai berikut.

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing juga bisa diterapkan untuk podcast. Kamu bisa bekerja sama dengan orang atau perusahaan. Jika produk atau jasa dari perusahaan tersebut terjual melalui podcast kamu maka kamu akan memperoleh komisi sesuai perjanjian. Affiliasi ini akan berjalan baik jika antara perusahaan dan konten podcast kamu memiliki tema yang sama.

2. Sponsor dan Iklan

Sponsor dan iklan bisa menjadi sumber utama kamu mendapatkan uang dari podcast. Kamu bisa mendatangkan sponsor dan iklan jika pendengar podcast kamu minimal 5000 pendengar per bulan.

Seperti stasiun tv dan channel youtube, kamu bisa mendapatkan iklan dan sponsor dari perusahaannya langsung untuk tayang di podcast mu. Bentuk iklan bisa langsung ditambahkan pada judul, misal: Podcast Balck sponsored by Abcdv.

3. Kursus

Kamu bisa buka kursus di podcast dan mendapatkan penghasilan dari situ. Misalnya, kursus bahasa asing atau kursus public speaking. Banyak ilmu yang bisa disampaikan lewat podcast, bahkan kamu bisa membuka kelas premium jika kamu memang narasumber atau ahli dalam bidang tertentu. Saat podcast kamu menjadi rujukan orang maka kamu meningkatkan autority kamu. Dengan demikian, kamu juga akan bisa meningkatkan pendengar podcastmu.

4. Konten Podcast Premium

Nah, jika pendengar podcastmu sudah banyak maka kamu bisa mengajak orang lain untuk mengisi konten. Hal itu biasa disebut kontent Podcast premium. Misalnya, kamu wawancara dengan artis ternama yang sedang ada kasus atau mengupas info terbaru produk yang sedang viral. Selain itu, kamu juga bisa membahas behind the scened content.

5. Jual Produk/Barang

Podcast juga bisa dipakai untuk jualan. Kamu bisa menjual merchandise original yang bisa menjadi branding kamu, seperti mug, topi, kaos, tumbler, atau yang lainnya. Pastikan merchandise yang kamu buat memiliki kualitas yang baik, desain keren, harga terjangkau, dan tentunya limited edition.

Jika kamu menulis buku juga bisa menjualnya lewat podcast. Kemaslah dengan membuat review buku sehingga seperti launcing buku tapi lewat podcast.

Salah satu cara mudah dan gratis dalam mempromosikan podcast mu adalah lewat sosial media. Pelajarilah cara-cara pemasaran dengan strategi digital. Terus belajar dan tingkatkan kemampuan digital marketingmu dengan belajar di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.