Dua Stadion Di DIY Akan Dipakai Enam Klub Liga 1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19, kompetisi sepakbola Liga 1 dipastikan akan dilanjutkan pada Oktober mendatang. Untuk meminimalisir mobilitas antar pulau, sebanyak enam klub luar Jawa akan menjadikan DIY sebagai homebase.

Direktur Operasional PT LIB, Jarno, memaparkan enam klub yang menggunakan DIY sebagai homebase yakni Persiraja, Persipura, Barito, Borneo FC, PSM Makasar dan Bali United.

“Venue ada dua, sudah diverifikasi, Sultan Agung dan Maguwoharjo,” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Rabu (29/7/2020).

Untuk melanjutkan kompetisi di DIY, pihaknya telah mendapat restu dari Pemda DIY dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan, melihat perkembangan kondisi Covid-19 di DIY dan pertandingan digelar tanpa penonton. Sejumlah prosedur khusus yang akan dilakukan PT LIB diantaranya setiap 14 hari pemain dan official akan dites swab. Sebagai mengantisipasi kedatangan penonton dan timbulnya kerumunan karena nonton bareng, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polda DIY untuk pengamanan.

Ia meneruskan, hasil verifikasi stadion menurutnya, sangat representatif. Hanya saja yang masih perlu diperbaiki yakni pemeliharaan rumput. Hal ini menurutnya wajar karena stadion sudah lama tidak dipakai sehingga perlu pemeliharaan dulu sebelum digunakan. Selain dua stadion tersebut juga akan dipakai beberapa stadion lain untuk latihan.

Kompetisi ini sendiri akan melanjutkan pekan ketiga ke pekan keempat, dengan durasi lima bulan mulai 1 Oktober hingga 28 Februari 2021.

“Jadwal kompetisi sudah kami susun untuk durasi lima bulan itu, dengan recovery day-nya lima hari. Seluruh pertandingan di Jawa,” ungkap Jarno.

Ia menambahkan, Liga 1 ini salah satu tujuannya adalah untuk melihat kepercayaan FIFA terkait kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Dari sisi Timnas, kompetisi ini juga untuk penyegaran pemain yang akan berlaga dalam Piala Dunia U20.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan, Pemda DIY mendukung kelanjutan kompetisi dengan DIY sebagai homebase enam klub tersebut. Dengan syarat pelaksanaannya tidak menghadirkan penonton dan mematuhi protokol kesehatan.

“Juga harus terus memantau kondisi. Oktober belum tahu seperti apa. Pada bulan-bulan itu sangat dimungkinkan sudah ada proses pembelajaran mahasiswa secara langsung. Nanti dilihat kondisinya seperti apa. Jadi catatannya kalau kondisi memungkinkan,” katanya. (den)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up