close

Reformasi Pemerintah Daerah Dan Birokrasi Harus Berjalan Bersama Dalam Pelayanan Publik Di Daerah

Reformasi Pemerintah Daerah Dan Birokrasi Harus Berjalan Bersama Dalam Pelayanan Publik Di Daerah

JAKARTA,BERNAS.ID - Pelaksanaan Reformasi  Pemerintahan Daerah dan Birokrasi penting dilakukan, guna meningkatkan kualitas Pelayanan Publik di daerah, untuk menjadikan kinerja organisasi Pemerintah Daerah yang lebih efektif, menyentuh kebutuhan masyarakat di daerah, memaksimalkan pengelolaan sumberdaya pembangunan berbasis kepentingan masyarakat dan dunia usaha. 

Koordinator Forum intelektual muda Tangsel, Lukman Hakim menyatakan, Reformasi  Pemerintahan Daerah dan Birokrasi dapat diwujudkan, dalam tiga hal, yaitu Pertama adalah penguatan pada regulasi dan kebijakan pemerintah; Kedua, penerapan e-government dan e-governance dan selanjutnya kerjasama antar pemerintah collaborative Governance.

"Itu bertujuan memperkuat Pemerintahan Daerah, meredifinisi hubungan pusat dan daerah, daerah dengan daerah lainnya dalam teritorial bond," ujar Lukman saat berbincang dengan bernas.id, Rabu (29/8/2020).

Pengajar Ilmu Politik dari Universitas Prof Dr  Moestopo (Beragama) itu memaparkan, reformasi mendorong Partisipasi dan Kepercayaan Publik kepada Pemerintah Daerah melalui system kerja yang trasparan, efektif, efisien, responsif dan di dukung oleh akuntabilitas yang tinggi. Rekomendasi, diperlukan sinergitas antar Pemerintah yang bertumpu pada kepentingan Daerah-Nasional dan Kepentingan Masyarakat serta Sektor Ekonomi (Dunia Usaha), menyusun regulasi dan kebijakan yang bersifat fleksibel, adaptif, kreatif, inovatif dan dapat mendorong peningkatan kapasitas daerah dalam mengelola potensi daerah, serta mampu bersaing pada era kekinian dan di masa mendatang.

"Dalam upaya percepatan pencapaian tujuan Pembangunan Daerah, Pemerintah daerah terus melakukan perubahan berbagai regulasi, baik dengan menyederhanakan regulasi yang ada, maupun menyusun regulasi yang baru," jelasnya.

streamline the bureaucracy  and einvent government, dalam rangka memahami dan menyusun strategi untuk mengelola potensi daerah, serta sebagai upaya untuk meningkatkan Pelayanan Pemerintah terhadap proses Pembangunan Daerah, dan pencapaian Kesejahteraan Masyarakat Daerah. 

Dalam mengembangkan model ekonomi regulasi atau kebijakan, pemerintah seharusnya pemerintah memusatkan pada upaya memaksimalkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat daerah dan sector ekonomi (Dunia Usaha) dan  pemerintah harus memiliki kapasitas administrasi yang memadai dalam melaksanakan pilihan kebijakan secara efektif.

Dengan penataan urusan pemerintah dari berbagai level ini, tidak saja memperjelas kewenangan dan hubungan antar pemerintah daerah sendiri, tetapi juga lebih tertuju pada upaya meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah. 

"Kinerja ini dapat diukur melalui peningkatan kualitas Pelayanan Publik, yang dapat berwujud pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dengan menerapkan pola pembangunan dan pemberdayaan yang baik, berkelanjutan dan ramah lingkungan yang saling terkait dengan sektor ekonomi (Dunia Usaha)," paparnya.

Pemerintah memiliki keleluasaan untuk menentukan persyaratan sesuai dengan visinya tentang bagaimana Pelayanan Publik harus dikelola dan kemudian harus bertanggung jawab kepada publik. Namun demikian dalam pelaksanaan pelayanan publik, yang sudah diatur melalui berbagai regulasi, masih terdapat perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan oleh aparat pelayanan publik.

" Disinilah Reformasi juga memerlukan sosok figure, kapasitas dan integritas serta daya energik dalam melihat persoalan serta pemecahan masalah sebagai resolusi bersama dalam mencapai suatu Reformasi Pemerintahan Daerah dan Birokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah," pungkasnya.(fir)

 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru