Berita Nasional Terpercaya

5 Tips untuk Milenial Agar Bisa Beli Rumah dengan Gaji UMR

0

Bernas.id ? Beberapa waktu yang lalu seorang pakar financial planner pernah memprediksi bahwa kaum milenial akan kesulitan untuk membeli rumah di masa depan. Hal itu terkait dengan gaya hidup para milenial saat ini. Sebut saja, sering makan di luar nonton, barang serba branded, kebiasaan ngopi ala kafe membuat kaum milenial selalu kehabisan gaji sebelum akhir bulan tiba. Kebiasaan itu sering disebut sebagai latte factor yang jika dalam sebulan dikumpulkan akan muncul nominal yang mencengangkan hanya untuk kebutuhan gaya hidup tadi.

Generasi milenial termasuk golongan pekerja keras dan bisa mengejar jenjang karier dengan baik. Namun, jika latte factor tadi tidak dihilangkan maka gaji berapa pun akan habis tanpa sempat berinvestasi dan membeli properti atau rumah.

Untuk kamu generasi milenial, simak 5 tips di bawah ini agar kamu bisa membeli rumah walaupun dengan gaji UMR.

1. Prioritaskan Kebutuhan, Kesampingkan Keinginan

Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan adalah nasihat yang masih sangat relevan hingga saat ini. Tak bisa dipungkiri bahwa generasi milenial terkadang lebih memeintingkan gaya hidup. Ada banyak alasan yang melatarinya, bisa karena tuntutan pergaulan, pembuktian diri, atau sekadar ikut-ikutan.

Sudah saatnya ambil sikap bijak dengan memprioritaskan kebutuhan dan mengesampingkan keinginan. Jika ingin punya rumah dari hasil jerih payah sendiri maka mulailah dari sekarang. Buatlah perencanaan tepat dengan mengubah gaya hidup. Cermat dalam pengeluaran penting demi terkumpulnya dana untuk DP rumah.

2. Tentukan Tipe Rumah

Jika ingin merencanakan sesuatu maka lakukan secara detail. Tentukan tipe rumah yang mampu dan ingin kamu beli. Tujuan memang harus ditentukan di awal. Kamu bisa melihat katalog-katalog properti yang banyak tersebar di internet. Dengan mengetahui tipe dan harga rumah yang ingin dibeli kamu bisa memperkirakan besaran biaya yang dibutuhkan. Kamu pun akan lebih semangat untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Datang ke Agen Properti

Setelah mengetahui informasi dari katalog di internet, kamu bisa datang dan konsultasi ke agen properti agar lebih yakin. Kamu bisa sekalian konsultasi mengenai KPR pada agen properti. Para agen akan menjelaskan banyak hal mulai dari syarat, ketentuan, pajak, perizinan, dan nominal pasti. Semakin banyak informasi yang kamu dapat maka semakin jelas langkahmu selanjutnya.

4. Buat Rencana Pengeluaran

Jangan membayangkan bahwa perencanaan keuangan yang dibuat seperti kelas perusahaan. Yang terpenting adalah kamu tahu berapa pemasukanmu dan berapa banyak yang harus kamu keluarkan setiap bulannya. Prioritaskan dulu kebutuhan pokok, seperti bayar cicilan, kos atau kontrakan rumah, dan kebutuhan lain sesuai skala kebutuhan. Catat semua pengeluaran bulanan kamu agar dapat menentukan jumlah yang akan ditabung setiap bulan.

5. Investasi Emas

Di tengah pandemi begini harga emas antam melonjak tajam hingga tembus 1 juta setiap gramnya. Beberapa pakar menyebutkan ini adalah rekor. Emas adalah salah satu jenis investasi yang mudah dilakukan dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Jika kamu merasa sulit menyimpan uang karena selalu tergoda untuk menggunakan maka cobalah untuk menabung dalam bentuk emas. Harga emas cenderung stabil bahkan seiring berjalannya waktu mengalami kenaikkan. Tentu hal itu menguntungkan untuk kamu yang sedang menabung untuk DP rumah yang jumlahnya tidak sedikit.

Mumpung masih muda dan produktif jangan sia-siakan waktu dan menghamburkan uang. Cara-cara di atas bisa langsung kamu coba sekarang, lho.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.