close

Bertambah Klaster Baru Covid-19, Rupanya DKI Jakarta Giat Lakukan Ini

Bertambah Klaster Baru Covid-19, Rupanya DKI Jakarta Giat Lakukan Ini

BERNAS.ID - Klaster penyebaran virus corona masih terus bertambah di DKI Jakarta yang terjadi karena kerumunan atau pertemuan orang. Klaster-klaster yang dimaksud itu merupakan klaster pasar, perkantoran, maupun rumah ibadah. 

Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah menjelaskan tentang data yang dihimpun oleh Tim Surveilans Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Diketahui Dinkes DKI Jakarta terus melakukan tes hingga penyeledikan dengan melakukan active case finding dan contact tracing sejak 4 Juni 2020 hingga 26 Juli 2020. 

“Ini betul-betul kita (Tim Surveilans) yang menghampiri lalu melakukan tes apakah positif atau tidak. Jadi ini adalah bentuk aktifnya surveilans berjalan, contact tracing dan active case finding juga berjalan. Kemudian dari seluruh kasus kita lihat jadi kontribusinya berasal dari klastes-klaster mana saja” terang Dewi saat diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta (29/7/2020).

Dikatakan Dewi, melalui tracing tersebut, ditemukan bahwa sebanyak 3.567 kasus atau sebanyak 28 persen merupakan hasil dari active case finding atau aktif dicari oleh Tim Surveilans DKI Jakarta dengan turun ke pasar, rumah ibadah, hingga perkantoran. Tim Surveilans DKI Jakarta pun melakukan tes untuk menunjukan tertular Covid-19 atau tidak. Setelah mendapatkan hasil dari contact tracing, apabila ditemukan pasien konfirmasi positif Covid-19 kemudian akan ditelusuri dengan siapa berkontak dekat. 

“Hingga saat ini, pasien rumah sakit masih menempati peringkat pertama sekitar 42 persen, kemudian pasien di komunitas di peringkat kedua berdasarkan hasil contact tracing, dengan angka yang cukup besar sekitar 39 persen,” terangnya dikutip Bernas.Id dari laman resmi www.covid19.go.id. 

Dewi menambahkan adanya klaster Anak Buah Kapal (ABK) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebesar 5,8 persen. Klaster pasar sekitar 4,3 persen dan klaster perkantoran sebanyak 3,6 persen. Kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta juga terjadi pada pegawai tenaga kesehatan dari rumah sakit, puskesmas, rutan maupun panti.

Tingginya kasus konfirmasi positif Covid-19 yang dilaporkan oleh DKI Jakarta dibandingkan provinsi lainnya dikarenakan Tim Surveilans DKI Jakarta yang aktif dalam melakukan pemeriksaan terhadap warganya bahkan melebihi standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni 1000 per 1.000.000 penduduk dalam waktu satu minggu. 

“Jadi kalau DKI Jakarta kita ambil angka bulat 10 juta, maka satu minggunya dilakukan pemeriksaan standarnya adalah 10.000. Angka pemeriksaan Jakarta ternyata dari 4-10 Juni sudah 21 ribu per minggu. Jadi sudah melebihi ekspektasinya WHO kemudian bertambah lagi 27 ribu dan di pekan terakhir ini meningkat sampai 40 ribu pemeriksaan dalam waktu satu minggu” papar Dewi. 

Dewi kembali mengingatkan agar masyarakat dapat mengutamakan protokol kesehatan saat mengikuti kegiatan berkumpul bersama seperti saat beribadah, rapat, dan acara yang melibatkan banyak orang. (mta)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru