Berita Nasional Terpercaya

Layanan Rapid Test Mulai Tersedia di Stasiun Tugu Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID -Mulai Kamis, 30 Juli 2020 PT KAI Daop 6 Yogyakarta menghadirkan layanan Rapid Test seharga Rp 85.000 di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Yogyakarta. Jam pelayanan Rapid Test di kedua stasiun adalah pukul 07.00 – 19.00 WIB.

Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto mengungkapkan, bagi pelanggan yang akan memanfaatkan layanan Rapid Test di stasiun dapat mengunjungi booth yang tersedia di kedua stasiun tersebut. Ia berpesan, bagi penumpang yang akan melakukan Rapid Test pada hari H keberangkatan agar berangkat dari rumah lebih awal untuk mengantisipasi apabila terdapat antrian.

“Sudah ada beberapa penumpang yang dilayani. Mudah-mudahan ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat. Tapi ini bukan untuk masyarakat umum, hanya bagi mereka yang bisa menunjukkan tiket atau kode booking,” kata Asdo.

Ia meneruskan, bila hasil Rapid Test ternyata reaktif, yang bersangkutan dilarang naik kereta, dan tiket akan dikembalikan. Ini berlaku juga bagi calon penumpang yang suhu tubuhnya tinggi.

“Langsung kita batalkan tiketnya, dan akan kami kembalikan uangnya 100 persen,” katanya.

Asdo menambahkan, okupansi penumpang kereta yang sebelumnya di masa pandemi diterapkan maksimal hanya 50 persen, kini sudah ditingkatkan menjadi 70 persen. Pengaturan dilakukan melalui sistem.

“Kalau satu titik kursi dijual, sebelahnya pasti diblok, tidak akan ada penumpang. Kalau weekend sudah sekarang sudah bisa sampai 70 persen,” katanya.

Gunawan, salah seorang penumpang kereta yang menuju Bandung mengaku senang dengan Rapid Test ini, karena layanannya cepat, dan gampang, tidak perlu mencari layanan di tempat lain. Hanya saja ia mengkritik tidak adanya petunjuk tulisan titik lokasi Rapid Test di pintu gerbang stasiun.

“Kalau masalah harga ya di sini lebih murah.
Kalau naik Lion itu Rp. 90 ribu, kalau di rumah sakit bisa Rp.150 ribu,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.