Berita Nasional Terpercaya

DIY Perpanjang Tanggap Darurat Bencana Covid-19, Ini Alasannya

0

BERNAS.ID – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperpanjang status tanggap darurat pandemi Covid-19 mulai 1-31 Agustus 2020. Sebelumnya, masa tanggap darurat telah diperpanjang selama sebulan dan berakhir pada 31 Juli 2020. Dengan demikian, masih ada perpanjangan waktu masa tanggap darurat bencana Covid-19 selama satu bulan ke depan. 

“Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan perpanjangan status Tanggap Darurat Bencana (TDB) Covid-19 di wilayah DIY,” demikian dikutip Bernas.Id dari Instagram resmi Humas Pemda DIY (@humasjogja).

Perpanjangan status tanggap bencana tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 227/KEP/2020. Salah satu alasan diperpanjangnya masa tanggap darurat Covid-19 di DIY lantaran kasus konfirmasi positif Covid-19 masih terus mengalami kenaikan. Status tanggap darurat bencana masih diperlukan untuk penanganan lain seperti program pemulihan ekonomi, maupun program-program yang memakai Biaya Tidak Terduga (BTT). 

Jelang akhir bulan Juli, kasus konfirmasi Covid-19 di DIY mengalami kenaikan. Tercatat ada 610 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 382 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh. Sedangkan, 19 orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. 

Kendati begitu, pengguna Instagram mengomentari unggahan Humas Pemda DIY terkait perpanjangan masa tanggap darurat ini: 

“Tanggap darurat seperti apa ya yg diberlakukan DIY ? Mengingat hampir seluruh kegiatan sudah berjalan normal seperti sebelum pandemi.. hanya sektor pendidikan yg sangan jelas bedanya,” tulis putripradhitaa_ di Instagram. 

“Di daerah tugu tiap malam minggu sudah ramai sekali. Kafe kafe buka dan sama sekali tidak menerapkan physical distancing, pun tidak memakai masker, padahal pos polisi dekat dari situ. Mohon ketegasannya,” ungkap akun Instagram melubii.

“Sama aja klo perhubungan nggak lockdown aktifitas keluar masuk tetap sja mau apanya di pantau hmm,” demikian komentar teddbear_15. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.