Kambing-kambing Pengganti Ismail


02 Agustus 2020

Ilustrasi dari pixabay


Bernas.id - Petang hari ketika kambing milik Parno mati adalah tanggal sembilan dalam penangggalan Jawa. Aku ingat, itu bulan Ruwah, karena malam setelah kejadian, gema takbir berkumandang dari langgar sebelah rumahku. Tak ada yang mendengar tangisan lelaki malang itu. Tabuhan bedug bertalu-talu yang mengiringi suara takbir menenggelamkannya.

Tentang siapa Parno, semua orang Desa Kedung Pingit sudah mengetahui. Bujang tua itu sering tersenyum dan tertawa terbahak-bahak sendiri. Bahkan terkadang menangis sejadi-jadinya tanpa sebab yang pasti—barangkali ketika ia menangisi kematian kambingnya, orang-orang berpikir bukan sungguhan menangis. Hal inilah yang membuat Parno dianggap kentir. Ditambah lagi penampakan tubuh dan wajahnya yang lain dari orang kebanyakan. Dua bola matanya lebih menonjol keluar. Bentuk kepalanya kecil dan mengerucut, serta bibirnya tidak bisa terkatup rapat.

Mbah Ponijem, simboknya Parno mungkin satu-satunya orang di Kedung Pingit yang menganggap anaknya itu normal dan waras. Padahal usia bujangnya sudah hampir 40 tahun, namun ia masih suka bermain dengan anak-anak umur belasan tahun. Tak jarang, ia masih suka pergi ke lapangan untuk menyoraki bocah-bocah cilik bermain bola dan layangan. Sementara teman-teman sepantarannya sudah menimang bayi dan pergi berjalan-jalan dengan anak-anak mereka ke kota.

Aku juga sependapat dengan Mbah Ponijem. Bagiku, Parno adalah orang waras. Setiap kali aku memberi makan kambing dan sapi milik bapakku di kandang yang letaknya berdekatan dengan rumah Parno, bujang tua itu selalu menyapaku dengan bersahaja. Bahkan sering kujumpai ia memanjat pohon jambu Darsono di pekarangannya, lalu memberikan sebagian buahnya kepadaku.

Mungkin sebab itu, meski orang sedesa menganggap Parno sebagai bocah kentir, simboknya yang sudah setengah pikun itu tidak pernah terima. Bagi Mbah Ponijem, Parno tetap sosok anak yang kelak bisa tumbuh gagah, lantas menikah dan memiliki anak. Seperti halnya anak lelaki normal pada umumnya. Selalu saja ada hanyalan yang berkeliaran di benak perempuan tua itu. Hayalan yang tak pernah lekang oleh waktu, sampai kini tubuhnya sudah nyaris dimakan renta. Sebuah kenyataan, bahwa anak lelakinya telah menjadi bujang tua, tidak pernah disadarinya.

Mula-mula keadaan Parno menjadi gunjingan orang-orang Kedung Pingit. Tetapi setelah berjalan bertahun-tahun, akhirnya ia seperti sudah menjadi bagian dari keseharian desa kami. Keberadaan Parno dengan tabiatnya terus bergulir mengikuti irama gerak dan napas, bahkan menjadi kenormalan Desa Kedung Pingit. Parno, yang hanya hidup bersama simboknya, mulai bisa disuruh bekerja membantu tetangganya ke sawah, sekadar menyiangi tanaman parasit. Di rumahnya, bahkan Parno juga sudah memelihara kambing. Jumlahnya ada dua ekor.

Begitu sudah menyatunya keadaan Parno dengan Desa Kedung Pingit, sehingga sehari-hari tak seorangpun perlu memberi perhatian khusus kepadanya. Namun hari ini lain, dari pembicaraan bapak dan simbokku, aku mendengar Parno tadi pagi nyaris dipukuli Mbah Soma. Padahal Parno hanya meminta beberapa pucuk daun ketela muda untuk pakan kambing-kambingnya. Mbah Soma marah dan memaki-maki dengan kata-kata umpatan, “Dasar bocah kentir.”

Aku juga mendengar bahwa Mbah Soma mengamuk karena Parno juga mengeluarkan umpatan kepada lelaki tua itu sebagai orang bau tanah yang pelit—semua orang Kedung Pingit tahu bahwa Mbah Soma menanam jenis ketela aneh dan tak pernah mengizinkan siapapun mengambil pucuk daunnya.

Terdorong rasa keingintahuan, sore itu aku mendatangi Parno dan menemukan ia sedang memberi makan dua ekor kambingnya. Nampak beberapa ikat daun ketela teronggok di sudut kandang. Sebagian dari daun-daun itu tergenggam di tangan Parno yang sedang asyik dengan kambing-kambingnya.

“Kang Parno,” aku memanggilnya pelan. Parno menoleh, menatapku sekejap lalu tersenyum. Aku terkejut melihat mata bujang itu berkaca-kaca.

“Kamu baik-baik saja, Kang?”

Parno tersenyum lagi. Kedua matanya kemudian beralih kepada kambing-kambingnya.

“Kepalaku masih pusing,” jawab Parno sekenanya.

“Apakah kepalamu pusing karena dipukul Mbah Soma?”

Parno tidak menjawab. Ia hanya melenguh panjang. Aku menduga bahwa matanya berkaca-kaca sebab bujang itu tak kuat menahan sisa rasa sakit di kepalanya akibat terjangan tangan Mbah Soma.

“Tapi aku tidak apa-apa kok. Sungguh, aku tidak apa-apa,” lanjut Parno sambil mengusap kelopak matanya yang masih berair.

“Sebenarnya apa yang terjadi, Kang?”

“Sudahlah, kamu jangan bertanya seperti itu. Semua sudah terjadi.” Kali ini Parno menjawab dengan suara tenang, meski terdengar berat dan serak.

“Benarkah kamu juga mengolok-olok Mbah Soma?” desakku.

Parno diam. Dari matanya yang sembap muncul kesan bahwa ia tidak menyukai pertanyaan demi pertanyaan yang aku lontarkan. Bahkan kemudian Parno membalikkan tubuh dan tak mau berbicara denganku. Menyadari bahwa keberadaanku di kandang kambing sore itu sungguh tidak mengenakkan baginya, aku bergegas melangkah pergi.

Tetapi dua langkah setelah aku keluar dari kandang kambingnya, bujang itu memanggilku,”Le … jangan pergi.”

Aku berhenti dan serta merta memiringkan tubuh, menatap ke arah Parno.

“Sebenarnya kesedihanku ini bukan sebab pertengkaran dengan Mbah Soma,” ucapnya.

“Apa?”

“Ini gara-gara kambingku.”

“Ada apa dengan kambing-kambingmu?”

“Kamu tahu, aku memeliharanya sejak masih cempe hingga sekarang sebesar ini.”

Ucapan Parno terdengar jauh lebih serius. Ucapan yang memaksaku mendekat lagi ke tempatnya berdiri.

“Simbokku ingin bisa berkurban pada Besaran besok. Kambing-kambing ini harus kuserahkan ke langgar untuk disembelih, sesuai perintah simbok.”

Aku melihat dua sudut mata Parno kembali menggenang.

“Awalnya aku tidak merelakan kambing-kambing yang sudah kuanggap seperti saudara ini akan disembelih. Tetapi Lik Kardjo, adik simbokku yang sekarang gemar pergi ke langgar itu berkata bahwa dulu Ismail bahkan merelakan dirinya untuk disembelih bapaknya sendiri. Ibrahim.”

Aku semakin terkejut. Parno sedang kerasukan bangsa brekasakan dari mana sore itu, pikirku. Sebagai bocah yang belum disunat, ucapannya tentu saja tak bisa kucerna dan kutangkap.

“Kata Lik Kardjo, kemudian Ismail digantikan kambing yang dikirim dari langit. Kalau aku merelakan kambing-kambing ini, mereka akan menjadi tunggangan kami kelak di surga … hahahaha,” ucap Parno kepadaku sambil tertawa. Seperti biasa, tawa terbahak-bahaknya kadang terdengar aneh.

“Apakah nanti kambing-kambingmu akan digantikan kambing yang dikirim dari langit seperti Ismail?” tanyaku bersungguh-sungguh.

“Hahahaha … betul … betul sekali,” pungkas Parno.

Bujang tua itu terus tertawa terbahak-bahak tiada henti. Tawanya bahkan terus berlanjut ke tangis. Celakanya, tangisannya juga tak bisa berhenti. Aku mengira ia sedang melakukan kebiasaan seperti yang lalu-lalu. Namun ternyata dugaanku salah. Pemandangan sore itu membuat aku bergidik dan ketakutan.

Tak pernah ada yang tahu, Parno menangis sambil menjerit histeris sore itu sebab dua ekor kambingnya mendadak kejang-kejang di hadapan kami. Mulutnya memuntahkan cairan hijau yang sewarna dengan pucuk daun ketela di genggaman Parno, lalu diakhiri dengan ambruknya hewan-hewan yang hendak dikurbankan untuk mengabulkan keinginan simboknya itu.

***

Petang hari ketika kambing milik Parno mati adalah tanggal sembilan dalam penangggalan Jawa. Aku ingat, itu adalah bulan Ruwah, sebab malam setelah kejadian, gema takbir berkumandang dari langgar sebelah rumahku. Saat itu umurku baru dua belas tahun. Beberapa jam setelah kematian kambing-kambing Parno, Mbah Soma terlihat berjalan mengendap-endap sambil menggiring dua ekor kambing tak jauh dari kandang milik Parno.

Aku yang berdiri memergokinya justru mengkerut. Mbah Soma menatapku dengan sorot mata dingin. Badanku gemetar. Aku ingin berlari dan menjerit minta tolong. Tapi aku tak punya nyali untuk itu. Wajahku memias ketika Mbah Soma menempelkan telunjuk ke bibirnya. Mbah Soma memegang kedua pundakku. Napasku seketika sesak. Aku ingin menangis agar ada yang mendengar dan menolongku, tapi tenggorokanku tersumbat. Mataku hanya bisa terpejam ketika lelaki tua itu berkata pelan, “Kambing-kambing pengganti Ismail yang akan disembelih Ibrahim sudah kuantarkan untuk mengganti kambing Parno yang mati. Biarlah tak ada orang yang tahu. Biar anak kentir yang sudah kuingatkan bahwa daun ketela di sawahku beracun itu, tak lagi bersedih. Semoga kambing itu kelak yang menuntunku berjalan menuju pintu surga.”

Selang beberapa jam kemudian, Kedung Pingit kembali gempar. Kabar bahwa Parno menerima kiriman kambing-kambing dari langit langsung tersebar ke segala penjuru desa.

Malam di penghujung bulan Juli terasa sunyi. Hanya terdengar samar-samar alunan takbir melalui speaker usang dari kampung-kampung tetangga yang terletak di seberang hamparan sawah. Malam itu, takbir di Desa Kedung Pingit mendadak tak lagi nyaring berkumandang. Orang-orang sedang sibuk membicarakan kambing-kambing pengganti Ismail untuk Parno, tanpa tahu siapa yang mengirimnya dari langit. (*)


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Hukum dan Kriminal

Oknum Kepala Mandor Otaki Pencurian Besi di Proyek Pembangunan

SLEMAN, BERNAS.ID - Bukannya memberikan contoh yang baik kepada bawahannya, AF, warga Pogung Kidul Sinduadi Mlati Sleman justru mengajak keenam rekannya EP, THY, NE, AS, AR dan RK untuk mencuri besi ulir beton di proyek pembangunan di Jalan ...

Hukum dan Kriminal

Komplotan Ini Belajar Bobol ATM dari Tayangan YouTube

SLEMAN, BERNAS.ID -  Pembobol mesin ATM di toko modern wilayah Gamping Sleman dapat digagalkan warga karena aksi yang dilakukan komplotan sekitar pukul setengah empat pagi, Minggu (5/7/2020) begitu berisik. Ada orang yang melihat, lima ...

Ekonomi

Profesor Sudjarwadi: Pentingnya Koordinasi dan Sinergi Lintas Generasi untuk Bangkit di Masa Pandemi

Bernas.id - Agar perekonomian bangsa Indonesia dapat bangkit di masa pandemi ini, maka penting sekali mewujudkan koordinasi dan sinergi lintas generasi. Hal ini ditegaskan oleh Prof. Dr. Ir. Sudjarwadi, M.Eng, Guru Besar UGM sekaligus penga ...

Lingkungan

Ledakan Dahsyat Meluluhlantakkan Kota Beirut

Sebuah ledakan yang sangat dahsyat terjadi di Beirut pada hari Selasa (04/08/2020) petang waktu setempat. Ledakan terjadi dua kali, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters. Ledakan pertama menyebabkan asap pekat membumbung tinggi disertai letup ...

DIY

DIY: 12 Kasus Konfirmasi dan 14 Pasien Sembuh dari Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi yang terinfeksi virus corona, Selasa (4/8/2020). Total keseluruhan pasien positif Covid-19 di DIY mencapai 784 orang.  " ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Bongkar Prostitusi Online di Hotel Kawasan Ringroad Utara

SLEMAN, BERNAS.ID - Iming-iming fasilitas tempat tinggal dan handphone, SF (23), pemudi asal Kulonprogo berhasil menggaet sejumlah pemudi asal Yogyakarta untuk direkrut sebagai pelacur. Sekali booking untuk esek-esek, SF mematok harga ...

Nasional

5 Tips Jadi Influencer Terkenal dan Bertanggung Jawab, Prosesnya Tidak Instan

Bernas.id – Belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan beberapa influencer yang menarik perhatian tapi dengan cara kontroversi. Sebut saja Anji yang mengundang seseorang yang disebut-sebut sebagai penemu obat corona. Tentu saja dalam ...

Hukum dan Kriminal

Begini Respons UNU Terkait Pencatutan Nama Universitas oleh Pelaku Pelecehan Seksual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah mencermati perkembangan informasi dari berbagai pihak baik dari daring maupun langsung, terkait dengan pengakuan seseorang (BA) yang sering mengatasnamakan diri sebagai dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) ...

Hukum dan Kriminal

Buka Jasa Penggandaan Uang Palsu, Tiga Orang Diringkus Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID - Ingin mendapat uang secara instan, Jimmi alias Pak Tua (44) warga Riau bersama kedua rekannya Arif (26) warga Klaten dan Agung (42) warga Gunungkidul berencana melakukan penipuan dengan modus penggandaan uang palsu ...

Pendidikan

Pembelajaran Daring di Kota Jogja Hanya Targetkan Capaian 60 Persen Kurikulum

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring di Kota Jogja yang digelar selama pandemi COVID-19 diikuti dengan perubahan target pencapaian kurikulum pada tahun ajaran 2020/2021. Dinas Pendidikan K ...

Lifestyle

Agus Supriyo: Transformasi AELI dengan Program Blended di Masa Pandemi

Bernas.id - Dampak pandemi Covid-19 yang merugikan dunia pariwisata, tidak membuat para penggiat outbound atau experiential learning berhenti dan berpangku tangan. Diawali terselenggaranya Musyawarah Daerah 2020 oleh DPD Asosiasi Exper ...

Nasional

Pandemi Covid-19 Jadi Pemicu Perluasan Akses Internet, Jokowi Perintahkan Sampai ke Desa

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo kembali menyentil para menteri agar bergerak cepat lagi di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang dibutuhkan saat ini akses internet untuk mendukung anak-anak yang harus sekolah. Tak sedikit anak seko ...

DIY

DIY Laporkan Penambahan Pasien Sembuh Lebih Tinggi Dibandingkan Kasus Konfirmasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi positif Covid-19. Sehingga total kasus konfirmasi di DIY menjadi 772 pada Senin (3/8/2020).  "Hasil pemeriksaan la ...

Pendidikan

Sultan Ingin Pembukaan Pendidikan Tatap Muka Dimulai dari Perguruan Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap pembukaan kegiatan pendidikan tatap muka akan dilakukan secara bertahap dimulai dari perguruan tinggi kemudian diikuti jenjang di bawahnya. ...

Kesehatan

Ramai Wawancara Anji dengan Profesor yang Temukan Antibodi Covid-19, Jubir Satgas Angkat Bicara

BERNAS.ID - Nama Anji kembali menjadi trending topic Twitter pada Minggu (2/8/2020). Hal ini karena video perbincangan musisi Anji dan Hadi Pranoto yang diunggah melalui kanal Youtube milik Anji. Saat diwawancarai Anji, Hadi memperkena ...

DIY

Menurun! Kasus Konfirmasi di DIY Hari Ini 19 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 19 kasus konfirmasi pada Minggu (2/8/2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-1 ...

Lifestyle

5 Tips Jitu Bangkitkan Semangat Setelah Santai Libur Akhir Pekan

Bernas.id – Jeda akhir pekan selalu dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu untuk diri sendiri, teman-teman, dan keluarga. Berbagai aktivitas dilakukan dari mulai liburan ringan atau sekadar istirahat sambil melakukan hobi di rumah. Ter ...

DIY

Capai 92 Persen, Dinkes Bantul: Kasus Konfirmasi Mayoritas OTG

BANTUL, BERNAS.ID - Penularan virus corona dari orang tanpa gejala (OTG) terus terjadi di tengah masyarakat. Dinas Kesehatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat 92 persen dari total kasus konfirmasi positif Covid-19 di da ...

DIY

Meroket Tembus 741 Kasus! DIY Laporkan Ada 67 Kasus Konfirmasi Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami peningkatan. Pada Sabtu (1/8/2020) dilaporkan ada penambahan 67 kasus konfirmasi Covid-19 di DIY. Dengan demikian, total keselu ...

Nasional

Dari Musik Klasik Hingga Rock, Favorit K.H. Hasyim Wahid Semasa Hidup

Bernas.id - Mengawali bulan Agustus ini, sebuah berita duka datang dari sosok pemuka tanah air K.H. Hasyim Wahid atau yang akrab disapa Gus Im. Tokoh yang merupakan adik dari K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini, wafat saat dirawat di RS ...

DIY

Dianggap Berhasil Berdayakan Masyarakat, Kepala BKKBN Terima Gelar Doktor dari UNY

SLEMAN, BERNAS.ID - Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo, SpOG(K) menerima anugerah gelar Doktor Kehormatan "Honoris Causa" bidang Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasional dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Hasto dianggap ...

DIY

Jumlah Positif Naik Drastis, Elemen Masyarakat Pasang Banner Imbauan di Tugu Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan provinsi yang hingga kini dinilai lebih berhasil meredam dampak pandemi COVID-19, bahkan memperoleh penghargaan dari Pemerintah Pusat. Dengan partisipasi publik dan kepatuha ...

Nasional

Kabar Duka! Adik Bungsu Gus Dur Meninggal Dunia

BERNAS.ID - Adik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yakni KH. Hasyim Wahid meninggal dunia. Kabar duka ini disampaikan oleh mantan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin melalui akun twitter resminya.  "MOHO ...

DIY

Rekor Tertinggi! Kasus Konfirmasi di DIY Bertambah 64 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kali pertamanya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan penambahan kasus konfirmasi sebanyak 64 orang, Jumat (31/7/2020). Sehingga total keseluruhannya mencapai 674 orang. Penambahan kasus baru hari ini meru ...

Budaya

Keraton Jogja Bagikan Ubarampe Gunungan di Hari Raya Idul Adha

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Keraton Yogyakarta membagikan ubarampe atau kelengkapan gunungan berupa 2.700 tangkai rengginang kepada para abdi dalem pada Hari Raya Idul Adha, Jumat (31/7/2020). Putri pertama Raja ...

Nasional

Selamat Idul Adha, Jokowi: Berkorban dengan Mengurangi Pertemuan Fisik

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idul Adha 1441 H di kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). Selain Presiden, ada pula Ibu Negara Iriana dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep.  Sala ...

Nasional

Djoko Tjandra, Buronan Korupsi Kelas Kakap Ditangkap

Djoko Tjandra, pelarian terpidana kasus pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali Djoko Tjandra akhirnya tertangkap. Penangkapan buronan selama 11 tahun ini dipimpin oleh Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. "Ka ...

DIY

Kasus Konfirmasi Covid-19 di DIY Capai 610

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 23 kasus konfirmasi, Kamis (30/7/2020). Sehingga total kasus konfirmasi yan ...

DIY

DIY Perpanjang Tanggap Darurat Bencana Covid-19, Ini Alasannya

BERNAS.ID - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperpanjang status tanggap darurat pandemi Covid-19 mulai 1-31 Agustus 2020. Sebelumnya, masa tanggap darurat telah diperpanjang selama sebulan dan berakhir pada 31 Juli 2020. D ...

DIY

Tanggap Darurat DIY Diperpanjang Kembali, Dua Hal Menjadi Prioritas

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali memperpanjang Status Tanggap Darurat Bencana (TDB) DIY sampai 31 Agustus 2020. Perpanjangan TDB diputuskan melalui SK Gubernur Nomor 227/KEP/2020 tentang penetapan perpanjanga ...

Ekonomi

Sleman Launching Gedung Dekranasda untuk Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 membuat sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengalami penurunan, baik dari penjualan maupun produksi. Kondisi tersebut pun menjadi perhatian Pemerintah baik di pusat maupun daerah. Pemerintah ...

DIY

Perkenalkan Gombloh, Sapi Kurban Sumbangan Presiden Jokowi untuk Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Inilah Gombloh, nama seekor sapi jenis Simmental dengan bobot lebih dari satu ton. Ia adalah salah satu dari dua ekor sapi sumbangan Presiden Jokowi yang akan dikurbankan pada Hari Raya Iduladha, Jumat (31/7/2020) be ...

DIY

Layanan Rapid Test Mulai Tersedia di Stasiun Tugu Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID -Mulai Kamis, 30 Juli 2020 PT KAI Daop 6 Yogyakarta menghadirkan layanan Rapid Test seharga Rp 85.000 di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Yogyakarta. Jam pelayanan Rapid Test di kedua stasiun adalah pukul 07.00 - 19.00 ...

Inovasi

Andi Kristianto: Ada Employability Gap Tenaga IT Indonesia Tidak Mudah Terserap di Perusahaan

Bernas.id - Para mahasiswa yang bergelut di bidang IT saat ini harus banyak bergaul dan memperluas wawasan. Mimpi ingin mendirikan perusahaan start-up Unicorn atau menjadi profesional di perusahaan multinasional di bidang IT tidak akan mung ...

Sintesa

Penciptaan Ilmu di Desa-Desa dan Sumber Kebahagiaan

Oleh:  Prof. Sudjarwadi Tadi pagi, renungan kakek tentang teknologi masuk ke desa dihentikan dahulu dan akan dilanjutkan malam harinya. Situtena membuat satu kalimat catatan kecil yang berupa kalimat pertanyaan “Kenapa rakyat ...

DIY

Kabar Baik! Hari Ini DIY Laporkan 12 Orang Sembuh dari Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 orang yang sembuh dari Covid-19. Kabar baiknya, total ada 368 orang yang telah sembuh pada ...

DIY

Cegah Kluster Baru, Sleman Swab Test Pondok Pesantren

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Kesehatan Sleman melakukan swab test terhadap ustadz dan ustadzah di Pondok Pesantren Pandanaran, Ngaglik, Sleman, Rabu (29/7/2020). Total keseluruhan yang menjalani swab test sejumlah 100 orang. Wakil Bupati Sle ...

Lingkungan

Pakar Iklim: Cuaca Dingin Jelang Kemarau Itu Normal

SLEMAN, BERNAS.ID- Kondisi cuaca dingin akhir-akhir ini merupakan hal yang biasa menjelang puncak musim kemarau. Hal ini disebabkan posisi dari gerak semu matahari di belahan bumi utara, sementara kita berada di belahan bumi selatan. Akibat ...

Kesehatan

Angka Kesembuhan Covid-19 Secara Nasional Dekati 60 Persen

BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bertambah 1.748 orang per Selasa (28/7/2020). Total ada 102.051 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia sejak 2 Maret 2020 lalu.  Dikutip Bernas.Id dari laman ...

Ekonomi

Cara Youtuber Mendapatkan Penghasilan, Ini 3 Sumber Gajinya

Bernas.id – Youtube yang semula untuk nonton video dan mendengarkan musik sekarang ini bisa sebagai sarana untuk menghasilkan uang. Siapa sangka, menjadi pembuat video dan diuploud di Youtube alias jadi Youtuber bisa dijadikan alterna ...

DIY

Hari Ini, Kasus Konfirmasi Covid-19 di DIY Bertambah 15 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan kasus konfirmasi sebanyak 15 orang, Selasa (28/7/2020). Dengan demikian total kasus k ...

Pendidikan

Nadiem Sebut Putera Sampoerna Foundation dan Tanoto Foundation Tak Pakai APBN di Program Organisasi Penggerak

 JAKARTA, BERNAS.ID- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyatakan Putera Sampoerna Foundation bersama Tanoto Foundation dipastikan menggunakan skema pembiayaan mandiri untuk mendukung Program Organisasi ...

DIY

Ini Alasan Sri Sultan Belum Ingin Buka Sektor Pariwisata Yogyakarta Secara Penuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan sektor pariwisata DIY belum akan dibuka secara penuh saat Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pembangunan Daerah Triwulan II Tahun 2020 yang digelar secara vi ...

DIY

Pedagang Hewan Kurban Keluhkan Penurunan Omset 30 Persen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pedagang hewan kurban keluhkan menurunnya omset penjualan mereka sebanyak 30% pada Idul Adha 1441 Hijriyah kali ini. Hal itu terjadi karena perekonomian yang belum stabil ditengah pandemi covid-19. Diakui Penjual ...

Kesehatan

Klaster Penyumbang Kenaikan Kasus Konfirmasi Covid-19, Ini Penjelasan Jubir Satgas

BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai100.303 orang per Senin (27/7/2020). Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan sejumlah tempat yang menjadi klaster penyebaran ...

DIY

DIY Laporkan 15 Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 dan 0 Positif Meninggal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami peningkatan. Hari ini, Senin (27/7/2020) ada penambahan kasus konfirmasi sebanyak 15 orang. Dengan demikian, totalnya ada 558 pasie ...

DIY

Memasuki Era Baru, Hotel harus Menerapkan Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta bersama BPD PHRI DIY melakukan pemantauan di sejumlah hotel di wilayahnya. Pemantauan ini sekaligus melihat kesiapan hotel-hotel dalam menerima tamu ditengah pandemi d ...

DIY

Jual Hewan Kurban di Kota Jogja Harus Seijin Camat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengeluarkan aturan penyelenggaraan ibadah Idul Adha 1441 Hijriyah yang tertuang dalam Surat Edaran Walikota bernomor 451/921/SE/2020 tentang panduan penyelenggaraan ibadah Idul Ad ...

Editorial

JANGAN PANIK DENGAN RESESI

Tidak perlu panik berlebihan dengan ancaman resesi. Setelah Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Chan Chun Sing, pada hari Selasa 14 Juli 2020 lalu menyatakan bahwa Singapura telah jatuh dalam resesi, ini menjadi al ...

DIY

Puluhan Minimarket Berjejaring di Jogja Langgar Aturan Jam Operasional

YOGYA, BERNAS.ID--DPRD Kota Yogyakarta menyoroti soal jam operasional toko swalayan termasuk minimarket berjejaring. Sebab ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola minimarket di masa tanggap darurat penanganan Covid-19 DIY yang a ...