Kambing-kambing Pengganti Ismail

Penulis : Heru Sang Amurwabumi
Editor : Sabila J. Firda
02 Agustus 2020

Ilustrasi dari pixabay


Bernas.id - Petang hari ketika kambing milik Parno mati adalah tanggal sembilan dalam penangggalan Jawa. Aku ingat, itu bulan Besar, karena malam setelah kejadian, gema takbir berkumandang dari langgar sebelah rumahku. Tak ada yang mendengar tangisan lelaki malang itu. Tabuhan bedug bertalu-talu yang mengiringi suara takbir menenggelamkannya.

Tentang siapa Parno, semua orang Desa Kedung Pingit sudah mengetahui. Bujang tua itu sering tersenyum dan tertawa terbahak-bahak sendiri. Bahkan terkadang menangis sejadi-jadinya tanpa sebab yang pasti—barangkali ketika ia menangisi kematian kambingnya, orang-orang berpikir bukan sungguhan menangis. Hal inilah yang membuat Parno dianggap kentir. Ditambah lagi penampakan tubuh dan wajahnya yang lain dari orang kebanyakan. Dua bola matanya lebih menonjol keluar. Bentuk kepalanya kecil dan mengerucut, serta bibirnya tidak bisa terkatup rapat.

Mbah Ponijem, simboknya Parno mungkin satu-satunya orang di Kedung Pingit yang menganggap anaknya itu normal dan waras. Padahal usia bujangnya sudah hampir 40 tahun, namun ia masih suka bermain dengan anak-anak umur belasan tahun. Tak jarang, ia masih suka pergi ke lapangan untuk menyoraki bocah-bocah cilik bermain bola dan layangan. Sementara teman-teman sepantarannya sudah menimang bayi dan pergi berjalan-jalan dengan anak-anak mereka ke kota.

Aku juga sependapat dengan Mbah Ponijem. Bagiku, Parno adalah orang waras. Setiap kali aku memberi makan kambing dan sapi milik bapakku di kandang yang letaknya berdekatan dengan rumah Parno, bujang tua itu selalu menyapaku dengan bersahaja. Bahkan sering kujumpai ia memanjat pohon jambu Darsono di pekarangannya, lalu memberikan sebagian buahnya kepadaku.

Mungkin sebab itu, meski orang sedesa menganggap Parno sebagai bocah kentir, simboknya yang sudah setengah pikun itu tidak pernah terima. Bagi Mbah Ponijem, Parno tetap sosok anak yang kelak bisa tumbuh gagah, lantas menikah dan memiliki anak. Seperti halnya anak lelaki normal pada umumnya. Selalu saja ada hanyalan yang berkeliaran di benak perempuan tua itu. Hayalan yang tak pernah lekang oleh waktu, sampai kini tubuhnya sudah nyaris dimakan renta. Sebuah kenyataan, bahwa anak lelakinya telah menjadi bujang tua, tidak pernah disadarinya.

Mula-mula keadaan Parno menjadi gunjingan orang-orang Kedung Pingit. Tetapi setelah berjalan bertahun-tahun, akhirnya ia seperti sudah menjadi bagian dari keseharian desa kami. Keberadaan Parno dengan tabiatnya terus bergulir mengikuti irama gerak dan napas, bahkan menjadi kenormalan Desa Kedung Pingit. Parno, yang hanya hidup bersama simboknya, mulai bisa disuruh bekerja membantu tetangganya ke sawah, sekadar menyiangi tanaman parasit. Di rumahnya, bahkan Parno juga sudah memelihara kambing. Jumlahnya ada dua ekor.

Begitu sudah menyatunya keadaan Parno dengan Desa Kedung Pingit, sehingga sehari-hari tak seorangpun perlu memberi perhatian khusus kepadanya. Namun hari ini lain, dari pembicaraan bapak dan simbokku, aku mendengar Parno tadi pagi nyaris dipukuli Mbah Soma. Padahal Parno hanya meminta beberapa pucuk daun ketela muda untuk pakan kambing-kambingnya. Mbah Soma marah dan memaki-maki dengan kata-kata umpatan, “Dasar bocah kentir.”

Aku juga mendengar bahwa Mbah Soma mengamuk karena Parno juga mengeluarkan umpatan kepada lelaki tua itu sebagai orang bau tanah yang pelit—semua orang Kedung Pingit tahu bahwa Mbah Soma menanam jenis ketela aneh dan tak pernah mengizinkan siapapun mengambil pucuk daunnya.

Terdorong rasa keingintahuan, sore itu aku mendatangi Parno dan menemukan ia sedang memberi makan dua ekor kambingnya. Nampak beberapa ikat daun ketela teronggok di sudut kandang. Sebagian dari daun-daun itu tergenggam di tangan Parno yang sedang asyik dengan kambing-kambingnya.

“Kang Parno,” aku memanggilnya pelan. Parno menoleh, menatapku sekejap lalu tersenyum. Aku terkejut melihat mata bujang itu berkaca-kaca.

“Kamu baik-baik saja, Kang?”

Parno tersenyum lagi. Kedua matanya kemudian beralih kepada kambing-kambingnya.

“Kepalaku masih pusing,” jawab Parno sekenanya.

“Apakah kepalamu pusing karena dipukul Mbah Soma?”

Parno tidak menjawab. Ia hanya melenguh panjang. Aku menduga bahwa matanya berkaca-kaca sebab bujang itu tak kuat menahan sisa rasa sakit di kepalanya akibat terjangan tangan Mbah Soma.

“Tapi aku tidak apa-apa kok. Sungguh, aku tidak apa-apa,” lanjut Parno sambil mengusap kelopak matanya yang masih berair.

“Sebenarnya apa yang terjadi, Kang?”

“Sudahlah, kamu jangan bertanya seperti itu. Semua sudah terjadi.” Kali ini Parno menjawab dengan suara tenang, meski terdengar berat dan serak.

“Benarkah kamu juga mengolok-olok Mbah Soma?” desakku.

Parno diam. Dari matanya yang sembap muncul kesan bahwa ia tidak menyukai pertanyaan demi pertanyaan yang aku lontarkan. Bahkan kemudian Parno membalikkan tubuh dan tak mau berbicara denganku. Menyadari bahwa keberadaanku di kandang kambing sore itu sungguh tidak mengenakkan baginya, aku bergegas melangkah pergi.

Tetapi dua langkah setelah aku keluar dari kandang kambingnya, bujang itu memanggilku,”Le … jangan pergi.”

Aku berhenti dan serta merta memiringkan tubuh, menatap ke arah Parno.

“Sebenarnya kesedihanku ini bukan sebab pertengkaran dengan Mbah Soma,” ucapnya.

“Apa?”

“Ini gara-gara kambingku.”

“Ada apa dengan kambing-kambingmu?”

“Kamu tahu, aku memeliharanya sejak masih cempe hingga sekarang sebesar ini.”

Ucapan Parno terdengar jauh lebih serius. Ucapan yang memaksaku mendekat lagi ke tempatnya berdiri.

“Simbokku ingin bisa berkurban pada Besaran besok. Kambing-kambing ini harus kuserahkan ke langgar untuk disembelih, sesuai perintah simbok.”

Aku melihat dua sudut mata Parno kembali menggenang.

“Awalnya aku tidak merelakan kambing-kambing yang sudah kuanggap seperti saudara ini akan disembelih. Tetapi Lik Kardjo, adik simbokku yang sekarang gemar pergi ke langgar itu berkata bahwa dulu Ismail bahkan merelakan dirinya untuk disembelih bapaknya sendiri. Ibrahim.”

Aku semakin terkejut. Parno sedang kerasukan bangsa brekasakan dari mana sore itu, pikirku. Sebagai bocah yang belum disunat, ucapannya tentu saja tak bisa kucerna dan kutangkap.

“Kata Lik Kardjo, kemudian Ismail digantikan kambing yang dikirim dari langit. Kalau aku merelakan kambing-kambing ini, mereka akan menjadi tunggangan kami kelak di surga … hahahaha,” ucap Parno kepadaku sambil tertawa. Seperti biasa, tawa terbahak-bahaknya kadang terdengar aneh.

“Apakah nanti kambing-kambingmu akan digantikan kambing yang dikirim dari langit seperti Ismail?” tanyaku bersungguh-sungguh.

“Hahahaha … betul … betul sekali,” pungkas Parno.

Bujang tua itu terus tertawa terbahak-bahak tiada henti. Tawanya bahkan terus berlanjut ke tangis. Celakanya, tangisannya juga tak bisa berhenti. Aku mengira ia sedang melakukan kebiasaan seperti yang lalu-lalu. Namun ternyata dugaanku salah. Pemandangan sore itu membuat aku bergidik dan ketakutan.

Tak pernah ada yang tahu, Parno menangis sambil menjerit histeris sore itu sebab dua ekor kambingnya mendadak kejang-kejang di hadapan kami. Mulutnya memuntahkan cairan hijau yang sewarna dengan pucuk daun ketela di genggaman Parno, lalu diakhiri dengan ambruknya hewan-hewan yang hendak dikurbankan untuk mengabulkan keinginan simboknya itu.

***

Petang hari ketika kambing milik Parno mati adalah tanggal sembilan dalam penangggalan Jawa. Aku ingat, itu adalah bulan Ruwah, sebab malam setelah kejadian, gema takbir berkumandang dari langgar sebelah rumahku. Saat itu umurku baru dua belas tahun. Beberapa jam setelah kematian kambing-kambing Parno, Mbah Soma terlihat berjalan mengendap-endap sambil menggiring dua ekor kambing tak jauh dari kandang milik Parno.

Aku yang berdiri memergokinya justru mengkerut. Mbah Soma menatapku dengan sorot mata dingin. Badanku gemetar. Aku ingin berlari dan menjerit minta tolong. Tapi aku tak punya nyali untuk itu. Wajahku memias ketika Mbah Soma menempelkan telunjuk ke bibirnya. Mbah Soma memegang kedua pundakku. Napasku seketika sesak. Aku ingin menangis agar ada yang mendengar dan menolongku, tapi tenggorokanku tersumbat. Mataku hanya bisa terpejam ketika lelaki tua itu berkata pelan, “Kambing-kambing pengganti Ismail yang akan disembelih Ibrahim sudah kuantarkan untuk mengganti kambing Parno yang mati. Biarlah tak ada orang yang tahu. Biar anak kentir yang sudah kuingatkan bahwa daun ketela di sawahku beracun itu, tak lagi bersedih. Semoga kambing itu kelak yang menuntunku berjalan menuju pintu surga.”

Selang beberapa jam kemudian, Kedung Pingit kembali gempar. Kabar bahwa Parno menerima kiriman kambing-kambing dari langit langsung tersebar ke segala penjuru desa.

Malam di penghujung bulan Juli terasa sunyi. Hanya terdengar samar-samar alunan takbir melalui speaker usang dari kampung-kampung tetangga yang terletak di seberang hamparan sawah. Malam itu, takbir di Desa Kedung Pingit mendadak tak lagi nyaring berkumandang. Orang-orang sedang sibuk membicarakan kambing-kambing pengganti Ismail untuk Parno, tanpa tahu siapa yang mengirimnya dari langit. (*Heru Sang Amurwabumi)


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Rinaldi di Mata Civitas UGM

SLEMAN, BERNAS.ID - Dosen Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Stedi Wardoyo menceritakan tentang sosok Almarhum Rinaldi Harley Wismanu yang ditemukan tewas termutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Sela ...

DIY

Satgas Covid-19: 70 Persen Kasus Positif di DIY Didominasi OTG

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyampaikan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, kasus konfirmasi Covid-19 bertambah 41 orang, Kamis (17/9/2020).  " ...

DIY

Pedestrian Malioboro Diharapkan Terwujud Tahun Depan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemda DIY kini sedang mematangkan dan memperkuat formulasi rencana uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro mulai dari manajemen lalu lintas, pemenuhan kantong parkir, penataan sirip-sirip dan sebagainya pada ...

DIY

Empat Anggota Kena Covid-19, DPRD DIY Mengaku Tak Kendorkan Kinerja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Adanya kasus 4 orang positif Covid-19 di perkantoran di lingkup DPRD DIY merupakan pengingat yang penting, bahwa semua pihak harus bergerak serempak dalam menjalankan protokol kesehatan. Eko Suwanto selaku Ketua Komi ...

DIY

Kesaksian Orang-orang Dekat Rinaldi, Korban Mutilasi Kalibata City

SLEMAN, BERNAS.ID - Korban mutilasi, Rinaldi Harley Wismanu yang ditemukan di Apartemen Kalibata City Jakarta merupakan sosok pribadi yang baik dan penyayang. Hal ini diungkapkan oleh pamannya, Hutabarat yang merupakan suami dari adik Ibu A ...

Pilkada

Bawaslu Imbau Bapaslon Turunkan Alat Peraga Secara Mandiri

SLEMAN, BERNAS.ID - Bawaslu Kabupaten Sleman meminta KPU Kabupaten Sleman mengoptimalkan posko pelayanan pendaftaran pemilih selama proses pengumuman dan tanggapan masyarakat serta perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Bupati d ...

DIY

Beras Bansos Kemensos Mulai Didistribusikan di Kota Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bantuan beras dari Kemensos RI bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah didistribusikan di berbagai wilayah Kota Yogyakarta. Untuk mencegah kerumunan, pembagian dipecah hingga tingkat kecamatan dan kelurahan.& ...

DIY

DPRD DIY Konsisten Tak Mau Sebut Nama Anggota yang Positif Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, menegaskan, sesuai aturan, DPRD DIY tidak diperkenankan menyampaikan ke publik nama empat anggota dewan yang positif Covid-19. Keterbukaan pejabat soal Covid-19 d ...

Kesehatan

Pentingnya Mengenal Kemampuan Diri Sendiri

Pada dasarnya, tidak ada manusia yang terlepas dari masalah. Baik dengan keluarga, teman kerja bahkan lawan interaksi sosial. Jika dianalisa lebih lanjut, semua masalah tersebut terkoneksi langsung dengan diri sendiri. Kebanyakan orang tida ...

Kesehatan

Hindari Penularan Covid-19 di Rumah, Luhut Minta Pemda Siapkan Ini

BERNAS.ID - Luhut Binsar Pandjaitan selaku Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu meminta pemerintah daerah (pemda) untuk membangun pusat-pusat karantina untuk isolasi kasus konfirmasi Cov ...

Gen Z

CLC disebut Anak Tiri dari Cube Entertaiment, Ini Penyebabnya.

Crystal Clear atau lebih dikenal sebagai CLC adalah sebuah girl group beranggotakan 7 orang yang berjalan di bawah naungan agensi Cube Entertaiment. CLC terbentuk dan didebutkan pada tahun 2015 dengan 5 orang anggota, hingga pada tahun 2016 ...

Gen Z

Blackpink Dituduh Meniru Lagu Legendaris Queen, Ini Fakta dan Kebenarannya.

Blackpink memang tak pernah sepi dari sensasi. Nama girl group asal Korea Selatan, Blackpink tentu tak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama para penggemar Kpop. Nama girl group yang diasuh oleh YG Entertaiment itu sendiri ...

Analisa Pilkada

Hari Ini Batas Perbaikan Berkas Bapaslon Bupati Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul meminta masing-masing tim bapaslon segera melakukan perbaikan kelengkapan dokumen bagi kandidat pilkada yang belum memenuhi syarat administratif. KPUD Gun ...

DIY

Di Sleman, Anak Ahmad Dhani Ungkap Cita-citanya Jadi Presiden di Tahun 2049

SLEMAN, BERNAS.ID - Ahmad Jalaluddin Rumi atau akrab disapa El Rumi mengatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden di tahun 2049. Saat itu, ia mengatakan umurnya telah mencapai 50 tahun. Pernyataan ingin menjadi presiden ini, ia ungka ...

DIY

Istri Ketua DPRD DIY Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Cobaan kembali menimpa Ketua DPRD DIY Nuryadi. Sang isteri tercinta, Sulastri, meninggal dunia pada Rabu (16/9/2020) pukul 09.06 WIB, pada usia 58 tahun. Almarhumah meninggal di Rumah Sakit Bethesda akibat penyakit g ...

DIY

Empat Anggota DPRD DIY Positif Covid-19, Gedung Dewan Ditutup 3 Hari

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - DPRD DIY mengadakan tes swab kepada 32 anggotanya, Sabtu (12/9/2020) akhir pekan lalu. Hasilnya, ditemukan ada empat orang anggota dewan yang positif Covid-19. "Saya tekankan, positif Covid-19 bukanlah sebuah ...

Bernas TV

FSPRTMM : Rencana Revisi PP 109/2012 Akan Hambat Industri Tembakau

Yogyakarta, BERNAS.ID – Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tembakau, Makanan dan Minuman, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM SPSI) meminta pemerintah untuk menunda penerapan regulasi terbaru pada Industri Hasil Tembakau (IH ...

Editorial

PSBB TOTAL LAGI UNTUK JAKARTA

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total mulai 14 September 2020 untuk seluruh wilayah Jakarta, meskipun banyak pihak tidak setuju dengan keputu ...

DIY

Lift yang Dinaiki Putus Kabel, Ketua DPRD DIY Dilarikan ke Rumah Sakit

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua DPRD DIY Nuryadi mengalami kecelakaan saat menggunakan lift di kompleks kantornya pada Selasa (15/9/2020).  Nuryadi yang belum diketahui kondisinya akibat kecelakaan itu langsung dibawa ke rumah sakit untu ...

Lifestyle

Film Mulan Melawan Aktivis Hong Kong, Tagar #Boycott Mulan Trending Topic

Para penggemar film Disney mungkin tak akan asing dengan salah satu film dari serial Disney Princess, Mulan. Menceritakan tentang seorang perempuan muda bernama Mulan  yang tinggal bersama keluarganya di pedesaan yang indah. Semua paka ...

Ekonomi

Sri Sultan: Perekonomian Harus Tetap Bergerak Jika Tidak Ingin Alami Resesi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ekonomi global yang pada triwulan kedua 2020 telah terkontraksi cukup besar akibat pandemi Covid-19, pada triwulan ketiga juga diprediksi masih mengalami penurunan. Ditargetkan pada triwulan keempat perekonomian ...

Nasional

Presiden Lantik 20 Duta Besar

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo melantik 20 duta besar Republik Indonesia (RI) untuk sejumlah negara sahabat. Pelantikan para duta besar tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 14 September 2020. Pengangkatan pa ...

Hukum dan Kriminal

Usai Layani Tamu, PSK Asal Solo Tewas di Hotel Kawasan Depok Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Seorang Pekerja Seks Komersial (PSK), inisial DP (40) warga Solo, Jawa Tengah, ditemukan tewas usia melayani tamunya di sebuah hotel kawasan Depok Sleman sekira pukul 05.00 pagi, Minggu (13/9/2020). Pihak kepolisian masi ...

Ekonomi

Ekonomi Kota Jogja Kini Mulai Menggeliat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Aktivitas ekonomi di Kota Yogyakarta setelah sekitar satu semester terdampak pandemi COVID-19 dinilai mulai menggeliat. Meski demikian belum maksimal karena tidak terjadi secara merata di seluruh bidang usaha. &ld ...

DIY

BKKBN Ajak Keluarga di Sleman Cegah Covid-19, Dimulai dari Ketahanan Keluarga

SLEMAN, BERNAS.ID - Setiap perilaku anggota keluarga memegang peranan penting ketika beradaptasi dalam kebiasaan baru guna mencegah penularan Covid-19. Kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan akan memperkuat ketahanan keluarga.  Ke ...

DIY

Anggota DPRD DIY Agus Sumartono Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kabar duka datang dari instansi DPRD DIY. Anggota DPRD DIY dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Agus Sumartono meninggal dunia. Kabar berpulangnya tokoh yang biasa disapa Gus Ton itu disampaikan akun terkon ...

Kesehatan

Kegiatan Berkumpul Warga Picu Penyebaran Klaster Keluarga

SLEMAN, BERNAS.ID - Ancaman penyebaran Covid-19 dari klaster keluarga semakin meningkat. Munculnya klaster ini menunjukkan bahwa Covid-19 telah masuk ke satuan unit terkecil dalam masyarakat. Epidemiolog UGM, Bayu Satria Wiratama, SKed, ...

DIY

Jalan Kemasan Kotagede Ditutup Akhir Bulan Ini

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Akses Jalan Kemasan di Kota Yogyakarta akan ditutup selama pekerjaan fisik revitalisasi saluran air hujan atau drainase berlangsung. Penutupan dimulai dari sisi selatan pada akhir September 2020. “Penut ...

Pariwisata

Hotel di DIY Sudah Rasakan Imbas Rencana PSBB Jakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mulai Senin (14/9/2020), sudah dirasakan dampaknya pada pelaku pariwisata di DIY khususnya di bidang perhotelan. Namun mereka menegaskan ...

Pariwisata

Pelaku Wisata Jogja Alami Nol Income, Perlu Bantuan Pemerintah

SLEMAN, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 membuat para pelaku wisata di Yogyakarta tak memiliki penghasilan (income) karena ada pembatasan-pembatasan kegiatan. Beberapa pelaku wisata pun banting stir ke pekerjaan lain untuk mengais rejeki. Mu ...

Kesehatan

MUI Sleman Periksa Kehalalan Ratusan Sampel Jajanan Sekolah, Ini Hasilnya

SLEMAN, BERNAS.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sleman dan Pusat Studi Hatren (Halalan Toyiban Riset and Education) UII Yogyakarta melakukan penelitian terhadap ratusan sampel jajanan dari sejumlah sekolah di Kabupaten Sleman. Sampel jaja ...

Analisa Pilkada

Perlu Perhatikan Perkembangan Kasus Covid-19, Jubir Satgas: Agar Tidak Terjadi Malapetaka

JAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta agar pemerintah daerah (Pemda) memperketat aktivitas politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Pilkada merupakan pesta demokrasi yang melibatkan ...

Analisa Pilkada

KPU Siapkan Peraturan Pelarangan Iklan Kampanye Melalui Media Sosial

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini tengah mempersiapkan ketentuan yang melarang iklan kampanye pilkada pada media sosial. Hal ini terungkap dalam uji publik rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang perubahan a ...

Analisa Pilkada

72 Petahana Peserta Pilkada 2020 Mendapat Teguran Mendagri Karena Dinilai Langgar Protokol Kesehatan

JAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 72 incumbent atau petahana dalam pilkada serentak 2020 mendapatkan teguran keras dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian karena dinilai telah melanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seb ...

DIY

Kurangi Penumpukan, Dishub Sleman Tambah Kuota 110 Kendaraan Per Hari

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perhubungan menambah kuota pendaftaran uji berkala kendaraan setiap harinya untuk upaya penyelesaian uji berkala kendaraan yang tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Penambaha ...

Kesehatan

Tingkatkan Imunitas, Bupati Sleman Ajak Warga Giat Olahraga di Tengah Pandemi

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2020, Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengajak warga Sleman untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat Sleman. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Sl ...

DIY

Pemkot Yogyakarta Minta Kunjungan Kerja dari Wilayah Zona Merah Ditunda Dulu

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta meminta agar kunjungan kerja dari instansi lain di luar Yogyakarta khususnya yang berasal dari wilayah zona merah Covid-19 ditunda terlebih dahulu. Sebab Pemkot Yogyakarta sedang mengantis ...

DIY

Deklarasi Pemakaian dan Pembagian 300 Ribu Masker oleh Satpol PP DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komisi A DPRD DIY, Satpol PP DIY dan BPBD DIY melakukan deklarasi pemakaian masker, Jumat (11/9/2020) di DPRD DIY. Usai deklarasi, sebanyak 300 ribu masker dibagikan kepada masyarakat secara bertahap oleh Satpol PP D ...

DIY

Realisasi Penyaluran Bansos Tunai di Jogja Meningkat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Realisasi penyaluran bantuan sosial tunai periode dua di Kota Yogyakarta yang dilakukan pada akhir Agustus mencapai 98 persen. Ini lebih tinggi dibanding realisasi penyaluran pada periode pertama sebanyak 95 per ...

DIY

Razia Masker, 3 Warga Diberi Sanksi Sosial

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Perijinan Modal, Dinas Sosial, dan Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman menjadi sasaran inspeksi mendadak (sidak) Bupati Sleman, Sri Purnomo, bersama Kasatpol PP Kabup ...

Analisa Pilkada

Banyak Bacakada Pilkada 2020 Positif Covid-19, Peneliti Perludem Beri 2 Usulan

JAKARTA,BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum atau KPU menyebut sebanyak 60 bakal calon kepala daerah yang akan maju dipilkada 2020 dinyatakan positif Covid-19.  Bakal Cakada ini tersebar di 21 provinsi dari 32 Pro ...

DIY

Kasus Aktif Positif Covid-19 di DIY Tercatat 348

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (10/9/2020) sama seperti kemarin, yakni 50 orang. Total keseluruhan kasus konfirmasi atau kasus positif Covid-19 di DIY pun menjadi ...

Wacana

Kebijakan Minus “Penerangan”

Oleh : Sayfa Auliya Achidsti (pengamat kebijakan publik) Spekulasi perombakan (reshuffle) kabinet baru-baru ini hangat dibicarakan semua kalangan. Saking hangatnya, kini setiap kebijakan menteri, bahkan isyarat perilakunya seakan menjadi ...

Analisa Pilkada

Bernas Launching Polling Pilkada 2020 sebagai Kontribusi Mengawal Demokrasi

BERNAS.ID - Harian Bernas melalui Bernas Research Center pada hari Rabu siang (9/9/2020) melakukan peluncuran platform Polling Pilkada 2020 yang berlokasi di gedung Mandira Baruga kompleks Purawisata Yogyakarta. Peluncuran dilakukan bersama ...

Nasional

Ketua MPR RI Lantik Dua Anggota Pergantian Antar Waktu

JAKARTA, BERNAS.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), melantik dua anggota MPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW), yakni Prasetyo Hadi (Fraksi Partai Gerindra, dari daerah pemilihan Jawa Tengah VI) dan Haerul Saleh (Fraksi Partai ...

Hukum dan Kriminal

Keluar Penjara Tak Punya Uang, Residivis Ini Rampok Tetangganya Sendiri

SLEMAN, BERNAS.ID - Residivis inisial ABS (22) warga Sanggrahan, Sidomoyo, Godean, Sleman ini melakukan pemerasan dan ancaman dengan senjata tajam kepada tetangganya sendiri, AN (40), ibu rumah tangga yang tinggal bersama kedua anak perempu ...

Inspirasi

Ini Jurnalisme Fakta dan Makna Ala Jakob Oetama, Pendiri Kompas

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam pidato penerimaan gelar doktor kehormatan UGM 17 April 2003 lalu, pendiri Kompas, Jakob Oetama menyampaikan pemikirannya berjudul "Antara Jurnalisme Fakta dan Jurnalisme Makna". Jakob tidak menegaskan pil ...

Olahraga

Walikota Ingatkan Atlet Jogja Agar Rajin Berlatih di Rumah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengingatkan seluruh atlet asal Kota Jogja untuk tidak bosan berlatih di rumah di masa pandemi COVID-19 yang berkepanjangan. Ini demi menjaga prestasi olahraga. “Kondisinya ...

Hukum dan Kriminal

Ingin Biayai Pernikahan Adiknya, Karyawan Gelapkan Barang dengan 100 Faktur Palsu

SLEMAN, BERNAS.ID - Dua karyawan inisial NI (36), selaku sales, warga Wirobrajan Yogyakarta dan M (37) selaku sopir pengantar barang warga Minggir Sleman, nekat melakukan tindak pidana penggelapan produk mi instan dari PT Indomarco Adi Prim ...

DIY

Komisi C Tak Puas dengan Proyek Pembangunan di TPA Piyungan

BANTUL, BERNAS.ID - Kondisi TPA Piyungan di Bantul, DIY mendapat perhatian khusus dari Komisi C DPRD DIY yang melakukan inspeksi dan ke kawasan tersebut, Kamis (10/9/2020). Proyek pembangunan fisik kawasan tersebut dirasa belum memuaskan pe ...