Berita Nasional Terpercaya

Kementerian PUPR Bangun Bendungan Demi Ketahanan Pangan, Salah Satunya di Semarang

0

BERNAS.ID – Pemerintah mengupayakan ketahanan pangan dan air secara nasional melalui pembangunan bendungan di daerah-daerah pedesaan. Dalam hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menjalankan proyek bendungan baru di berbagai provinsi. 

Setidaknya, ada 5 proyek bendungan yang tengah diselesaikan pembangunannya oleh Kementerian PUPR. Kelima proyek bendungan itu, yakni Bendungan Ameroro di Sulawesi Selatan, Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Bendungan Tiu Suntuk di Nusa Tenggara Barat (NTB), Bendungan Budong-budong di Sulawesi Barat, dan Bendungan Jragung di Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan sebagai wujud dukungan terhadap produksi pertanian yang berkelanjutan. Selain itu, adanya bendungan di daerah-daerah memiliki potensi air baku, pengendalian banjir, maupun pariwisata yang dapat menumbuhkan ekonomi lokal. 

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” terang Basuki dalam keterangan pers, Minggu (2/8/2020).

Salah satu bendungan proyek pemerintah berada di Semarang, Jawa Tengah. Bendungan Jragung memiliki kapasitas tampung sebesar 90 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 503,1 ha. Bendungan yang ditargetkan rampung pada 2024 itu dapat memberikan manfaat untuk suplai air irigasi seluas 6.435 ha, air baku 1.000 liter/detik dan mereduksi banjir 68 persen. Proyek Bendungan Jragung membutuhkan biaya sebesar Rp 2,72 triliun. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.