Berita Nasional Terpercaya

Ingin Masyarakat Menengah ke Bawah Disiplin Protokol Kesehatan, Jokowi Minta PKK Lakukan Ini

0

BERNAS.ID – Pandemi Covid-19 masih menjadi salah satu ancaman kesehatan saat ini. Presiden Joko Widodo mengharapkan ada perubahan perilaku hidup sehat di tengah masyarakat. Menurutnya, perubahan perilaku masyarakat itu harus didorong dengan kampanye dan komunikasi masif melalui televisi hingga media sosial selama dua pekan dengan cara yang berbeda-beda.

Menurutnya, belakangan ini orang-orang yang tidak taat pada protokol kesehatan bukannya berkurang malah semakin banyak. Demi menjaga agar angka kesembuhan terus meningkat dan menekan kasus konfirmasi, pria yang akrab disapa Jokowi itu pun memerintahkan jajarannya untuk segera mengampanyekan penggunaan masker dalam dua minggu ke depan. 

“Saya ingin fokus saja, mungkin dalam dua minggu kita fokus kampanye mengenai pakai masker,” ungkapnya dalam Rapat Terbatas dengan topik Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8/2020).

Disampaikan pada rapat terbatas itu, persentase angka kematian di Indonesia lebih tinggi 0,8 persen dari angka kematian global. “Ini menjadi PR besar kita bersama. Meski, case recovery rate di negara kita cukup bagus, yaitu 61,9 persen sembuh, dan terus meningkat,” tulisnya di Instagram @jokowi.

Selain penggunaan masker, Presiden berharap protokol kesehatan maupun perilaku masyarakat harus menjadi perhatian. Sehingga kampanye tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dilakukan secara bertahap. 

“Nanti dua minggu berikut kampanye jaga jarak atau cuci tangan misalnya, tidak dicampur urusan cuci tangan, urusan jaga jarak, urusan tidak berkerumun, pakai masker kalau barengan,” sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Ia menilai jika kampanye dilakukan secara bersamaan malah akan sulit ditangkap atau diterima seluruh lapisan masyarakat. Tak semua orang menggunakan media sosial, menonton televisi, dan sebagainya. Misalnya, bagi kalangan menengah ke atas akan lebih mudah menangkap dan memahami informasi tetapi kalangan menengah ke bawah perlu mendapat sosialisasi satu per satu.

Sehingga perlu ada peran-peran dari komunitas terkecil di tengah masyarakat. Presiden Jokowi ingin melibatkan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk membantu kampanye penggunaan masker dari pintu ke pintu. Menurutnya, peran PKK di lingkup kecil masyarakat bisa lebih efektif untuk menjalankan kampanye tersebut. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.