Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Kerja Sambil Kuliah Agar Lancar dan Seimbang

0

Bernas.id ? Kerja sambil kuliah memang membutuhkan energi dua kali lipat. Butuh tenaga ekstra untuk bisa bekerja dengan penuh konsentrasi sekaligus menyimpan energi karena sepulang kantor masih harus kuliah. Tentu saja kerja sambil kuliah harus berjalan lancar dan seimbang keduanya.

Ikutilah 5 tips berikut ini agar kerja sambil kuliah berjalan lancar dan seimbang.

1. Punya Prioritas

Kerja dan kuliah sama-sama prioritas. Itulah prinsip yang harus kamu pegang. Dengan demikian, hal-hal di luar itu bukanlah prioritas. Selain kerja dan kuliah tentu kamu punya keluarga, teman, dan diri sendiri untuk kamu utamakan. Mulailah menyusun skala prioritasmu. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa terlalu lelah karena salah atur prioritas.

2. Pilih Waktu Kuliah yang Fleksibel

Sebenarnya, tidak ada waktu kuliah yang benar-benar fleksibel. Jadwal kuliah tentu sudah ditentukan sejak awal semester dan harus dipatuhi sampai akhir. Maksudnya memilih waktu kuliah yang fleksibel ini adalah kamu memilih kampus yang memiliki program kelas karyawan. Biasanya, kelas karyawan memiliki kebijakan khusus dibandingkan kelas reguler sehingga dapat menyesuaikan waktu kerja dengan kuliah.

3. Bicarakan dengan Kantor

Tentu kamu harus mengkomunikasikan keinginanmu untuk kuliah lagi ke kantor. Hal itu agar atasanmu tahu dan dapat mendukung bahwa kamu sedang menjalani kerja sambil kuliah. Kantor tentu akan memberikan jalan tengah agar kamu bisa bekerja sambil kuliah.

4. Pilih Jadwal Kuliah

Untuk semester 1 biasanya jadwal sudah ditentukan oleh pihak kampus tapi di semester selanjutnya kamu sudah bisa memilih jadwal kuliahmu sendiri. Memilih jadwal kuliah juga bisa sebagai salah satu cara kamu mengatur waktu agar jam kerja dan jam kuliah tidak bentrok.

5. Buat Jadwal Aktivitas

Bekerja dan kuliah tentu bukan hanya sekadar datang ke kelas dan ke kantor. Ada kegiatan di luar itu tapi masih berhubungan. Misalnya, harus mengerjakan tuga kelompok dengan teman atau bekerja lembur. Tapa perencanaan matang kegiatan kamu itu bisa tidak terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membuat rencana apa yang akan kamu lakukan setiap harinya.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan saat menjalani #kuliahsambilkerja. Jika kamu baru mau memilih kampus untuk #kuliahsambilkerja saat ini ada kampus yang mendukungmu untuk melakukan itu. Bukan hanya #kuliahsambilkerja tapi juga #kuliahpakebeasiswa dan #JadiPengusahaSejakMahasiswa.

Perguruan tinggi yang selalu mendukung mahasiswanya untuk memiliki bisnis sejak kuliah adalah Universitas Mahakarya Asia yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di Universitas Mahakarya Asia. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama dan ambil bagian dari kesuksesan yang luar biasa ini. Let?s join us! Universitas Mahakarya Asia, Kampus Pencetak Pengusaha pertama dan satu-satunya di Indonesia.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.