Berita Nasional Terpercaya

Satgas Covid-19 Izinkan Belajar Tatap Muka di Zona Kuning, Ini Pesan Mendikbud

0

BERNAS.ID – Zona kuning Covid-19 dapat melakukan kegiatan tatap muka di sekolah. Berdasarkan data hingga 2 Agustus 2020, setidaknya ada 163 daerah zona kuning atau berisiko rendah. Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Sebelumnya, pemerintah baru mengizinkan sekolah tatap muka dilakukan di daerah zona hijau atau daerah yang aman Covid-19.

“Kalau kita lihat peta per 2 Agustus 2020, ada 163 zona kuning, yang kiranya nanti ini akan bisa dilakukan kegiatan belajar tatap muka,” ungkap Doni Doni dalam diskusi daring Kemendikbud penyesuaian kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19, Jumat (7/8/2020) kemarin. 

Kendati begitu, kebijakan pembelajaran tatap muka dikembalikan kepada kepala daerah setempat karena lebih mengetahui kondisi daerahnya. 

“Artinya, keputusan untuk memulai sekolah atau belajar tatap muka juga dikembalikan kepada daerah. Para bupati, para wali kota, dan gubernur, karena para pejabat itulah yang paling tahu situasi di daerah masing-masing,” ujar dia.

Doni mengharapkan, sebelum dimulai belajar kembali di sekolah ada kegiatan simulasi dan pra kondisi. Menurutnya, simulasi diperlukan sehingga saat sekolah dimulai, segala resiko yang mungkin terjadi telah diperhitungkan. Kebijakan terkait belajar tatap muka di sekolah dapat diputuskan bersama-sama dengan tokoh-tokoh di daerah seperti tokoh agama, budayawan, para pengambil kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan. 

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah mengizinkan sekolah yang berada di zona kuning Covid-19 bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Ia membeberkan peserta didik yang bersekolah di zona hijau dan kuning mencapai 43 persen. Sisanya, merupakan peserta didik yang berada di zona oranye dan zona merah Covid-19. 

“Kami beserta 3 kementerian lainnya mengimplementasikan perluasan ada dua hal. Pertama adalah perluasan pembelajaran tatap muka untuk yang zona kuning,” ungkap Nadiem dalam video conference, Jumat (7/8/2020).

Meski begitu, Nadiem menambahkan kebijakan belajar tatap muka di sekolah tidak wajib dijalankan. Ia meminta agar semua tetap mengikuti protokol kesehatan demi mengendalikan penularan Covid-19. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.