Berita Nasional Terpercaya

Taman Pintar Mulai Ramai Dikunjungi Lagi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Taman Pintar Yogyakarta mulai dikunjungi wisatawan, setelah dibuka secara terbatas sejak awal Juli 2020, meski jumlah pengunjung belum kembali pulih dan masih didominasi kunjungan keluarga.

“Jumlah pengunjung tidak terlalu banyak. Masih landai, yaitu rata-rata sekitar 100 orang per hari,” kata Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta Afia Rosdiana, Sabtu (8/8/2020).

Walaupun jumlah kunjungan belum terlalu banyak, Afia memastikan seluruh prosedur dan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona tetap diberlakukan secara tegas. Sejauh ini menurutnya memang lebih banyak wisatawan dari keluarga.

“Ada yang dari luar kota. Sedangkan untuk wisatawan rombongan belum masuk karena saat ini pun masih masa sekolah,” katanya.

Ia menambahkan, Taman Pintar Yogyakarta juga belum menerima reservasi mengenai kunjungan rombongan meskipun sudah banyak yang menanyakan mengenai prosedur kunjungan rombongan ke Taman Pintar.

“Saya kira, biro perjalanan wisata pun masih menunggu perkembangan kebijakan dari pemerintah di masa pandemi seperti sekarang ini. Termasuk nanti kebijakan mengenai kegiatan sekolah karena segmen wisata di Taman Pintar adalah anak sekolah,” jelasnya.

Sebelum masa pandemi, Taman Pintar Yogyakarta yang berada di Jalan Senopati rata-rata dikunjungi sekitar 3.000 orang per hari dan meningkat hingga dua hingga empat kali lipat pada masa libur sekolah.

Sedangkan sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan untuk wisatawan di antaranya, melakukan pengukuran suhu tubuh, mengatur jumlah wisatawan agar tidak terjadi penumpukan di salah satu wahana atau alat peraga, menempatkan hand sanitizer di tiap alat peraga, hingga menyediakan fasilitas pembelian tiket nontunai.

Wisatawan pun diminta untuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disiapkan, melakukan pemindaian barcode, selalu menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Pada masa pandemi, belum semua wahana di Taman Pintar bisa dinikmati pengunjung. Wahana yang dibuka di antaranya Gedung Oval dan Gedung Kotak, Kampung Kerajinan, Bahari, dan Planetarium dengan jam kunjungan pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Sedangkan wahana Gedung PAUD, wahana air menari serta alat peraga lalu lintas masih ditutup sebagai upaya mengurangi potensi penularan Covid-19. (den)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.