Berita Nasional Terpercaya

Cara Mendapatkan Beasiswa S1 Luar dan Dalam Negeri yang Harus Kamu Tahu

0

BERNAS.ID – Untuk mendapatkan beasiswa ada syarat dan teknik yang harus kamu ketahui. Tentu tujuannya agar lolos dalam beasiswa yang kamu inginkan. Salah satu beasiswa yang banyak dicari adalah beasiswa S1 baik di dalam maupun luar negeri.

Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang cara mendapatkan beasiswa S1 Dalam dan Luar Negeri yang dirangkum dari Quipper.

Syarat Mendapatkan Beasiswa S1

Secara garis besar, berikut ini adalah syarat untuk lolos beasiswa yang sedang kamu incar.

Syarat:

  • Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga atau institusi lain.
  • Berkomitmen menyelesaikan studinya sampai akhir.
  • Berstatus pelajar SMA (atau sederajat) dengan prestasi akademik yang memuaskan. (Tergantung permintaan dari beasiswa itu sendiri, biasanya mereka membutuhkan nilai rata-rata 8).
  • Berasal dari keluarga yang kesulitan finansial.
  • Punya akhlak, sopan santun, dan perilaku yang baik.

Siapkan Dokumen:

  • Surat pernyataan dari sekolah yang menerangkan bahwa kamu masih aktif sebagai pelajar di sekolah tersebut.
  • Surat pernyataan dari sekolah yang menerangkan bahwa kamu sedang tidak menerima beasiswa dari lembaga manapun.
  • Foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  • Mengisi formulir aplikasi dalam bahasa Indonesia atau Inggris.
  • Fotokopi tanda pengenal (KTP/Kartu Pelajar).
  • Fotokopi KK.
  • Transkrip nilai dari semester 1 hingga sekarang.
  • Surat keterangan tidak mampu dari pejabat setempat.

Cara Mendapatkan Beasiswa S1

1) Rajin Cari Info

Jangan malas mencari informasi tentang beasiswa yang kamu inginkan. Kenali betul seperti apa program yang ditawarkan. Kamu bisa browsing di internte dan membaca tentang kebiasaan tahun-tahun sebelumnya.

2) Beprestasilah

Syarat untuk bisa lolos beasiswa tentu kamu harus punya nilai lebih. Salah satunya adalah memiliki prestasi. Fokuslah kepada apa yang menjadi kesukaan dan keterampilanmu kemudian berprestasilah di bidang itu. Prestasi akademik mungkin bukan yang menentukan apakah kamu jadi orang sukses atau tidak, tapi yang pasti prestasi akademik ini jadi penentu apakah CV kamu dilirik atau tidak.

3) Aktif Ikut Organisasi

Pengalaman organisasi juga menjadi hal penting untuk bisa lolos beasiswa. Kegiatan berorganisasi ini menunjukkan seberapa terbuka dan bisa bertahannya kamu dengan orang-orang baru. Untuk penerima beasiswa luar negeri sudah pasti kamu harus siap berhadapan dengan teman-teman baru yang berbeda latar belakang dan budaya. Oleh karena itu,  kamu bisa ikut organisasi baik di dalam maupun di luar sekolah yang sesuai minat dan bakat kamu.

4) Kuasai Bahasa Asing

Baik beasiswa dalam negeri atau luar negeri, syarat mampu berbahasa asing ini selalu ada. Bisa fasih berbahasa asing secara altif maupun pasif.  Untuk berminat mengambil beasiswa S1 luar negeri, kamu harus punya skor TOEFL minimal 450-500.

5) Belajar Membuat CV dan Motivation Letter yang Menarik

Nah, selain kemampuan diri yang harus kamu persiapkan adalah  CV dan motivation letter. Pembuatan CV dan motivation letter ini adalah faktor lain yang menentukan apakah kamu mendapatkan beasiswa atau tidak.

CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah lembaran daftar hidup yang merepresentasikan siapa kamu, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, riwayat pendidikan, riwayat organisasi, dan lain-lain. Sementara motivation letter adalah sebuah esai yang berisi apa motivasi kamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Jadi semacam proposal yang menunjukkan seberapa layak kamu menerima beasiswa tersebut.

Nah, kamu bisa mulai melatihnya dari sekarang. Salah satu kampus yang memiliki banyak beasiswa untuk mahasiswanya adalah Universitas Mahakarya Asia yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di Kampus Mahakarya. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama Kampus Mahakarya. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah dengan klik info lengkapnya di: http://daftar.unmaha.ac.id/register .(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.