Berita Nasional Terpercaya

3 Hal yang Harus Dilakukan untuk Memasuki Era Adaptasi Kebiasaan Baru

0

Bernas.id ? Kurang lebih 5 bulan sudah Indonesia berperang melawan pandemi covid-19.  Selama itu, kita harus menjalani karantina untuk berada di rumah saja. Seiring berjalannya waktu, kurva covid-19 ternyata tidak melandai. Era adaptasi kebiasaan baru pun ditetapkan. Masyarakat bisa mulai lagi beraktivitas di luar dengan tetap memperhatian protokol kebersihan diri sebagai bagian dari gaya hidup baru.

Lalu, panduan apa saja yang harus tetap dilakukan selama beradptasi dengan kebiasaan baru?

1. Tetap Menjalankan Physical Distancing

Tetap jaga jarak aman dengan orang lain akan jadi kebiasaan baru dalam era adaptasi kebiasaan baru. Meskipun saat ini kamu sudah bisa melakukan aktivitas di luar rumah tetap saja kamu harus menjaga jarak alias memperhatikan physical distancing. Imbauan WHO menyebutkan bahwa jaga jarak aman antara satu orang dengan orang lainnya adala 1-2 meter.

2. Selalu Memakai Masker, Sunglasses, dan Face Shield Saat Keluar Rumah

Masker, sunglasses dan faceshield adalah perlengkapan wajib yang harus kamu miliki di era adaptasi kebiasaan baru. Pelindung diri itu wajib digunakan saat keluar rumah di era new normal. Misalnya saja wajib menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

Memanfaatkan sunglasses untuk melindungi mata dan topi sebagai penutup kepala saat sedang berada di moda transportasi umum atau public space.

3. Rajin Cuci Tangan dan Selalu Membawa Hand Sanitizer

Virus Corona menular melalui percikan cairan atau droplet yang masuk ke tubuh manusia. Droplet bisa menempel di permukaan benda yang mungkin akan tersentuh oleh tangan kita. Maka, kebiasaan mencuci tangan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan tetap harus terus dilakukan. Tangan menjadi media penyebaran bakteri dan virus yang paling cepat karena sering memegang benda lain.

Ketika sudah kembali bekerja di kantor lagi, kamu bakal sering bersentuhan dengan benda-benda yang berisiko memiliki bakteri dan virus menempel seperti gagang pintu, meja, hingga tombol lift.

Pastikan kamu selalu cuci tangan secara rutin dengan air dan sabun selama 20 detik. Jangan lupa bawa selalu hand sanitizer di dalam tas yang bisa dipakai buat membersihkan tangan saat tidak ada air dan sabun. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.