Berita Nasional Terpercaya

Berbelanja di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Manfaat yang Dirasakan

0

BERNAS.ID – Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, ada beberapa hal yang berubah saat seseorang menjalankan aktivitas. Perubahan ini justru bisa dirasakan manfaat baiknya, seperti lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Saat berbelanja kebutuhan harian, ada yang memilih belanja secara online ataupun belanja langsung di pasar. 

Belanja bukan hanya dilakukan perempuan tetapi juga laki-laki. Saat berbelanja, bukan hanya uang saja yang harus dipersiapkan pada masa pandemi Covid-19. Sekarang ini dituntut lebih peduli pada kesehatan diri sendiri maupun orang lain, terutama demi mencegah penyebaran virus corona. Dihimpun Bernas.Id, Minggu (16/8/2020) dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan saat harus berbelanja dan manfaatnya untuk kesehatan: 

Siapkan uang digital

Sebelum berbelanja, usahakan menggunakan dompet digital di masa adaptasi kebiasaan baru dan seterusnya. Kecanggihan serta kemajuan teknologi apalagi internet saat ini memang tidak bisa diragukan lagi. Dompet digital dapat meminimalisir memegang uang fisik sehingga mengurangi risiko penularan virus melalui uang cash. 

Kantong belanja 

Selain uang yang harus dibawa saat berbelanja, bawalah kantong belanja. Sejumlah swalayan, minimarket, ataupun di pasar tradisional tidak lagi menyediakan kantong plastik untuk para pembelinya. Kantong plastik menjadi salah satu penyumbang sampah di lingkungan dan sulit terurai. Saat masa adaptasi kebiasaan baru ini menjadi awal yang baik untuk memulai berbelanja dengan membawa kantong atau tas belanja sendiri. Langkah kecil dan sederhana ini sebagai bentuk kontribusimu mengurangi sampah plastik dan menyelamatkan lingkungan. 

Pakai masker dan bawa hand sanitizer 

Adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu pengalaman yang berharga karena semakin peduli dengan kesehatan diri. Saat bepergiaan sekarang ini harus memakai masker bahkan face shield agar terhindar dari penularan virus corona. Pemakaian masker di tempat umum seperti swalayan, pasar, dapat melindungi diri dari penularan penyakit lainnya. Usai menyentuh beragam benda-benda, kita dianjurkan untuk segera mencuci tangan atau membersihkannya dengan hand sanitizer.  (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.